Teori Darwin dan Nabi Adam

PERHATIAN:

EDIT (23/03/2011): Karena banyak yang asal-lempar komentar tanpa membaca komentar sebelum-sebelumnya (ya, saya memaklumi betapa malasnya orang kita :) ), ini ada jawaban bagi yang terus-terusan bertanya,

Tanya: Kalau manusia berevolusi dari kera, kenapa kera zaman sekarang tidak berubah?

Jawab: Pertama, manusia tidak berevolusi dari kera. Yang benar, teori evolusi bilang, manusia dan kera punya nenek moyang yang sama; katakanlah, kera purba. Ibaratnya, anda dan adik kandung anda masih punya kakek yang sama.

Kedua, evolusi itu kebutuhan, bukan keharusan. Jadi alasan kenapa kera zaman sekarang tidak berevolusi lagi, ya karena belum butuh. Ribuan tahun kemudian, siapa yang tahu.

Referensi lebih lanjut baca di: http://sora9n.wordpress.com/2008/06/13/beberapa-faq-tentang-evolusi/

Untuk hari ini, mungkin singkat saja. Tentang masalah teori Darwin mengenai evolusi yang terkenal, beserta pernyataan tentang Nabi Adam sebagai manusia pertama di bumi ini. Sejak teori Darwin diluncurkan, rasa-rasanya banyak kaum ulama, atau yang berpengetahuan tinggi tentang Islam yang menolak mentah-mentah teori itu, dan bahkan mungkin sempat memberikan hal itu sebagai salah satu khutbah Jum’at.

Berhubung saya bukan ahli agama, tapi hanya seorang murid SMA yang sudah mau tamat biasa dengan pengetahuan agama yang minimalis pas-pasan, maka saya tidak bisa menyertakan ayat-ayat atau hadis-hadis untuk ini. Tapi, sedikit banyak, yah… saya cukup tahulah permasalahannya, meski terbatas. Maksudnya, cukup tahu alasan pro-kontranya teori Darwin ini. Maka, untuk mudahnya, kali ini saya suguhkan dialog singkat mengenai masalah penentangan teori evolusi ini saja dulu.

. . .

 

Peserta Penyanggah Penolak (PPP): Jadi begini. Kenapa Anda menolak teori Darwin?

Penolak Teori Darwin (PTD): Kenapa? Sudah jelas kan, bahwa teori tersebut menyatakan bahwa manusia berevolusi dari seekor kera.

PPP: Lalu?

PTD: Lho, sudah jelas kan? Berarti teori itu dengan kata lain mengatakan bahwa Nabi Adam sebagai manusia pertama adalah kera!

PPP: Jadi, oleh karena alasan itu Anda kontra terhadap teori itu dan menolaknya mentah-mentah?

PTD: Jelas saja. Segala hal yang dikatakan oleh buku Sejarah atau yang berada di Museum Gajah itu bohong belaka. Manusia pertama ya Nabi Adam, manusia seutuhnya. Bukan kera.

PPP: Begitu… memang benar dikatakan di Islam bahwa Nabi Adam itu adalah manusia pertama di bumi, jadi kelihatannya teori itu salah.

PTD: Bukan kelihatannya lagi. Memang salah. Selain itu, pemuka teori itu juga non-muslim, jadi dia bisa disalahkan.

PPP: Jadi Anda menolak keberadaan manusia purbakala macam Homo neanderthal dan sebangsanya? Bagaimana dengan bukti sejarah, macamnya fosil mereka?

PTD: Ya, saya menolak. Soal fosil, itu cuma rekayasa saja. Kalau pun benar adanya, itu bukan manusia, itu paling kera biasa.

PPP: Nah, bagaimana jika Anda berpikir seperti itu soal teori ini?

PTD: Berpikir bagaimana? Berpikir bahwa fosil itu fosil kera?

PPP: Ya. Dikatakan oleh teori itu dan buku-buku Sejarah, bahwa ada manusia purba yang menyerupai kera. Bagaimana kalau Anda jangan langsung menjustifikasi bahwa manusia purba yang dimaksud itu Nabi Adam?

PTD: Lho, gimana caranya? Kalau disebut manusia purba ya otomatis manusia purba itu Nabi Adam dong! Maksudmu ada manusia lain dulu selain Adam?

PPP: Iya, itu maksud saya. Jadi sebelum Nabi Adam masih ada manusia lainnya. Manusia-manusia itu yang disebut manusia purba.

PTD: Kalau begitu, Anda mau bilang bahwa yang ada di Al-Qur’an itu salah dong. Adam itu kan manusia pertama. Kalau ada manusia lain sebelum dia berarti dia bukan manusia pertama lagi.

PPP: Nah… memang begitu, saya tak bermaksud bilang Al-Qur’an itu salah. Tapi bagaimana kalau kita asumsikan begini. Manusia pertama yang sempurna (berbentuk manusia seutuhnya, Homo sapien) itu memang Nabi Adam, tapi sebelum-sebelumnya ada makhluk lain yang wujudnya tidak sempurna yang kemudian disebut manusia purba itu (Homo neanderthal, dkk).

PTD: Lalu?

PPP: Lalu… manusia purba itu berkembang dan berkembang sampai tahap mereka yang terakhir, Homo erectus/Homo georgicus. Saat itu, manusia purba itu punah atau semacamnya, kemudian setelahnya barulah diturunkan Nabi Adam.

PTD: Jadi Anda mau bilang bahwa sebelum ada Nabi Adam sudah ada makhluk lain yang sekarang ini dikenal sebagai manusia purba?

PPP: Betul. Dan manusia purba itu diklasifikasikan sebagai ‘hewan’, maka manusia pertamanya itu adalah Nabi Adam yang memang benar-benar manusia. Bukan setengah-setengah.

. . .

Yah, jadi kira-kira begitulah. Manusia pertama seutuhnya itu terhitung hanya Nabi Adam, sementara manusia purba itu tidak digolongkan sebagai manusia, melainkan makhluk lain. Sedikit banyak, inti dari entri ini terinspirasi dari pemikiran teman saya di sekolah. Kira-kira… dialognya juga terinspirasi dari dialog yang dilakukan setelah UTS Sejarah, lebih dari setahun yang lalu, sewaktu saya masih kelas X yang mana pelajaran Sejarah masih membahas tentang arkeologi.

246 thoughts on “Teori Darwin dan Nabi Adam

  1. hmm, keliatannya konklusinya uda ada di akhir ya? Manusia purba diklasifikasikan sebagai hewan, dan manusia blahlahblah.

    Kalo gitu… gw mau nanya dikit.. ini ada sesuatu yang menjanggal.

    Manusia kera— dari yang paling kuno. (di indonesia?)
    megantropus –> pitecantropus –> homo
    kurang lebih megantropus tingginya sekitar 2m, terus menegcil dikit² sampe yg terakhirnya homo sapiens.

    Kalo kamu menganggap homo sapiens itu baru ‘spesies’ pertama yang paling sempurna— terus gimana kamu bisa njelasin telapak kaki gajahnya Nabi Adam yg gedenya wuihhh jauh lebih gede dari ukuran megantropus? :-? diperkirakan juga tinggi Nabi Adam itu puluhan meter kan..?

    PPP: Nah… memang begitu, saya tak bermaksud bilang Al-Qur’an itu salah. Tapi bagaimana kalau kita asumsikan begini. Manusia pertama yang sempurna (berbentuk manusia seutuhnya, Homo sapien) itu memang Nabi Adam, tapi sebelum-sebelumnya ada makhluk lain yang wujudnya tidak sempurna yang kemudian disebut manusia purba itu (Homo neanderthal, dkk).
    –> maaf, jujur aja gw masih kurang ngerti bagian di sini :P

    ehmmm, cuma penasaran aja :P

  2. Penolak Teori Darwin (PTD): Kenapa? Sudah jelas kan, bahwa teori tersebut menyatakan bahwa manusia berevolusi dari seekor kera.

    ingin meluruskan yang ini, bahwa teori evolusi darwin tidak menyebutkan manusia berasal dari kera. Hanya menyebutkan kera dan manusia berasal dari nenek moyang yang sama.

