Jadi Pintar itu Mudah!

Masyarakat kita, terutama para pelajar, sering mengeluh bahwa jadi orang pintar itu sulit. Mereka bilang, kalau jadi orang pintar itu harus rajin, sering belajar, dan di kelas masuk peringkat 10 besar dari atas. Yang dapat peringkat 1 pasti dapat penobatan sebagai orang terpintar di kelas. Yah… kalau begitu kelihatannya jadi orang pintar itu benar-benar sulit ya? :? Harus rajin belajar, menyimak guru yang berpidato menjelaskan di depan kelas, tidak bisa main game atau dugem setiap hari, harus punya jadwal belajar, dan lain sebagainya. Semua itu harus dilakukan supaya jadi orang pintar dan masuk 10 besar.

Tapi sebenarnya, jadi orang pintar itu tidak sulit. Jadi orang pintar itu mudah, tidak perlu belajar susah-susah supaya bisa jadi orang yang pintar di sekolah. Anda tidak perlu jadi orang yang dianggap nerd oleh teman-teman Anda untuk jadi orang pintar. Anda bisa setiap hari menonton anime, bermain video game, atau dugem hingga pusing. Sebenarnya mudah sekali mengambil jalan menuju kepintaran. Bagaimana caranya?

. . .

. . .

. . .

1. Anda Bisa Pintar Dengan Menyontek

Betul, mudah saja. Masih perlu dijelaskan? :lol: Bisa dibilang ini cara paling mendunia dan paling standar yang sering digunakan oleh masyarakat untuk meraih jalan menuju kepintaran. Dengan menyontek Anda bisa jadi orang paling pintar di kelas dengan nilai sempurna, Anda bisa menjadi peringkat 1 dan diakui sebagai orang terpintar di kelas Anda–setidaknya Anda akan diakui oleh guru, orang tua Anda, atau orang-orang yang belum mengenal Anda. Tapi Anda perlu hati-hati dalam menggunakan teknik ini, jangan terlalu sering menjadi yang terpintar. Sekali-sekali Anda perlu membiarkan orang lain menjadi lebih pintar dari Anda, siapa tahu ada yang mencoba mengikuti jejak Anda dengan teknik ini. :mrgreen:

2. Anda Bisa Pintar Dengan Persahabatan

Lho, bagaimana bisa bersahabat dengan orang-orang hasilnya berbuah kepintaran? Apakah harus dengan membuat kelompok belajar, kemudian belajar bersama-sama? Aah, tak usah…!!! Terlalu repot! Itu sih omong-kosong. :lol: Sudah saya bilang bahwa Anda tidak perlu belajar susah-susah supaya bisa jadi orang pintar. Persahabatan disini, mudah saja. Tidak perlu sampai jadi Hitler yang mempunyai kelebihan dengan sorot matanya yang tajam, tentunya, tapi Anda hanya perlu santai sedikit dan memiliki beberapa social skill supaya bisa mudah berteman dengan orang banyak.

Kalau sudah? Dekati guru mata pelajaran yang Anda inginkan. Berteman baiklah dengan guru tersebut, kalau perlu buat diri Anda tampak seperti anak murid yang baik, patuh, tapi di saat yang bersamaan juga bisa bergaul dengan mudah dengan guru tersebut. Efektifkah cara ini? Asal tahu saja, menurut beberapa sumber, guru itu bisa saja mempertimbangkan nilai seorang murid dari sikapnya. Jadi misalnya nilai Anda jelek, tapi sikap Anda bagus, yah… dinaikkan sedikit tak apalah. :mrgreen: Jadi, bagaimana cara efektif supaya Anda bisa pintar di semua pelajaran? Dekati semua guru! Kalau tingkat persahabatan Anda begitu tinggi, terkadang ada guru yang akan menyempurnakan nilai Anda tanpa ragu.

3. Anda Bisa Pintar Dengan Kekuasaan

Kalau ini sih, tergantung takdir ya. :? Tidak semua orang bisa menggunakan cara ini, tapi bagi Anda yang bisa, manfaatkanlah! Mungkin Anda adalah salah satu dari beberapa orang terpilih yang menjadi pintar dengan cara ini. Bagaimana caranya?

Anda perlu pendekatan sosial seperti cara kedua, tapi tidak perlu seintensif itu dan lagi bukan Anda yang melakukan ini. Alhasil cara ini lebih efektif bagi Anda yang menginginkan cara efektif untuk menjadi pintar. Anda cukup minta tolong kepada orang tua Anda untuk bicara ke para guru agar nilai Anda dinaikkan. Tapi harap ingat! Harus diingat baik-baik cara ini tidak akan berguna jika orang tua Anda bukan orang penting. Orang tua Anda harus jendral besar, presiden direktur, presiden negara, atau justru sesama guru–semakin tinggi pangkatnya semakin baik… misalnya “guru” di universitas atau guru besar. Semakin besar pengaruh orang tua Anda, maka semakin besar kemungkinan Anda mencapai nilai sempurna. :)

Meskipun cara ini cukup efektif, apalagi jika Anda kurang suka menyogok orang membantu kondisi perekonomian guru, cara ini tidak akan berhasil kalau orang tua Anda bukan orang penting.