  3. Bagusnya bawa guru Sejarah sama guru Agama, terus diskusi sama-sama. DIjamin ga akan ada juntrungannya… :lol:

  4. Hmm….Kebanyakan fosil manusia kera yang ditemukan itu rekayasa dari rangka mulut kera berumur puluhan tahun dengan fosil manusia kera yang berumur ratusan tahun.

    Dan rangka mulut kera yang mereka temukan itu, kadang – kadang sering dipakai untuk kesimpulan secara keseluruhan. jadi tidak melihat bukti – bukti lain… :?

    Lalu teori Darwin yang menjelaskan tentang “Makhluk air yang bersiap ke darat” juga sebenarnya salah…

    1. Jenis Paru – paru. Bagaimana caranya paru – paru, yang dibuat untuk bernapas terhadap oksigen larut (dalam air), dibuat menjadi paru – paru ‘mutakhir’ dalam kurun waktu yang amat sebentar…?

    2. Berat bedan. Sekitar 40% tenaga digunakan oleh hewan darat untuk mengangkat berat badannya. Apabila hewan laut ingin ‘menjajal’ daratan, maka dia harus terbiasa dengan hal itu. Padahal berat badan mereka sendiri sebenarnya sudah ‘diangkat’ oleh gravitasi air.

  5. Hoho, maksudnya disini hanya untuk dikhususkan ke hubungan manusia-kera saja kok :)

    @boo: Hmm… mungkin saya kurang jelas menulisnya juga… :-?
    Maksudnya saya ini, yang saya kategorikan menolak teori darwin itu (sama yang manusia purba) disini bilang kalau manusia awalnya bukan kera. Jadi para penolak yang saya maksud disini, menolak dengan alasan teori ini bilang Nabi Adam hasil evolusi dari kera. Nah, jadi maksudnya saya mau bilang kalau kera atau 1/2 keranya itu bukan di pas bagian Nabi Adam, tapi Nabi Adam itu versi selanjutnya yang ‘sempurna’ atau ‘mendekati sempurna’. Begitu kira-kira :-?

    @Temennya bang Darwin: Mungkin juga sih, mengingat ini hasil rembukan dialog dulu :P

    @danalingga: Hmm.. terima kasih koreksinya :)

    @Lee Shan-in: Hoho, ini yang agak sulit :P

    @Death Berry de la Croix: Maksudnya saya sih cuma untuk yang hubungan manusia-kera saja :P
    Tapi yang versi itu salah juga, ya, mungkin saja. Kalau ngga salah ada bukunya secara spesifik yang membahas teori darwin itu sendiri :-?

  6. Ngg~ saya bukan ahli agama atau sejarah, tapi coba berpentapat.. ^^ banyak sih yg menolak teori ini.

    setau gw (dari Alkitab, kalo diasumsiin benar), sebelom Adam itu gak ada kehidupan kecuali tumbuh-tumbuhan dan hewan (bukan manusia)….

    kalo teori Darwin yg diasumsiin benar, berarti ada kehidupan sebelum Adam. Dan mungkin bener statement yg bilang Adam adl manusia sempurna pertama..

    gak tau ah~ dan gak peduli.. XD makanya gw gak mo jadi arkeolog~.. wkwkwkwkwkwkwkkw..

  7. @ Lee: Hus… Di sekolahku ada guru sejarah merangkap guru agama loo….

    Tapi kalau gak salah ada dimana gitu…(A.K.A. Lupa)
    Sebelum nabi adam turun… Ada makhluk “pintar”(Maksud mempunyai akal pikiran) yang dimusnahkan karena merusak bumi…..

  8. @Nathania: Maksudnya saya ‘hewan’ kurang lebih juga begitu :P

    @Count of Madness: Hmm… ini saya baru dengar (atau saya agak ketinggalan). Menarik :)
    Thx infonya :mrgreen:

    @Death Berry de la Croix: Ah ya, karyanya Harun Yahya. Yang ada versi internetnya itu kan?
    Kalau ngga salah ada satu lagi, tapi karangan orang Amerika… saya agak lupa – -a

  9. teori darwin memang masih debatable kok, dipandang dari segi agama jelas. banyak kalangan religius menolak. tapi, tentu saja kita tidak bisa mengatakan “pokoknya saya menolak” tanpa mampu memberi penjelasan secara ilmiah, ingat taklid juga dosa lho!

    tapi john F haught dalam bukunya yang berjudul ‘God After Darwin’ mengatakan kalo sebenarnya darwin juga memberi sumbangan yang berarti bagi teologi (ini juga tentunya masih perlu di kritisi ulang).

    Behe, yang merupakan seorang biokemis juga menolak teori evolusi dengan mengajukan sebuah analogi sederhana tentang “jam analog”

    *saya juga belum begitu paham, belum ambil makul evolusi soalnya. :mrgreen:

  10. Dosen agamaku pernah bilang bahwa ada salah pengertian dari kita (umat Islam) tentang “Nabi Adam adalah manusia pertama”. Sebenarnya yang dimaksud Al Qur’an itu “Nabi Adam adalah “khalifah pertama”, bukan “manusia pertama”.

  11. menanggapi komentar gin diatas,
    mungkin Tuhan menciptakan berbagai mahkluk lainnya yang mirip manusia, tetapi berbeda spesies. kita diciptakan sebagai makhluk yang sempurna dibedakan dengan makhluk ciptaan lainnya bukan melalui tahap evolusi menurut C.Darwin, dan kini teori evolusi sudah terbukti salah dengan ditemukannya pembuktian2 tentang kebenaran oleh para archeology modern. ^^

  12. Umm… If you’re willing to reject evolutionary theory, I don’t recommend using Harun Yahya’s works… He’s rather infamous, you see – His is quite a bad name ^^’

    But if you can still sound scientific, go ahead :)

    I myself, am not planning to bother myself with matters of ancient history hundreds of thousands of years ago :lol:

  13. Pertama-tama saya minta maaf kalo pernyataan saya di bawah ini terkesan sotoy dan seperti sebuah ajaran sesat… Tapi inilah hasil pemikiran saya yang nggak-nggak…

    Bagaimana kalo sebenarnya yang namanya nabi Adam itu tidak ada? Jadi manusia pertama itu ya si monyet yang berjalan tegak itu…

    Lalu bagaimana dengan cerita dari Al-Qur’an yang menceritakan tentang nabi Adam?

    Bagaimana kalau semua itu adalah sebuah perjalanan spiritual dari nabi Muhammad SAW, nabi terakhir yang dilimpahkan dengan berbagai macam mukzizat yang luar biasa…

    Salah satunya adalah Al-Qur’an, yang mengandung cerita-cerita yang merupakan sebuah perjalanan spiritual dari nabi Muhammad sendiri…

    Al-Qur’an isinya perjalanan spiritual nabi Muhammad??? Bukannya itu isinya firman Allah???

    Mungkinkah Al-Qur’an yang berisi firman Allah hanya sekedar pengertian harafiah agar umat Islam dapat menerimanya dengan mudah? Bagaimana hakikat pengertian Al-Qur’an yang sebenarnya? Apakah benar hanya sebatas firman Allah yang dibukukan atau ada pengertian yang lain?

    *Ditimpuk karena dituduh menyebarkan ajaran sesat…*

    Kalo dirasa kurang berkenan, Anda berhak untuk menghiraukan komen ini, mengeditnya untuk meghilangkan kata-kata yang dianggap tidak sesuai, atau bahkan menghapusnya…

    Terakhir, saya mohoon maaf bila ada kata-kata di atas yang sekiranya kurang berkenan… Pembicaraan tentang agama memang seru, tetapi sangatlah mudah untuk menyulut api konflik… Saya tidak ingin itu terjadi. Saya hanya ingin menyampaikan pendapat saya, bila Anda tidak setuju/sepaham dengan saya, itu sah-sah saja dan saya tidak berhak untuk membuat Anda setuju/sepaham dengan saya…

    Sekian dan terima kasih atas perhatiannya…

    *Ditimpuk lagi gara-gara ngasi komen kepanjangan…*

  14. Bagaimana pun saya belum mutlak setuju teori evolusi itu salah, walau mungkin dikatakan salah. :?

    Kopral Geddoe:
    Sejarah kan (cukup) menarik. :mrgreen:
    Sekaligus mengingat pelajaran dulu. :?

    Bebek Jamuran:
    Kalau disini bebas berkata-kata, jadi kalimatnya tak akan diutak-atik sama saya. :)
    Kalau saya, dengan pengetahuan agama yang sempit, menganggap Al-Quran sebagai firman Allah. Saat ini belum berpikir sampai sejauh itu :mrgreen:

  15. Cara terbaik :

    PTD : Jadi anda sependapat manusia dan kera berasal dari moyang yang sama?
    PPP : Iya
    PTD : Hmm… berarti anda saudaranya kera dong?
    PPP : Bukan… bukan…
    PTD : Anda kontradiktif… Anda bilang manusia dan kera berasal dari moyang yang sama, berarti anda saudaranya kera.
    PPP : …. Nggak jadi ndukung teori darwin ….

    Hehehe….

    btw… salam kenal!!

  16. Hhmm..
    soRi niy ya? tapi kLo mNuRut Q, pihaK PTD teRlaLu memaSukkan uNsuR a9aMa di daLaM iLmu pengetahuan.
    meMan9 siy, seMuanya haRus berJaLan seiMban9 dengan tidaK mLupaKan a9aMa tRutaMa dLm iLmu Pen9etahuaN.
    tapi terLalu “oveR” kLo mNuRut Q.
    Dan satu La9i, Darwin tdK biSa den9an mudah disaLahkan atas teoRinya.
    kaReNa biaR b9aiMaNa pun, Darwin tetaP bJasa dLm pKemban9an iLmu pen9etahuan.
    hehe…

    itu mNuRut Q Loh…

  17. Kalau saya bilang: “persetan dengan siapa nenek moyang kita…

    siapa kita sekarang yang harusnya kita khawatirkan..”

    Ada yang mau menanggapi?

    SETUJU!

    If you understand, things are just as they are; if you do not understand, things are just as they are.

    Zen philosophy

  18. manusiasuper:
    Hmm… ya, memang, masa lalu tak akan berubah meskipun kita tahu siapa nenek moyang kita. :?
    Tapi ini yang sering (CMIIW) diperdebatkan/dibantah orang2 yang beragama, kan? Mereka kurang setuju kalau dikatakan ‘keturunan kera’.

    Dan, err… kalau dalam pembagian warisan atau silsilah keluarga, saya kira siapa ‘nenek moyang’ kita itu penting. :P
    *bercanda*.

    Kopral Geddoe:
    Kurang lebih sama… :?

  19. sejarah
    bcl mode : on

    yang lalu biarlah berlalu..
    jangan lagi ini terjadi…
    biarlah kita jalani hidup di jalan yang berbeda..
    ………..

    untuk mu keyakinanmu.. untukku keyakinanku…
    kalian di sekolah pernah belajar mengenai
    kerukunan hidup antar umat beragama……
    jalanilah apa adanya…
    …………………..
    saya juga satu kost sama beda agama.. enjoy aja tuh..

  20. kacian yagh mas Darwin..
    masa harus mati dalam keadaan tak beragama…
    …………
    kalo mas Darwin yakin Tuhan itu tidak ada…
    berarti mas Darwin yakin kalo udah mati.. ya mati
    kagak ada urusan apa2 lagi…
    ……………………………….
    kalo sudah begitu…. lebih baik beragama saja..
    bagi yang atheis cepatlah masuk agama yg menurut kalian benar…. anggap aja itu taruhan..
    kan kalian yakin kalo udah mati.. ya mati…..
    tapi setidaknya.. misalnya teori darwin itu salah.
    kan gak ada salahnya kita memeluk salah satu agama..
    daripada kita mati tak beragama…
    eh ternyata udah mati itu kita harus mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita sesudah mati nanti.. (di akhirat bro)….
    tapi kalo ternyata teori darwin itu benar…
    bahwa Tuhan itu tidak ada… ya apa salahnya para atheis memeluk salah satu agama… ato emang karena beragama itu hanya buang2 waktu tenaga pikiran saja??
    masa sih?

  21. Sumpah, tdx Me-u mau nulis topik tentang ini.

    Memang teori Darwin paling di percaya. Sampai kepala sekolah Me-u (bukan org Islam) blg gt. Kalau misalx benar, berarti itu mengatakan kalau Tuhan itu tidak ada. Ga bnr kan? Monyet ya monyet!!!!

    *bunuh Darwin pake bazoka* eh udh mati ya?

  22. woi ngaraang semuanya… huehuehue

    baca yang bener Qurannya, yang diturunkan ke bumi itu bukan manusia pertama, tapi KHALIFAH, silakan dibaca dulu ayatnya

    Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang KHALIFAH di muka bumi.”Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”(QS 2:30)

    jelas nggak sama donk antara manusia pertama dan khalifah pertama

  23. berani nggak menyimpulkan begini :
    jadi orang cina/jepang/sipit, orang negro, orang arab dan orang bule, orang keling/item sekalee itu beda leluhurnya, tidak se Adam !

  24. Ketika kita masih berani menginterpretasi bahasa Tuhan sebagaimana bahasa manusia ….
    Ketika kita tidak mau belajar keras tetapi sudah berani mengambil kesimpulan ….
    Ketika kita tidak sanggup menggunakan otak pemberian maha berharga dari Sang Khalik ….
    Ketika emosi, kedengkian, kecurigaan, dan ambisi kepentingan kelompok bahkan pribadi selalu membelenggu otak dan hati kita …..
    Ketika kita tidak memiliki kesanggupan menghormati dan menghargai pendapat, apalagi jasa-jasa orang lain ….
    Ketika kita sudah berani mengambil alih kewenangan Tuhan dengan suka mengurus kepentingan orang lain, bahkan memvonis dan mengadili nasib dan hak asasi orang lain ….
    Maka, jangankan perdebatan masalah Teori Darwin, perdebatan hal-hal sepele, tidak bermutu, menggelikan bercampur memuakkan, akan senantiasa mewarnai kehidupan ini.
    Dan barangkali inilah bagian dari takdir itu.
    Yang cerdas, pandai dan arif tidak akan pernah banyak
    Yang mendominasi jagad raya memang yang tidak sempat menjadi cerdas, pandai dan bijaksana
    Dan kerusakan dunia memang harus terjadi,
    demi menuju hari akhir itu
    Maka, santai sajalah
    Percaya sajalah
    Bahwa surga dan neraka itu masih dan tetap akan ada
    Kita boleh kok memilih salah satu dari tempat itu
    Tentu harus tahu aturannya bukan ?
    Kalau hidup di bumi saja, yang tidak cerdas, pandai dan bijaksana tidak banyak disukai teman dan sulit mendapatkan pekerjaan yang layak
    Apa kira-kira surga itu lebih buruk dari di dunia ini ? Apa kira-kira para malaikat itu tidak punya kesanggupan untuk menilai secara lebih akurat siapa diri kita ini sesungguhnya ? Apa kira-kira naik surga itu bisa gratisan ? Bisa main suap sogok menyogok ?
    Amboiiii ….. TIDAK BISA ….
    Maka marilah mawas diri
    Siapa diri kita ini sesungguhnya …
    Sadarkah kita, bahwa kecemburuan, kedengkian, fitnah dan aniaya itu, dengan atas nama apapun, tak terkecuali dengan atas nama agama dan Tuhan sekalipun, adalah dosa !! Dosa besar !!!
    Percayalah …..