4. Anda Bisa Pintar Dengan Kekuatan

Kata siapa adu otot itu cara barbar? FPI saja masih suka gontok-gontokkan kok. Lalu kata siapa pula kepintaran tidak ada hubungannya dengan otot? Buktinya apa? :lol: Jadi bukannya tidak boleh Anda coba gunakan kekuatan Anda untuk membuat Anda jadi orang pintar di kelas, tentunya semakin sedikit pihak yang mengetahui cara Anda ini semakin baik. Di beberapa tempat Anda boleh menerapkan metode kekerasan langsung; langsung hajar saja guru Anda yang memberikan nilai buruk. Hajar terus hingga ia mau memberikan Anda nilai yang baik, sehingga Anda bisa menjadi orang pintar di kelas. Tapi tidak semua tempat memperbolehkan Anda berbuat seperti itu, Anda bisa ditangkap polisi karenanya. Dan lagi, perbuatan ini lebih beresiko, bisa saja Anda justru dihajar oleh guru Anda jika ternyata Anda lebih lemah.

Kalau begitu apakah cara ini tidak bisa dimasukkan? Bisa saja, jika Anda cukup punya uang, Anda bisa menyewa para preman penolong dengan bayaran untuk memaksa guru Anda membuat Anda jadi pintar. Atau kalau orang tua Anda cukup berpengaruh, bisa meminta tolong orang bayaran untuk mengancam guru Anda agar menaikkan nilai Anda jika dia tidak mau mati. Sedikit ancaman dan Anda bisa jadi pintar; agen-agen rahasia tentu lebih efektif daripada Anda yang mungkin kurang ‘sangar‘.

5. Anda Bisa Pintar Dengan Sok Beriman dan Alim

Kalau Anda seorang pacifist, coba cara yang ini. Anda bisa tampil dengan gaya Islami, sering berada di masjid, atau hal-hal yang berbau keagamaan lainnya. Yang penting ada orang lain yang melihat Anda, terutama guru Anda. Seperti yang sudah dikatakan di poin kedua, guru akan mempertimbangkan murid dari sikapnya, jadi cobalah untuk bersikap seperti anak-baik-tak-berdosa-yang-selalu-ke-masjid. Kalau perlu Anda juga boleh menjadi seorang yang sangat patuh terhadap hadis. Bagaimana jika Anda suka melihat pornografi? Tak apa, cara ini masih tetap bisa dicoba; tampil alim di depan guru, ketika tak ada guru, silakan tonton Miyabi sepuasnya. :mrgreen: Membicarakan barang yang aneh-aneh juga tetap bisa, yang penting jangan di depan guru.

Tapi jangan lupa untuk menguasai sedikit ilmu agama Anda, atau cobalah kuasai cara-cara menghindar dari ajakan orang lain. Karena akan jadi masalah jika Anda ditarik guru agama Anda untuk mengikuti lomba baca Al-Qur’an, misalnya. :mrgreen:

6. Anda Bisa Pintar Dengan Uang

Bisakah? Bisa, tentu saja… justru cara inilah yang sebenarya paling efektif dibanding cara lainnya! Zaman sekarang ini uanglah yang paling berkuasa. Segala hal perlu uang, dari makanan hingga pendidikan. Bahkan mau memenuhi panggilan alam pun tidak gratis. Kalau mau dirunut, sebenarnya pendidikan akademis formal kebanyakan remaja sekarang ini segalanya berkaitan dengan uang.

Pertama, harus daftar biaya sekolahnya itu sendiri. Kemudian untuk mengikuti tes masuknya juga harus bayar. Jika tidak lulus tes masuk, tapi tetap mau masuk disitu, harus bayar juga kan? Tentunya bayar ke siapa, itu rahasia masing-masing. :mrgreen: Kedua, setelah masuk sekolahnya, harus beli buku pelajaran. Uang lagi yang bermain. Ketiga, setelah memasuki kelas pertama kali, ada istilah yang namanya “bayar uang sekolah”. Kalau muridnya ikut ekstrakurikuler yang ditawarkan di sekolahnya, harus bayar uang ekstrakurikuler juga. Kalau-kalau diadakan pensi, harus bayar lagi, padahal kebanyakan tidak bisa memilih mau ikut berpartisipasi atau tidak. Keempat, setelah lulus, harus berinteraksi dengan uang lagi. Mau bayar buku tahunan harus dengan uang, begitu juga kalau mau diwisuda.