  25. Ping-balik: Kisah Nabi Adam « Angel’s Tea House

  26. Hai, saya cuma tanya aja nih pada bagian ini

    PTD: Bukan kelihatannya lagi. Memang salah. Selain itu, pemuka teori itu juga non-muslim, jadi dia bisa disalahkan.

    Saya g bermaksud apa2, cuma hanya tanya gini:
    dari kutipan di atas bisa di simpulkan bahwa karena dia non-muslim maka bisa salah,berarti klo muslim g bisa salah? Jadi menurut saya alasan dia bisa salah bukan karena faktor non-muslimnya tetapi faktor manusianya ( manusia bisa salah dan benar)

    Hanya itu saja kok, saya g bermaksud apa2 hanya takutnya pernyataan itu menjadi sesuatu yg kontroversial. Thx

  27. Omdo:
    Kenapa begitu, mas? :P

    Aji M Khaidir:
    Jadi? :P Ilmu dan iman itu harus dibarengi, kan, katanya? :?

    Trepasing:
    Ya, itu argumen yang sering dilontarkan oleh para penolak Teori Darwin, kan? :mrgreen:
    Saya sendiri sih kurang setuju dengan alasan semacam itu… :?

  28. i am intresting in this history topic

    o ya, menurut gw, mengenai manusia pertama adalah nabi adam dalam pengertian yang sempurna yang diciptakan oleh Allah dengan tangannya sendiri dari tanah liat(terdapat dalam alquran)
    adapun manusia purba adalah merupakan manusia yang hidup sebelum adam, tetapi dia tidak sempurna memiliki segala kekurangan termasuk akal pikirannya.yang tidak punya perkembangan akal
    adapun pendukung ini sesuai dengan pernyataan malaikat didalam alquran intisarinya malaikat mengatkan apakah engkau akan menciptakan orang yang saling bertumapahan darah(see QURAN)
    kita tahu bahwa malaikat tidak suka membantah perintah Allah, dan juga tidak punya pengetahuan seperti adam, maka dari mana malaikat tahu manusia akan bertumpah darah, padahal manusia itu sendiri belum diciptakan, jadi kesimpulannya bahwa manusia purbalah pernah hidup dibumi kemudian dimusnahkan allah, lalu diganti dengan keturunan adam…
    jadi spesies manusia adalah unggul. dan kita manusia bisa saja diganti oleh Allah dengan mahluk lain ini sesuai dengan pernyataan quran. jadi kita ini sudah sempurna Allah sudah tetapkan dan tidak perlu diganti lagi, karena gunungpun akan hancur memikul beban kekhalifaan dimuka bumi

    Allah Maha Tahu

    tapi kita mencoba berdiskusi
    let u try

  29. setoedjoeh dengan geddoe…

    knapa kita haroes ngoeroesin jang toelangnja adja oedah g djelas bentoeknja…

    mending kita pikirin mana jang haroes kita pertjaja soepaja ntar ndak digoreng Toehan dineraka…

  30. erlangs:
    Ya, saya setuju kok dengan pernyataan yang itu. :) Bahwasanya ‘manusia’ yang sebenar-benarnya ya yang homo sapiens ini. ‘Kera’nya ya manusia purba. :?

    celotehsaya:
    Siapa tahu suatu saat ada yang bilang kalau kita sebenarnya keturunan alien. :P

  31. beidewei eniwei basbang

    Ketika kita masih berani menginterpretasi bahasa Tuhan sebagaimana bahasa manusia ….
    Ketika kita tidak mau belajar keras tetapi sudah berani mengambil kesimpulan ….
    Ketika kita tidak sanggup menggunakan otak pemberian maha berharga dari Sang Khalik ….
    Ketika emosi, kedengkian, kecurigaan, dan ambisi kepentingan kelompok bahkan pribadi selalu membelenggu otak dan hati kita …..
    Ketika kita tidak memiliki kesanggupan menghormati dan menghargai pendapat, apalagi jasa-jasa orang lain ….
    Ketika kita sudah berani mengambil alih kewenangan Tuhan dengan suka mengurus kepentingan orang lain, bahkan memvonis dan mengadili nasib dan hak asasi orang lain ….
    Maka, jangankan perdebatan masalah Teori Darwin, perdebatan hal-hal sepele, tidak bermutu, menggelikan bercampur memuakkan, akan senantiasa mewarnai kehidupan ini.
    Dan barangkali inilah bagian dari takdir itu.
    Yang cerdas, pandai dan arif tidak akan pernah banyak
    Yang mendominasi jagad raya memang yang tidak sempat menjadi cerdas, pandai dan bijaksana
    Dan kerusakan dunia memang harus terjadi,
    demi menuju hari akhir itu
    Maka, santai sajalah
    Percaya sajalah
    Bahwa surga dan neraka itu masih dan tetap akan ada
    Kita boleh kok memilih salah satu dari tempat itu
    Tentu harus tahu aturannya bukan ?
    Kalau hidup di bumi saja, yang tidak cerdas, pandai dan bijaksana tidak banyak disukai teman dan sulit mendapatkan pekerjaan yang layak
    Apa kira-kira surga itu lebih buruk dari di dunia ini ? Apa kira-kira para malaikat itu tidak punya kesanggupan untuk menilai secara lebih akurat siapa diri kita ini sesungguhnya ? Apa kira-kira naik surga itu bisa gratisan ? Bisa main suap sogok menyogok ?
    Amboiiii ….. TIDAK BISA ….
    Maka marilah mawas diri
    Siapa diri kita ini sesungguhnya …
    Sadarkah kita, bahwa kecemburuan, kedengkian, fitnah dan aniaya itu, dengan atas nama apapun, tak terkecuali dengan atas nama agama dan Tuhan sekalipun, adalah dosa !! Dosa besar !!!
    Percayalah …..
    by Aji M Khaidir September 10th, 2007 at 1:43 am

    Ketika merasa agama kita terhina padahal g ada yang ngehina lho
    Ketika kita meresa agama kita ditentang sesuatu padahal cuman belum lurus doang lho
    Ketika kita memiliki keterbatasan akal untuk membalas perkataan makanya belajar gittu
    Marilah kita kembali memakan dogma dan menghadap pada-Nya walah o___0a kok malah pingin mati?

    ……amen…..

    *djoget-djoget najjong dengan gaya tarian pembawa kritikan tanpa link hujan*

    HETTRIQ

  32. @celotehsaya:
    1. Saya baru baca beberapa waktu lalu ternyata memang ada kepercayaan yang percaya bahwa kita dari alien… bukan hanya ratu adil lho.

    2. Saya sudah ketempatnya. Kecuali postingan agamanya, yang lain cukup menarik kok.

    3. Ya, ya…

  33. 1. Saya baru baca beberapa waktu lalu ternyata memang ada kepercayaan yang percaya bahwa kita dari alien… bukan hanya ratu adil lho.

    yuppie…tapi diblogg ini baru tau punya dia aja
    *g pernah buka wikipe*dan g main halo*
    dan kalo kita berpikir terlepas dari agama…Tuhan itu alien lho…

    2. Saya sudah ketempatnya. Kecuali postingan agamanya, yang lain cukup menarik kok.

    sayangnya panjang…jadi agak males baca juga…

    3. Ya, ya…

    *peragain tari para-para soalnya hujan belum turun ke bloggku*

  34. alien yangh alien lho…

    betewe, bloggnya ratu adil haram untukmu nak…dia sekarang beralih jadi posting artis telanjang….