Jadi, bukannya tidak mungkin kalau Anda juga bisa menjadi pintar dengan uang. Caranya? Mirip dengan cara kedua, jika Anda malas pendekatan sosial, lakukan saja pendekatan materi. Apakah cara ini terlalu murahan? Biar saja, yang penting kan Anda bisa jadi pintar. Mau murahan atau mahalan urusan nanti, yang penting pintar dulu. Lagipula, siapa bilang mengeluarkan uang itu murah? :lol: Kalau gurunya tidak mau, ya Anda coba saja berurusan dengan Kau-Tahu-Siapa. Beliau kan juga merupakan orang yang bisa membuat Anda masuk ke sekolah dengan cara yang–ups, seharusnya saya tak perlu bilang ya. :P

7. Anda Bisa Pintar Dengan Tubuh

Anda selalu ketahuan ketika menyontek? Bapak Anda bukan presiden, bukan juga direktur? Anda orang yang lemah dan tidak punya cukup uang? Tidak ada cara lain yang sesuai bagi Anda? Apa boleh buat, mungkin Anda bisa coba cara terakhir. Cara ini cukup mengandalkan fisik Anda, juga kemampuan Anda merayu. Jadi bagi orang-orang yang agak kaku mungkin cara ini agak susah, tapi sebaliknya bagi yang ahli nggombal akan jadi mudah.

Ada dua metode yang bisa ditempuh dalam menggunakan cara ini. Jalan pertama, Anda cukup menggunakan kemampuan bicara Anda seperti cara kedua, tapi untuk wanita bisa disertai dengan gaya tubuh yang aduhai. Tentunya jangan ngebor Inul, saya rasa itu tidak akan efektif kecuali mau pentas di panggung. Jika Anda cukup ahli, bisa saja guru Anda akan terpikat dan mau menaikkan nilai Anda.

Jalan kedua, jika Anda benar-benar mau melakukan jalan ini, berarti Anda benar-benar haus akan kepintaran, haus akan kepuasan rasanya menjadi orang pintar. Jalan apa? Kaitkan dengan judul. Sudah? Nah, saya tak akan bicara lebih jauh, karena ini cenderung kurang baik untuk dibicarakan. Jadi silakan pahami sendiri maksudnya, karena di beberapa tempat, sebenarnya metode ini sempat digunakan.

Mungkin cara ini memang terlalu murahan, tapi demi nilai, apapun bisa jadi halal. Yang penting tujuan Anda tercapai kan? Jadi orang pintar?

. . .

. . .

. . .

Sekian pembahasan kali ini. Dari beberapa cara diatas, silakan pilih mana yang terbaik bagi Anda. Cara-cara diatas hanya menjelaskan cara-cara dasar untuk memandu jalan menuju kepintaran dan peringkat 10 besar. Sedangkan untuk hasilnya sendiri akan kembali ke diri masing-masing, bagaimana cara menjalankan dan menerapkannya. :mrgreen:
Dan bagi yang kurang sesuai dengan cara-cara diatas, silakan coba cara yang lain; masih banyak jalan menuju kepintaran.

Semoga entri kali ini bisa bermanfaat bagi pembacanya.

.

PS: Meskipun cara ini mungkin bisa membuat Anda menjadi pintar di sekolah, tapi tak ada jaminan cara ini akan membuat Anda jadi pintar di kemudian hari. :)

273 pemikiran pada “Jadi Pintar itu Mudah!

  1. “Kalau begitu apakah cara ini tidak bisa dimasukkan? Bisa saja, jika Anda cukup punya uang, Anda bisa menyewa para preman penolong dengan bayaran untuk memaksa guru Anda membuat Anda jadi pintar. Atau kalau orang tua Anda cukup berpengaruh, bisa meminta tolong orang bayaran untuk mengancam guru Anda agar menaikkan nilai Anda jika dia tidak mau mati. Sedikit ancaman dan Anda bisa jadi pintar; agen-agen rahasia tentu lebih efektif daripada Anda yang mungkin kurang ‘sangar‘.”

    Blegug siah!! Gameboy lu! Ga jelas!

  2. Mihael D.B. Ellinsworth:
    Maunya satir, tapi ngga tahu kelihatan seperti satir atau ngga. :P

    Neo Forty-Nine:
    Iya, ‘jual diri’, kasarnya…
    Tapi tidak seefektif cara lain sih, saya rasa. Dan kurang umum, meski tetap ada cara begitu.

  3. :lol: *senyam senyum baca artikelnya*

    kalau di sekolah saya (tepatnya di kelas), murid2nya paling sering pake cara yang ke2 :mrgreen: menunjukkan kekompakan kelas gituu *hoek..hoek..*

    Tapi nggak selalu Lhaaaaaaaa~~~ :P

  4. Joerig:
    Saya juga tak mau jadi “pintar”. :mrgreen:

    dnial:
    Hehe, maklum. Masih coba-coba.

    RaveIt:
    Konteks persahabatan yang dimaksud bukan itu, lho. :P

    g’kor:
    Setuju. :)
    Tapi kalau di jenjang pendidikan yang dikejar sih ‘kepintaran’.
    Salam kenal, pak.