  35. Tidak ada manusia yang berevolusi’adam as itulah manusia pertama. Yang dijamin keaslian dalam al’quran
    yang sebelumnya itu adalah sketsa yang dibuat buat dalam bentuk yang menyerupai manusia

  36. hhmmmm…mnrut q manusia p’tma mank bner adam..
    tp dalktab dtlis pda masa adam itu ada jga “manusia2 raksasa” krang lebih gtu..
    mgqn saat tu manusia purba dblang manusia raksasa…
    jd q krang stju ma teori darwin klw manusia b’evolusi dari kera…
    pnelitian2 jga da bnyk yg ngbqtiin klw fosil2+artefak2 yg dtmuin darwin cma rekayasa c darwin
    supaya teorinya tu dpercaya dan dakui kbnarannya….
    mnurut q c gtu….
    hhe..

  37. huhuhuhuhu lo semua salah….si Darwin tuh sebener nya dia ngakuin kesalahan nya cuman pengikut2 darwin..lebih tepat nya bawah2an nya Darwin masih Meyakini teori nya itu… makanya Teori Nya Itu kesebar….Gitu….

  38. cih topik ini semakin banyak aja sampah-sampah yang nggak bisa mengakuin kekalahannya….

    @argumntqu….lalu teori apa yang bisa menggantikan teori darwin…???nggak ada ya…???yawda pake aja teori itu dulu….

    toh alkitab dan buku-bukunya darwin juga yang nulis masih manusia ini…

    @NowNow….ngemeng doang lo…mana buktinya…??? kalo ngemeng doang sih gw bisa aja bilang kalo teori evolusinya darwin itu diakui kebenarannya seratus persen oleh pihak gereja….

    see…??? semua bebas nyampah….

  39. saya kira manusia melakukan evolusi, mulai dari zaman nabi adam yang ada cm 1 manusia, ampe sekarang manusia terbagi dalam beberapa ras. dan setiap ras mempunyai karakteristik yang spesifik tergantung adaptasinya terhadap lingkungan. nabi adam diturunkan di afrika timur. n kemudian ketemu dgn siti hawa, anda bisa bayangkan bagaimana bisa dari 2 insan manusia melahirkan/menurunkan keturunan lebih dari beberapa ras yang berbeda, n saya kira ini adalah proses evolusinya manusia. proses evolusinya manusia ini terjadi karena tuntutan lingkungan, bisa lihat perbedaaan negara iklim subtropis dengan dengan negara iklim gurun, kenapa bisa warna kulitnya berbeda? bisa dilihat juga dari perubahan postur tubuh manusia pertama (u know),besar sekali kan.. dan kemudian dari masa ke masa ukuran tubuh manusia mengalami pengecilan ukuran, dan saya kira ini proses evolusi…

  40. @Abu Kuda Al-Laknatullahharromanirrojim:
    Buat yang Islam, rata-rata masih menyetujui sanggahannya Harun Yahya dan lebih menyentuh Kreasionisme… :?

    @bangsatdaridolok:
    Hmm… jadi siapakah Homo sapiens pertama yang ukurannya senormal manusia sekarang? :P

    @Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji:
    That is also my point of view; with a little difference. :P

  41. coba kita renungkan “manusia,kita ingin disebut manusia karena punya nurani,bisa bedakan yg benar dan salah,bisa berfikirdll.apakah kera dll bisa melakukan hal ini.dari mana manusia mendapatkan kesempurnaan akal.tentunya dari allah SWT.coba kita renungkan sekali lagi.

  42. saya rasa kera jauh lebih mengerti benar dan salah mengingat rendahnya angka kriminalitas didunia kera…bahkan kera kalo nggak ada campur tangan hormon yang disuntikkan oleh manusia nggak bakal jadi homoseks lho…beda dengan manusia yang nggak ada hujan nggak ada angin apalagi tsunami tiba-tiba jadi homoseks…apakah anda buta wahai lontong sayur…???

  43. Hoho, tenang, tenang. :P

    @lontong sayur:
    Hmm… semoga ini tidak fallacious. :P
    Manusia ya manusia. Kera ya kera. But they share a likely common descent. :) Setidaknya begitu yang saya tangkap dari teorinya mbah Darwin.

    Orang dewasa ingin disebut orang dewasa karena sudah bisa membedakan mana yang benar dan yang salah, juga bisa berpikir kritis, dan lain sebagainya. Apakah anak bayi bisa melakukan hal ini? Padahal sama-sama manusia. Itulah evolusi. :P

    Maaf kalau rada ngawur. :D Saya bingung analoginya dan cuma kepikiran itu gara-gara tugas sekolah.

  44. dari mana manusia mendapatkan kesempurnaan akal.tentunya dari allah SWT.coba kita renungkan sekali lagi.

    From Allah? Why not from Jesus? Why not from Brahma? Why not from Demiurge? Why not from Ymir? Why not from the Flying Spaghetti Monster?

  45. Ping-balik: Evaluasi dan Resolusi untuk… Revolusi? « Deathlock

  46. #Geddoe… hush makar kamu makar… musuh agama… kapir…!!!

    Flying Spaghetti Monster bukannya udah masuk wikipe ya…??? :lol:

  47. Ping-balik: Fallacy Itu Tidak Sesulit Yang Ente Kira! « Deathlock

  48. soal ini, saya pernah bercita-cita meruntuhkan teori darwin suatu saat nanti. saya belajar biologi terus tanpa henti(yah meskipun akkhirnya brenti juga) karena teori darwin itu SESAT DAN MENJERUMUSKAN! Saya setuju pendapat Anda, darwin sendiri di akhir hayatnya juga ragu akan teorinya ! ~~ cuman sori teorinya saya udah lupa…..:)

  49. Yah kelewat diskusinya…Tapi saya sempat baca soal dialog itu di bukunya Muhammad Isa Dawud, orang Mesir yang suka nulis yang aneh-aneh tentang Islam dan Segitiga Bermuda dll. Seingat saya dalam al-Qur’an Tuhan bukan mau menciptakan manusia pertama, tetapi “khalifah”/””pengganti” pertama di bumi. Tuhan mengatakan, oke, manusia, sekarang jadilah raja di bumi ini. Loh kok jadi deistik ginih…

  50. menurut saya,, masalah nabi adam jadi orang pertama di bumi ini, dan saya menyangkal dugaan oleh darwin, karena gak ada saksinya manusia pertama di muka bumi ini yang yang tahu siapa yang lahir duluan,, yang jelas sebelum aku lahir itu yang lahir duluan ialah orangtua kita masing-,masing.

  51. Mohon jangan dicampur adukkan antara agama dan Tuhan Yang Maha Esa! Nenek moyang kita, termasuk Nabi Adam, yakin akan yang menciptakan dirinya, yaitu Tuhan Yang Maha Esa walaupun Dia belum beragama. Orang yang belum beragama belum tentu atheis, contohnya nenek moyang kita, makanya negara kita tidak berdasarkan agama melainkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Anda harap belajar Pancasila yang murni, belum dikotori oleh mereka yang anti Pancasila, jangan nenbaca Pancasila dengan mata kaki,tetapi dengan matahati!