    Iwan Darmawansyah:
    Bukannya brang pintar minum Tolak Angin, pak? :mrgreen:
    Hehe. Salam kenal, pak.

    arVee:
    Mungkin agak kasar, tapi cara yang ini ada lho. Meskipun di Indonesia saya rasa memang kurang umum. Dan semoga tidak akan jadi umum. Salam kenal, mbak.

    dre:
    Ada di poin terakhir. :)

    Sawali Tuhusyah:
    Hmm… menulis tips menjadi pintar? :P
    Salam kenal juga, pak.

    Setya: :?

    Rizma:
    Hehe, kalau ada saya juga mau. :P
    Yang paling umum ya cara 1, 2, dan 3 aja.
    10 besar masih jadi tren, kok. Soalnya katanya berguna buat seleksi mahasiswa nanti. Makanya pada berlomba-lomba menjadi pintar. :D

    mataharipagi:
    Nah, itu dia poinnya. :mrgreen:

  5. Ah… tulisan yang (lagi-lagi) cukup menarik…

    Apa cara keempat tidak terlalu sadis ya? :) Kok jadi kayak di film-film…

    Tambahin cara baru! “Pintar dengan tekno” hack komputer sekolah dan ganti nilai anda! Tapi ini buat sekolah yg sistemnya sudah maju.. kalau sistem tulisan tangan sih… -_-

  6. Ash:
    Yang penting jadi pintar. :P
    Hehe, bisa juga tuh. :mrgreen: Di Indonesia sekolah mana saja ya yang bisa diterapkan?

    Lemon S. Sile:
    “Pintar” disini maksudnya yang kebanyakan dikejar oleh orang.
    N-i-l-a-i. :mrgreen:

  7. Ping-balik: Menuntut Sekolah « Angel’s Tea House

  8. wew… pertamanya saya paling bingung sama yang nomer 2, tapi sekarang udah ngerti [setelah melihat dengan mata kepala sendiri] :P

    gen, research sendiri? :lol: ato gen pernah mencoba salah satu cara itu? [sulit dipercaya kalo gen gak pernah melakukan cara nomor 1]

  9. cara ke 7 cocok tuh sama guru disekolahku dulu yang emang males dibelai istrinya…

    gen selama 3 tahun tidak pernah memakai cara apapun ato memang g bisa pake cara apapun

  10. dasar tips tips yang anda buat sama sekali tidak menolong orang malahan sebaliknya!!!!!111
    tidak bbberrrrrrggggguuuuuuuuuuuuuunnnnnnnnnnnaaaaaaaaaaaaaa

  11. Uchiha Miyu:
    Pintar sesaat kurang berguna. :P

    marsel lasol:
    Maaf, mas. Soalnya, seperti yang tertulis di tag, memang tujuannya satir aja.
    Kalau soal jadi pintar yang beneran, saya paling hanya bisa beri tips supaya belajar aja, soalnya itu cara saya yang paling efektif. :?
    Atau buka Wikipedia. :D

  12. menurut aku orang yang rangking 1 belum tentu pintar.
    jika dia mencontek untuk jadi rangking 1 maka dia lihai atau cerdik. jadi bingung ni pinter sama ga ya dengan lihai atau cerdik?

  13. Ping-balik: Hati-hati Link Jebakan « Deathlock

  14. Ping-balik: Potret Generasi Muda Kita? « Deathlock

  15. @yudi:
    Bisa jadi pelakunya yang lihai, bisa jadi pengawasnya yang lalai. :mrgreen:

    @puji:
    Komen siapa nih? :?

    @iis:
    Hmm… tergantung, mbak. :) Setiap orang punya cara belajarnya sendiri-sendiri, ada yang tipe audio, ada yang visual, ada yang kinestetik, de es be. Kalau sudah mengetahui “tipe”nya, coba dipraktekkan aja. :mrgreen:

  16. Ping-balik: Sekolah? Buat Apa? « Deathlock

  17. @komentator atas saya:
    Maaf, tapi komentarnya terpaksa saya sensor. :) Boleh saja flaming disini (meskipun tidak dianjurkan), asalkan flame-nya ke saya, bukan ke pengunjung yang lain. Mereka hanya bertamu saja, kok, jadi kesalahan semuanya berada di tuan rumah. Oke? ;)

  18. Ping-balik: Evaluasi dan Resolusi untuk… Revolusi? « Deathlock

  19. Ini tulisan sesat!! mohon untuk dihapus dan tidak dipublikasikan karena anda scr tdk langsung sdh meracuni pemikiran bangsa kita…
    Mohon perhatiannya dan mohon diperhatikan untuk postingan-pöstingan selanjutnya.
    Thanks in advance

  20. Think smart! karena moral bangsa kita sudah terpuruk dan ditambah lagi tulisan sesat dari anda ini..
    tak masalah apabila hanya anda yg berpikiran seperti ini, namun jgn racuni otak penerus bangsa dgn tulisan gak bermutu spt ini..

  21. @farid:
    Jadi ‘pintar’ memang mudah… jadi pintar, belum tentu. :P

    @reccarebellion:
    Begitulah.

    @Babianto:
    Maksud saya ini ditujukan untuk satir, mas. Jadi refleksi atas apa yang terjadi di sekitar saya, soalnya banyak praktisinya.

  22. yup, benar sekali… jadi pintar itu mudah!!
    sayangnya, pintar tidak sama dengan cerdas. sudah banyak tuh kejadian orang-orang dengan IP selangit yang jatuh berguguran ketika memasuki dunia nyata. kebanyakan teori sih, tidak pernah praktek.

    *semoga saja saya tidak termasuk yang demikian. cerdas tapi tidak pintar masih mending lah. kalo bisa cerdas dan pintar.*

  23. wah, bagus…pinter…cara yang menyesatkan. tapi gpp.tar Q coba..tapi yang persahabtan x y..eh, ada cara laen lg g? yg rada bener gtu…mkch…

  24. oo…emang praktisnya seperti itu, hampir 65 persen dunia pendidikan merah putih memakai tips-tips di atas. Saya pikir artikel ini dapat menjadi materi tambahan pemerintahan ‘bersama kita bisa’ untuk menciptakan dunia pendidikan yang bermartabat dan berbudaya luhur.

  25. klo cra seperti itu bukan dinamakan pintar , ,
    tapi tidak jauh dari cara cerdas untuk menutupi kebodohan.

    kadang2 Q jga sering nglakuin hal seperti itu , ,
    Q jga liat situasi dlu sebelum beraksi , ,
    Coalnya jangan remehkan Gru jaman skarang , ,

    lo mau nilai bagus pacarin aja salah satu guru
    ky Gw , ,alhasil Xm bisa privat gratis

    kan terkesan lebih gokil , , ,heheheheh
    just rock’n roll

  26. cara yang anda sarankan semuanya salah… gak….ada yang beres..
    itu cara dosa… selagi kita masih hidup di dunia,,, kerja keras itu sangat diperlukan…
    bukan dengan caRA INSTAN…ITU MALAS.. YOU KNOW ??
    LEBIH BANGGA NILAI 20 DARI PADA 100 TAPI NYONTEK DAN TIDAK…TAHU ASAL MUASAL JAWABAN YNANG ANDA PEROLEH…TIDAK PUNYA MOTIVASI…

  27. Kayaknya yang punya rumah lagi sibuk. Saya numpang komen, deh.

    @ RISSA
    Sebenarnya tulisan ini bersifat sindiran kepada masyarakat sekitar. Makanya dikasih label satir.

    Jadi maksud penulis disini bukannya menyarankan hal-hal tersebut, melainkan menunjukkan bahwa cara-cara seperti yang disebutkan di tulisan ini pernah dilakukan oleh beberapa siswa dan mahasiswa di Indonesia. :)

  28. Ping-balik: Teknik-teknik Jitu Menyontek « Deathlock

  29. puisi panjang untuk pelangi
    suatu waktu di subuh yang perawan
    kufikirkan dirimu, dan cintaku.
    kufikirkan sahabatku.
    betapa makna……..
    tusuk saja punggungku, biar sepi mengaduh.
    tusuk saja dadaku biar ramai bergemuruh.
    dan aku tak perlu lagi diam seribu bahasamu.
    atau gulungan senyum yang terus ganggu tidurku.

    patahkan saja rantingnya, agar terbagi dua.
    aku tak ingin lagi dunia.
    datangi diriku…sapa, caci dan tamparlah.
    ajari aku tentang cinta yang kau maksud.

    banting saja kristalnya, biar seperti permata.
    aku tak perlu lagi dunia.
    ajak sahabatku…sapa, hajar dan ikat diriku.
    ajari aku tentang setia.

    penggal saja kepalaku, agar kau percaya kalau aku manusia.
    aku tak lagi butuh dunia.
    ajak semuanya…ramai-ramai meneliti,
    tentang apa arti cinta, tentang diam yang kau punya.

    potong saja tanganku, agar tak lagi memberimu.
    aku tak mau lagi dunia.
    buktikan semua, tentang kasih, tentang damai tentang cinta.

    ayo….tantang aku dengan berani..!
    liat cinta-cinta itu, terus tumbuh keluar dari kepalaku.
    tak bisa diam, tak bisa tenang.

    ayo kemarilah bersama semua.
    bunuh dirku…cabik-cabik badanku, potong semuanya.
    tak mengapa, mungkin kelak kau temukan cinta di antara arteriku.
    yang mengalir bersama darah yang menuliskan namamu……………

  30. pintar dengan cara itu?
    cuma pintar sesaat ajj..

    apa lagi dengan nyontek..
    cuma bikin orang ketergantungan, pasrah, dan ga mau usaha.

    mungkin cara biar pintar itu sebaiknya,,
    niat,,
    belajar (ga cuma dari buku, tapi dari hal-hal yang terjadi),,
    berdo’a..
    that’s all..