  52. Jelas ada. Evolusi itu terjadi karena adanya awal kehidupan, kecuali jika anda seorang penganut teori materialisme. Dalam forum ini ada penulis yang mencampur adukkan agama dan Tuhan Yang Maha Esa, entah dari turunan Darwin atau Adam. Pancasila itu filosofi bangsa kita yang dengan tegas membedakan antara Tuhan Yang Maha Esa dengan agama, diforum ini disinggung masalah atheisme yang menganggap orang tak beragama sebagai atheis. Itu permasalahannya. Jika anda penentang teori Darwin dan meyakini teori Adam dan Hawa anda harus menghormati Nya dengan tidak menganggapnya atheis. Jika anda mengakui turunan kera maka seharus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena anda dapat berevolusi menjadi manusia yang cerdas,yang jelas bertentangan dengan ajaran agama, tetapi atas karunia Tuhan Yang Maha. Esa. Sekali lagi saya peringatkan: Jangan campur adukkan Tuhan Yang Maha Esa dengan agama, jika anda masih mengaku sebagai bangsa Indonesia yang ber Pancasila.

  53. Err, maksud saya yang saya bahas disini pada awalnya hanya tentang teori evolusi aja.

    Kalau tentang komentar dari mas ujang_bandros yang membahas tentang hubungan ateisme dan teori evolusi, sebenarnya dari sudut pandang saya hal itu ngga begitu relevan. :)

    Sementara kalau tentang komentar saya yang menyebut bahwa Darwin itu ateis, mohon maaf, itu kesalahan teknis dari saya. Yang saya maksud itu sebenarnya agnostik; menurut sumber yang saya baca disebutkan bahwa Charles Darwin itu agnostik sampai meninggal. Waktu itu saya salah istilah. :P

    Btw, teori evolusi mengatakan bahwa manusia dan kera itu memiliki nenek moyang yang serupa kok, bukan serta merta dari kera. :D

  54. Saya ingatkan pada mereka yang menyakini sebagai keturunan Adam dan Eva jangan menyombongkan diri, sebaliknya bagi yang merasa dirinya sebagai turunan kera jangan berkecil hati, kepada keduanya saya ingatkan baik yang turunan kera atau yang turunan nabi Adam adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Soal haridepan yang pendek saja (hidup dibumi ini) kita tidak tahu, apalagi soal kehidupan abadi yang merupakan Hak Mutlak Tuhan Yang Maha Esa, kecuali jika bagi mereka yang menganggap dirinya Tuhan YME seperti Firaun. Agama memberi tuntunan untuk menuju kehidupan abadi, namun tidak menjamin seseorang yang beragama mendapatkan Sorga, contohnya para penjahat, koruptor,penindas yang “meng

  55. Jujur aja nih, sebenernya gw atheis… (Xaliber pasti tau siapa si Breaker Zero)

    gw bisa bilang ini, tapi mohon Xaliber tdk tersinggung !!!

    Sebenernya semua kitab suci agama itu ditulis OLEH MANUSIA !!!

    Manusia bisa saja memodifikasi isi tersebut sesuai keinginan dia !!!

    Dengan kata lain, semua agama sama saja !!! Semua hanya bualan belaka manusia !!!

    @Xaliber : woi kk jadi partner saya yu ^^… ajarin saya PHP

  56. sebagai manusia, pasti bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah,,,
    kalo tentang darwin menyadari bahwa teorinya salah diambang kematiannya itu memang benar adanya,,,
    karena firaun saja diambang kematiannya dia bertobat, hal itu jg yang membuat darwin mengakui kesalahannya,,,
    biasanya, orang yang sedang menghadapi maut/kematiannya (sakarotul maut)pasti nuraninya akan muncul,,,,

  57. Yang harus diketahui teori Darwin bukan hanya berurusan dengan masalah asal usul manusia, melainkan evolisi semua makluk hidup di bumi. Manusia berhak untuk “menolak” teori Darwin karena meyakini bahwa dirinya adalah turunan Adam dan Eva.Tetapi apa manfaatnya untuk memusuhi/meruntuhkan “seluruh” teori Darwin, yang kenyataannya sebagian masih dibutuhkan diberbagai bidang ilmu pengetahuan, misalnya bidang botani. Jika suatu teori tak bermanfaat pasti akan runtuh/ ditinggalkan dengan sendirinya. Adalah tak objektif jika teori itu dianggap sebagai sebab Nazi cs yang entah dirinya keturunan siapa/apa memperlakukan sesama manusia sebagai binatang. Ibaratnya sebilah pisau yang sangat tajam, dapat digunakan untuk mengoperasi (menolong) atau mencabik-cabik tubuh manusia (mutilasi) tergantung digunakan untuk apa dan ditangan siapa. Energi inti (nuklir) dapat digunakan untuk menyediakan energi untuk kenyamanan hidup,dimanfaatkan dalam tehnologi dan rekayasa genetika, bidang kedokteran, tetapi ditangan mereka yang ingin menang sendiri dapat dimanfaatkan untuk memusnahkan peradaban manusia. Jadi: jangan salahkan teori Darwin, salahkan mereka yang menyalah gunakan teori itu. Akan lebih bermanfaatkan kita “mengkritisi” sebuah teori dari pada berusaha meruntuhkan/ melenyapkannya. Sejarah telah membuktikan: tatkala orang beranggapan dunia/bumi sebagai pusat jagat raya ada seorang ahli astronomi yang mengoreksi bahwa bumi hanya sebuah planet yang mengelilingi matahari. Koreksi itu sangat bermanfaat dari pada kita “mentah-mentah” menolaknya, apalagi “menghukum” penggagas teori itu. Coba bayangkan, andaikata “gagasan” astronome itu diruntuhkan, sampai sekarang manusia akan tetap beranggapan bumi merupakan pusat jagad raya, akibatnya tak ada bedanya antara kera dan manusia, manusia tak akan mengalami kemajuan walaupun mereka turunan kera maupun turunan Adam dan Hawa.
    Mungkin ada manfaatnya anda membaca tulisan saya “Basic Information of Universe” yang berbahsa Inggris atau “Teori Minimalis”(berbahasa Indonesia) di http://www.ibnusomowiyono.multiply.com. Semoga bermanfaat untk memperluas wawasan anda tentang Alam Semesta.

  58. Pertentangan semacam ini tidak akan selesai karena ibarat debat orang-orang buta tentang gajah, padahal masing masing hanya meraba bagian tertentu tubuh gajah. Nah supaya tidak sesat dan menyesatkan orang lain tokoh-tokoh agama pelajarilah dan fahami teori Darwin secara utuh, sebelum memberikan komentar apalagi fatwa.

    Hampir semua penentang Darwin beralasan Darwin berpendapat manusia berasal dari kera, padahal teori Darwin tidak satupun menyebut demikian.

    Silakan jangan sampai mempertahankan akidah malah menyebar fitnah.

    Semoga Allah SWT selalui memaafkan dan melindungi kita. Amien.