  31. wOy ,,
    jde tiipS pinTer qYa gtoO cUma seSaaT ajj ..
    aPaLagii deNgan nYontek ‘ gaX bNgeDt tuU
    gUw qYanDt Law dAH deWasa ciiTa2 gUw jde gUru .
    Loo sALAh ngAsiih tipS qYa gToo ………

    yanG bNerr tipS NyA Tu :
    1. beraDa dii jaLan aLLah
    2. beR do’a n’ taWakaL
    3. jaN Lpa Law mALem beLjar aPaLaGi Law Gy uLangAN .

    Oqe aAx tiipS dRe gUw ..
    he .. he .. he .. ^_^

  32. Wuahahaa
    Udah lama ngga blogwalking ke sini. Makin oke aja ini tulisannya sang jendral..:D

    Woow..
    Caranya-orz-
    Nyi..nyindirnya kena boss~!
    Hebat.

    Tapi, pinter dengan menjual diri emang bisa?
    Haha, ini ngga terpikirkan selama ini..:D

    Well, pinter itu ndak penting.
    Lagian, pinter sih IMO ya, cuma titel thok.
    Buktinya, banyak orang yang dicap pinter ngga selalu dapat peringkat, bahkan mbah dukun beranak yang bahkan mungkin ngga bisa ngurutin alfabet dibilang ‘orang pintar’ juga tho?XD

    Haha.
    OK, keep writin dah Boss.

  33. menurut saya orang pintar itu adalah orang punya kemauan keras untuk rasa ingin tahu dan dia bisa memandang kehidupan kedepan dan ia juga paling pintar dalam mengatasi apa pun masalah dalam hidupnya…juga tidak lupa dengan yang menciptakannya karena kalau kita lupa semua kepintaran kita akan sia – sia ….,maka selalu ingat lah kepada allah jauhi larangannya dan jalankan perintahnya niscaya kamu menjadi orang yang pintar……

  34. pintar,gimana ya………???????????????????? menurut aku pintar itu perlu berusaha and dont forget berdoa end satu lagi kamu haus percaya bahwa kamu pasti bisa “YOU CAN DO IT” SELAMAT MENCOBA…………………………………….

  35. aaaaaa masa aku harus belajar dngn cara nyontek sih
    nyontek itu kan bikin kita rugi bisa dimarahin guru,dikurangin
    iman oleh ALLAH,kl ala yg aku nyontek itu pintar kalo engga
    sama aja kan lebih baik aku belajar aja daripada nyontek
    ia kan tmn_tmn……..
    bnr kan tmn-tmn………….:p

  36. Ping-balik: How To #1 : Be an Infotainment Journalist « RANDOMrants

  37. aduh cara-caranya malah banyak yang menjerumuskan bukan tambah pintar malah tambah bodoh buat yang bacanya jadi kalau cara yang jeleknya yang dilakuin berarti gak punya pendirian…

    yang laen ada gak tapinya YANG BAGUS bukan malah menjerumuskan dan merugikan yang lain.. maaf kata-katanya agak tak sopan

  38. wakakakakakakakakakak… baru no.1 aja udah ngakak gw bacanya! bagus2.. ini emg cara2 yg dibutuhkan buat manusia2 dengan standard otak yg sangat minim tapi mau usaha.. kaya gw ini! hehe..

  39. bagus sich, saya suka bangt dg cra no.2 dan 7, tapi alangkah lebih baik, kita mengerjakan sesuatu yang positif, yang berguna khususnya bagi diri kita sendiri, apalagi cara no.1, gw ga suka, bagaimana jadinya nasib bangsa kita, kalau para pelajar’y sudah melakukan hal2 yang negatif. Belajarlah smgil berdo’a, itulah cara yang lebih baik. Asep YD34

  40. orang yg rengking satu tp karna nyontek itu percuma!!!!!!!!!!g bermanfaat!!!!!!!!!itu g bagus kl dah kebiasaan nyontek tar pas ujian g bisa!!!!!!!!

  41. makasi yawww kax atass sarannya spaya pintr echh kak kakak orang pinter yawwwwwww………………….???????????????????????????????????????????????????????????????????

  42. gue bener – bener serius pengen jadi anak yang pintar , demi UN dan universitas itu tahun depan …

    gue pengen banget bisa masuk universitas itu dengan keringat dan jerih payah gue sendiri bukan karena hasil kerja orang lain , tapi kenapa banyak banget halangan dan rintangan yang gue hadapi ? ..

    yang merasa pintar , bukan berarti sok pintar lho ,, plesee bagi – bagi ilmunya ya , gue bener – bener serius pengen berubah dan pengen banget LULUS UN dan masuk Universitas itu itu ,,

    thanks all :)

  43. wah cara ini kalo diterapkan ke semua orang hasilnya bakal jelek… semua orang jadi punya mental bergantung ke orang lain… nah kalo semua orang bergantung ntar siapa yg jadi tumpuan.. manusia bakal menurun kualitasnya… maaf buat yg bikin artikel.. saya sebenarnya suka cara yg mudah kayak gini.. tetapi kemudahan yg anda terapkan bisa mengakibatkan bencana pada diri sendiri di masa depan… sesuai dengan catatan kecil dibawah..

  44. JANGAN TIRU YANG ADA DI ATAS KARENA BISA MEMBUAT KALIAN SEMUA MENJADI BODOH, TIDAK BERGUNA. KARENA KITA MENCARI JALAN YANG BAIK SAJA. KARENA, JIKA KITA LAKUKAN TERSEBUT KITA YANG MALAH BODOH BUKAN PINTAR, KARENA JALAN ITU TIDAK BAIK, MALAH KITA YANG RUGI KARENA NANTI JIKA BESAR BAU TAU RASA BAGAI MANA KITA BELAJAR DARI KECIL. PERCAYALAH DENGAN DIRI SENDIRI KARENA ITU JALAN YANG TERBAIK.

  45. saya tidak akan memakai cara di atas meskipun sering memakai cara no 1 tadi,tapi saya akan mulai berusaha tidak nyontek lagi karena salah satu jalan untuk mejadi pandai adalah hany dengan cara belajar dengan tekun.

  46. kAWAN tULISAN ANDA SANGAT BAGUS BANGET,Itu adalah sindiran untuk para tenaga penddidik
    Teman segitu parahnya yaa dunia pendidikan di Negara Kita ?
    Wahhh…………….

  47. eeehhhh… artikel apaan ini???

    gak penting banget deeee…
    yang bener dong, kalo mau masukin artikel, harus yang berbobot dong…

    ini gak sama skali…

  48. menurut saya yang bikin nie entri pintar&cerdas saluut masalah pro&kontra itu udah ada yang ngatur yang pasti di dunia ini gak ada yang bodoh rakyat indonesia itu pinter2 dan yang ada mah pelajar yang malas itu yg salah

  49. menurut saya,saya tdak setuju dengan apa yang d tulis kan d nomor 1,krna mnurut saya mnyontek itu hal yang aneh,mmang kita dapat nilai yg baguss dan mngkin kita jd orang terpintar d kelas yg d snangi oleh ortu dan guru2 kita,tpi itu tidak membuahkan hasil,dan kita tidak akan terbiasa untuk belajar,krna kita sudah terbiasa dalam menyontek,,
    maaf iia,,,,

  50. emang sulit jadi orang pitar,, itu karena kita sendiri yang sering bermalas-malasan dan sering menunda2 waktu. jadi kalo mau jadi orang yang pintar kita harus rajin belajar dan jangan suka menunda2 waktu lagi. ok my friend

  51. sya agak keberatan dgan nomor 1 karna cara pintar dengan cara menyontek itu salah……..
    bukannya bikin pintar tapi malah sebaliknya

  52. ini mengajarkan kejelekan, seharusnya yang betul dengan cara belajar bukan dengan cara itu semua, bagi yang menirukannya, terutama no. 5. ANDA MENJADI ORANG MUNAFIK ! ujung – ujungnya anda bakal di JAUHI oleh teman – teman anda bila hal tsb. telah diketahui

  53. thanks yah bang atas tips2 nya . .

    tips nya menginspirasi saya .
    hehehehehe

    lainkali buat yang lebih seru dan menarik lagi yah bang . .
    wkwokwokwokw

    saya akan coba yg nmr 1 dan 6 . .
    wkwkwkwkkw

  54. GAX BENER BANGET SIH CARANYA BIAR PINTER
    TAR KLPK ADA YG MAU IKUT IKUTTAN GIMANA?
    SAMA SAJA ANDA MEMBERIKAN CONTOH PADA BANGSA INDONESIA TIDAK BAIK
    TAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
    BUAT YANG BENER DONGZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  55. GAX BENER BANGET SIH CARANYA BIAR PINTER
    TAR KLPK ADA YG MAU IKUT IKUTTAN GIMANA?
    SAMA SAJA ANDA MEMBERIKAN CONTOH PADA BANGSA INDONESIA TIDAK BAIK
    TAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
    BUAT YANG BENER DONGZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  56. menurut w..
    ada bnernya juga siih!

    TaPi

    munkin teori u bisa diperpadukan antara yg satu dengan yg lainnya?
    dan apakah teori yg u kasih bisa melanjutkan kehidupan yg lebih lazim?
    contohnya jd orang sukses?
    w yakin orang ky gitu pasti karna tadir yg tuhan berikan

    iiah, semoga ajj……
    gg banyak orang yg mengikuti ajran u

  57. itu jangan ditiru…
    bknnya pintar mlah jd bodoh….
    coba klo ada pr MTK trus nyontk k temen,, it sgt mdah…. tp, kita nggk bkalan ngerti apa mksud dr isinya itu……

  58. kl mw pntar y hrus belajar…
    kl gak mau blajar y gmn mw pintar…
    ibarat pisau kl gak mw d ash y gak bkaln tajam…
    begitu pun dengan otak manusia…

  59. kalo gak hati-hati memahami isi tulisan ini, bisa-bisa menyesatkan. waktu sekolah aja udah gak benar caranya pa lagi jadi pejabat…. aku hanya setuju PS nya aja
    PS: Meskipun cara ini mungkin bisa membuat Anda menjadi pintar di sekolah, tapi tak ada jaminan cara ini akan membuat Anda jadi pintar di kemudian hari. :)

    menurutku jika pengen pintar ya belajar ….