  59. Saya bukan ahli agama dan juga bukan ahli sejarah. saya juga bukan kafir.
    yang diributkan masalah nabi adam adalah manusia pertama.
    Justru saya lebih berpendapat teori darwin mendekati suatu Evolusi keberadaan manusia kenapa? kalau dikatakan nabi adam adalah manusia pertama yang sempurna?, lalu dari manakah asal usulnya nabi adam ? apakah dikatakan sempurna langsung menjadi manusia dewasa ?.
    Kita ketahui manusia adalah mahluk hidup yang sempurna tapi lemah,
    kenapa dikatakan lemah ?. karena begitu dilahirkan bayi tidak bisa berbuat apa-apa, sang ibu harus menyusui dan dijaga sampai dia bisa merangkak dan berjalan, kita lihat binatang, begitu dilahirkan langsung bisa berjalan. artinya jika manusia pertama lahir melalui proses bayi lalu bayi siapakah dia ?(Tidak ada orang tua).
    Jadi apakah mungkin manusia pertama yang dikatakan sebagai nabi adam dilahirkan langsung menjadi manusia dewasa ? Itu artinya melawan hukum alam, yaitu hukum kewajaran ! hukum kewajaran alam adalah semua melalui suatu proses, pohon mulai dari kecil menjadi tinggi, binatang lahir dari kecil menjadi besar. semua ada tahapannya.
    tapi kalau dikatakan manusia pertama lahir atas kuasa yang diatas, menurut saya ya agak ….? lalu setelah diciptakan adam lalu tercipta hawa yang lahir dari tulang rusuk adam (seperti membuat boneka aja lalu disulap, binsalabin jadi deh manusia kedua).
    dengan kata lain kita-kita ini adalah manusia haram dong, karena kemungkinan besar anak-anaknya adam dan hawa saling kawin?
    Dari mana orang bisa tahu adam dalah manusia pertama ?
    apakah dari wahyu-wahyu yang ditulis menjadi bukti sejarah umat beragama ?.
    sedangkan kita ketahui melalui sejarah, bahwa manusia baru mengenal aksara tidak kurang dari 5.500 tahun yang lalu.
    jadi bisa saja kalau orang mengatakan teori darwin itu salah, saya juga bisa berpendapat teori manusia pertama adam adalah salah.
    Kenapa ? kita ketahui manusia(adam) pertama lahir juga sudah diatas 1 juta tahu yang lalu, jadi menurut saya apakah mungkin waktu itu nabi adam sudah menurunkan wahyu-wahyunya ? sedangkan mengenal aksara saja baru 5.500 tahun yang lalu.
    jadi menurut saya manusia-manusia lah yang membuat tafsiran-tafsiran dan menuliskannya sebagai wahyu. dengan kata lain yang menciptakannya manusia adalah tuhan atau tuhan dicitakan oleh manusia (melalui dokma-dokma dari satu mulut kesatu mulut lainnya mempercayaai teori penciptaan).
    Jadi menurut saya penciptaan manusia pertama juga dikatakan hanya sebatas Teori.
    Mohon maaf atas komentar tulisan diatas.
    Janganlah kita menganggap orang lain komunis atau kafir jika tidak sepaham dengan teori penciptaan. justru orang kafir adalah orang yang tidak pernah menghargai pendapat orang lain dan mau menang sendiri

  60. Adam bukan manusia pertama, akan tetapi Insan pertama…
    Insan artinya makhluk yang telah mengenal Tuhan….
    Sebelum Adam ada (apakah di lahirkan atau di ciptakan) manusia tidak ubahnya seperti hewan, tidak mengenal Tuhan..

    Berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Kitab (Perjanjian Lama),di hitung oleh ahli sejarah berdasarkan silsilah keturunan, Nabi Adam sudah ada di dunia sekitar 35.000 tahun yang lalu. Yang unik nya di dataran Amerika ditemukan mumi (manusia sempurna) yang berusia 300.000 tahun, kan mustahil itu keturunan Adam…

  61. Insan dan Manusia itu berbeda, Manusia Ultra sama Insan Ultra juga beda artinya

    Kesimpulannya, seperti yang di katakan di QS Al-Baqarah ayat 30. Allah telah menciptakan manusia2 bentuk lain sebelum yang sekarang, cuma karena g ada peninggalan tertulis yaa jadinya kita cuma bisa liat fosilnya aja dech

  62. Manusia dikaruniai keyakinan yang irrarionil dan akal yang rationil,ibaratnya rem dan gas, kedua-duanya sangat dibutuhkan oleh manusia, tetapi harus digunakan secara bijaksana. Secara minimalis/sederhana: bijak sana artinya tidak merugikan diri sendiri dan tidak merugikan lingkungan (termasuk orang lain). Baik keyakinan maupun akal jika digunakan manusia/golongan yang tak peduli terhadap lingkungan,apa lagi juga tak disadari bahwa dirinya merupakan bagian dari lingkungan, akan sangat berbahaya. Hal itu akan sangat terasa pada masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai keyakinan dan latar belakang pendidikan (intelektual). Marilah kita berdiskusi/berbicara sekedar untuk menambah wawasan, bukan saling berebut kebenaran.

  63. yg aku tanyakan satu saja, ketika darwin mengemukankan tiorinya ttg evolusi, tidak sedikit yg berusaha menggugurkan dengan alasan tidak cukup bukti segala,…

    Tapi pernah enggak terlintas di benak kita tetang bukti akurat bahwa Adam sebagai manusia pertama,….

    Ingat
    Kebenaran harus bisa di buktikan,…
    biar bagaimanapun darwin telah bayak berusaha untuk menjawab taka-teki alam ini, meski dia tidak memberikan bukti yg sempurna, namun paling tidak dia manusia satu2nya yg telah banyak berjuang dengan akal dan logikanya untuk menjawab teka-teki hidup ini, sedangkan kita hanya bisa menjadi penonton dan pengkeritik, dimana kita tidak benar2 berperang dan belakangan kita datang untuk menembaki mereka yg luka2, kita terkadang lebih yakin dengan sesuatu yg bersifat dogmatis ketimbang analisis.

  64. bener juga sich teori darwin,,
    mengapa saya bilng begitu…???
    karena dalam Al-Qur’an di surat al-baqoroh itu Allah SWT mengatakan akan menjadikan kholifah,,bukannya menciptakan,,so klo menjadikan itukan yang sudah ada di pilih ato di jadikan itu tadi…
    jadinya Allah SWT memilih adam dari beberapa mahkluk yang ada untuk di jadikan kholifah,itulah yang membedakan antara Basyar dengan Insan,

  65. yg aku tanyakan satu saja, ketika darwin mengemukankan tiorinya ttg evolusi, tidak sedikit yg berusaha menggugurkan dengan alasan tidak cukup bukti segala,…

    Tapi pernah enggak terlintas di benak kita tetang bukti akurat bahwa Adam sebagai manusia pertama,….

    Ingat
    Kebenaran harus bisa di buktikan,…
    biar bagaimanapun darwin telah bayak berusaha untuk menjawab taka-teki alam ini, meski dia tidak memberikan bukti yg sempurna, namun paling tidak dia manusia satu2nya yg telah banyak berjuang dengan akal dan logikanya untuk menjawab teka-teki hidup ini, sedangkan kita hanya bisa menjadi penonton dan pengkeritik, dimana kita tidak benar2 berperang dan belakangan kita datang untuk menembaki mereka yg luka2, kita terkadang lebih yakin dengan sesuatu yg bersifat dogmatis ketimbang analisis.

    ahh benar itu…

    saya jadi bertanya-tanya…

    sebenarnya apa ya buktinya kalo adam itu manusia pertama (:|)

  66. woi mas semuanya ko aneh namanya teori ilmiah ga mungkin nyambung sama
    yang namanya agama.

    Teori ilmiah berdasarkan fakta

    Agama beradasrkan keyakinan.

    kalo diterusin sama aja nyari duluan mana telot ama ayam.

  67. Ya. Dikatakan oleh teori itu dan buku-buku Sejarah, bahwa ada manusia purba yang MENYERUPAI KERA.

    Saya agak tergelitik ketika membaca yang saya tebali itu. Di sini kan terbilang Menyerupai. Kan Mirip. Mirip tidak sama dengan Sama. Jadi mungkin sampai sekarang terjadi salah persepsi. Yang dimaksud Darwin (kalo menurut saya), manusia itu dulu mirip kera dikarenakan adaptasinya terhadap lingkungan. Tapi para pembaca-pembaca yang ada waktu itu tanpa pikir panjang langsung mengira bahwa manusia berasal dari kera alias monyet.

    Kalaupun memang manusia itu dari monyet sendiri, seharusnya monyet sekarang sudah tidak ada karena adanya teori seleksi alam (yang tidak mampu bertahan pasti punah) dan menjadi manusia semua. Tapi buktinya monyet sampai sekarang masih bertebaran di kebun binatang.