  60. wesssssssssssssssssssssss……
    w pnya
    cara yang
    paling ampoeh…

    1. pacaran nya dikurangin
    2. klo pcaran hrus jdi penyemangat
    3.nurut nasehat bonyok

  61. ih! amit masa gt jd pinter masa dengan cr nyontek malah tambah
    bodoh harusnya dengan cara belajar bareng gt br pinter aaaaahhhhhh!
    :p

  62. emangnya kalau jadi pintar harus pakai cara itu semua itu tidak benar pakai cara apaan itu kayak gitu kalau kita ujian apa harus pakai kalau ketahuan kan kita juga yang kena!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  63. aqu krng stuju masa kita mw pintar hrs menyontek
    lebih baik aqu memilih 2 dari pda 1…
    1 itu gg blh di tiru tau..
    lebih baik meniru no 2 krna antara no 1 dan no 2 yg lebih baik adalah no 2 menurut aqu :) ya kan ;)

  64. Ping-balik: Nyampah? « Deathlock

  65. hhehehhehe … bnyak bngt yg coments nya beribu ribu orang berkomentar ooooo
    \

    mnurut gw ya , gw mah kalau ada pelajaran yg gampang ya kerja kan sndri , misal ny susah ya tanyakan ma guru nya ….
    gampang kan !!

  66. yg NO 1 bukan lagi KURANG SETUJU malah T…I…D…A…K SETUJU !!!!
    mau PINTAR tuh JANGAN PAKE JALAN PINTAS yg SALAH…tapi dengan suatu USAHA yaitu bersungguh-sungguh dengan RAJIN BELAJAR…
    Dengan KEGIGIHAN dan tak lupa RIDHA ALLAH….INSYA ALLAH… KITA akan PINTAR….!!!

  67. HEH INI TIPS ATAU PELECEHAN…
    JANGAN BKIN TIPS YG NG BENER…
    NGERUSAK MASA DEPAN BANGSA TAU….
    I DISAGREE….
    YOU DONT LIKE THIS….
    PELECEHAN NIE NMANYA…
    KMUU TAU AKU BSA LAPORKAN KMUU…
    SEBAGAI PENYALAH GUNAAN….

  68. ,wah gk bneerd tuCh!… mzaa pkee nGrayUUUU zgala…..
    thuw sich bkand pntard tpiiii mnjdikand org k jln eank szat…..

  69. klo kaya gini caranya sya tak stuju ini car yang tidak baik. nnti giliran d surh ikut lomba 0 lagi hasilnya malumaluin kan. dan smpi dwsa juga kita akan seprti thu trus.

  70. akkkkkkkkkkkkkkkuuuu inggggggggggggginnnn jadiiii ranggkinggg umum!!!!!!!!!!!!!!!!! tapppiii qqqqqqqq orangggg yanggg pemaluuu!!! jadiiii gimana dunk’ssss caranyaaaaaaaaaaa????????????????????????????

  71. akuuuuu palinggg gaxxx sukaaa camma carra kyakk’s kitouwwww,,, tawwww!!!!!!!!!!! emanggg gaxxx ada caraaa yanggg laennn apaaa??????????,,, yg lebihhh susahhh gitoo!!!!!! :)

  72. hahhhhh akuu taww TIPS….. biar jadi pinter!!!!!!!!!!!! “ANGGAP AZA BUKU KALIANN TOW SAHABAT/YANG LAINNNNYA DEHHHHHHHHHHHHHH!!!!!!!! PASTIII KALIANNN PENGENNN BELAJARRR TERUSSSSSSS………….. :D

  73. once i type the keyword “cara menjadi orang pintar dan rajin”, google brought me to this site :D mungkin banyak yang tidak setuju dengan cara-cara diatas, tapi it really happens in real world, guys. tapi yaa, gitu… they got good score but no brain.

  74. @pyong~

    it really happens in real world, guys. tapi yaa, gitu… they got good score but no brain.

    Persis!

    Syukurlah anda menangkap maksud saya, karena memang itu yang mau saya sampaikan dari sini. :D

  75. hallooooooo ini siiii bukan tips buat pintar tapi ini cara gmna kita cepat BODOH,DI MUSUHIN BANYAK TMEN,DI GAMPAR BAPA IBU GURU…and than DO pun kluarrrrrrrrrrr ga berpendidikan. ni tips..
    cara cara yang real aza deeeeh sob

  76. cara sepertii itu mah gk bgus,,,
    bukan tambah pintar,,
    tapii tambah bodoh kaleee,,, ;->
    aq gk mw ikutin lh,,,
    aq cuma ingiin mnjadii org piintar yg sungguhan,,, :P

  77. malas

    ngak care to you

    tapi thank’s buat text nya
    gw hargai u sudah capek nulis…
    makanya jangan sok penulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s