    Mirip dengan monyet bukan berarti kita ini monyet. Ini hampir mirip tapi agak permainan kata-kata. Jadi kalo menurut saya, manusia pertama 100% adalah Adam. Dan monyet memang terbentuk sebelum manusia (monyet diciptakan pada hari ke 6). Dan itupun yang dimaksud 1 hari adalah 1 harinya Tuhan berbeda dengan 1 hari manusia. Jadi kitapun ndak bisa tau berapa selang di antara terciptanya monyet dan manusia.

    Ya mungkin salah betulnya harap maklum. Saya juga manusia masih bisa salah. Tapi opini saya begitu.

  68. Darwin mengemukakan dari hasil teori..Bukan bukti..

    Kera=ada org yg pernah dkutuk jadi kera..Mgkn ni yg darwin maksud..Bkan qta..Mgkn juga ada cacat genetis..

    Adam=manusia pertama..!Tak ada bantahan lg baginya..!Tidak ada yg namany manusia<==kera..!!?Mungkin ada manusia yg mirip kera..!?Tp setelah nabi Adam..!?Ato memang itu KERA beneran yg fosil tu..!Udah jelaz teori darwin tu salah..

    Darwin adalah pencinta Kera..!!Dan dia mengagungkan cintanya itu..!?Barang siapa mengaku nabi adam turunan kera..
    Hujat aj aq..Drpd adam..!

  69. Sekedar direnungkan: dalam skala pendek: telor hingga menjadi kupu-kupu mengalami proses evolusi, dalam skala panjang Universe mengalami evolusi dari Alam Semu, Alam Nyata,Alam Kehidupan.
    Segalanya yang ada diciptakan oleh Tuhan YME dari yang tak ada, namun melalui proses,jika berangsur/dan membutuhkan waktu lama disebut evolusi, jika mendadak disebut revolusi.
    Universe dan isinya mengenal dimensi waktu, tak sebagai Alam Abadi. Evolusi pada umumnya diartikan perubahan menuju ke yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan/ lingkungan. Manusia itu mengalami evolusi, terutama dalam kecerdasannya, sebaliknya fisik manusia bagaimana?

  70. Wow, menarik juga baca jawaban2 yang pinter dan yang sama sekali gak pinter. Orang awalnya ngomongin teori Evolusi dan Adam…, kok malah lari ke mana2? Kalo orangnya pinter sih kagak bakal emosi, ya karena dia pinter… Tapi gue sih gak berpihak, emang gue pengen banget denger suatu kesimpulan dimana Teori Darwin dan Adam itu sama2 bener… Pengennya… Tapi kalo gak ada, ya udah, kelar kan?

    Interesting kata Sufimuda, bahwa Nabi Adam (atau Adam) adanya 35000 taun yang lalu, sedangkan manusia udah jalan2 di muka bumi ratusan ribu tahunan yang lalu. Cukup bukti?

    Soal definisi Adam itu “Manusia”, “Khalifah” atau “Insan” itu memang perlu dipastikan biar argumen nya gak larut2 gak penting.

    Tapi gue kasih satu pertanyaan yang udah lama juga mengganggu pikiran gue selama ini… “Ada yang tau gak alasan biologisnya kenapa Tuhan menciptakan gigi graham blakang (wisdom teeth) (yang biasanya bikin sakit gigi karena numbuhnya mencang mencong sana sini) pada manusia ?

    Kan ceritanya Tuhan menciptakan segala sesuatu pasti ada gunanya buat manusia kan? Setau gue cuman manusia purba yang punya gigi “extra” ini buat ngunyah daging2an yang keras dan kepake karena struktur rahang mereka yang lebih panjang dari kita.

    Score sementara:

    Darwin (Evolusi) : Ada benernya, tapi mungkin kurang spesifik dalam beberapa hal.

    Adam: Tanya hati masing2…

  71. coy teori darwin mang ngak bener, cuma kalo darwin sih aku yakin mang keturunan kera atau jangan2 kera yang nyamar jadi manusia. semua teori tsb sudah dibantah secara ilmiah, ente2 liat aja di situs http://www.harun yahya.com biar jadi terang ( ditanggung puas )he he he emangnya lagi mati lampu

  72. Kita seharusnya sadar saat ini “telah” terbukti bumi hanyalah bagian yang sangat kecil dari Sub Alam Fisika, apalagi di Universe. Jadi adalah sesuatu yang perlu dipertanyakan: Manusia pertama itu diciptakan Tuhan YME di Bumi atau di planit lain, atau bahkan digalaksi yang lain? Teori Minimalis menyatakan Bahwa Ciptaan Tuhan YME bukan sekedar materi, melainkan banyak yang jauh lebih hebat. Bagaimanapun juga manusia itu memiliki wadag yang sebagian terjadi dari materi hingga hidupnya secara individual sangat pendek, disamping itu manusia bukanlah sekedar materi, ada bagian lain yang bukan materi, misalnya trans body yang membedakan molekul dan sel, spirit dan nyawa yang membedakan makluk hidup dan bekas makluk hidup (misalnya mayat, fosil) Banyak fenomena yang tak mungkin terakses oleh kemampuan manusia. Manusia dikaruniai pancaindra, fikiran dan keyakinan untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya agar manusia tak tertinggal dari makluk cerdas lainnya, misalnya Alien. Dilain fihak manusia juga harus menyadari setiap makluk hidup dibumi ini dikarunian kekurangan dan kelebihan masing-masing, pohon dapat hidup dari clear energy (energi benda) dan trans energy (cahaya) yang tak dimiliki oleh kemampuan manusia, banyak binatang memiliki kemampuan reproduksi tinggi, mempertahankan diri dengan berbagai kemampuan yang didapatkan dari alam (bukan hasil tehnologi). Manusia dapat menjadi penyelamat bumi, namun dapat juga menyebabkan bencana di bumi. Adalah kurang bijaksana yang beranggapan manusia sebagai makluk terunggul(superior) dibumi, apalagi di Alam Semesta, hingga menyepelekan ciptaan Tuhan YME lainnya.
    Yang teramat penting ialah bahwa Tuhan YME itu bukan sekedar pencipta sebagai halnya seorang penukis yang harus menyelesaikan lukisannya dari tetesan tinta pertama hingga selesainya sebuah lukisan. Tuhan YME itu Perencana Agung, yang sebelum menciptakan sesuatu telah merencanakan dengan seksama dan telah menciptakan hukum Ekologi Universe untuk mengaturnya.
    Tuhan YME memberikan kesempatan kepada setiap ciptaan Nya untuk mengembangkan diri (berevolusi maupun berevolusi). Disamping itu Tuhan YME tetap menggenggam hak Mutlaknya hingga tak mungkin sesuatu terjadi tanpa memperoleh izin Nya, sebaliknya apa yang menjadi kehendak Nya pasti dapat terjadi. Hanya manusia seklas Hitler dan Firaun yang menganggap dirinya dapat menjadi tuhan ysng berhak menentukan nasib ciptaan Tuhan YME.

  73. Bodoh tuh penyanggah teori Darwin!

    Kalah konyol tu orang. Teori darwin itu tidak absah secara ilmiah. hanya mengandalkan hipotesis2 belaka. gak ada experimen. emang sih karena waktu yang tak memungkinkan

    mereka bilang dna manusia sama dengan monyet. tetapi dna manusia juga sama dengan nyamuk. apakah manusia bisa dibilang evolusi dari nyamuk juga?

  74. gini cara mudah membayangkan evolusi:

    misalnya ada pulau terpencil, di pulau itu SEMUA manusia suka main basket.. coba bayangin dalam waktu jutaan tahun.. orang2 di pulau itu bakal JAUH lebih tinggi daripada manusia rata2 di luar pulau tsb bukan? itu evolusi kan?

    evolusi gak terbantahkan..

  75. oh ya, mengenai adam dan darwin..

    manusia tertua memang muncul sekitar 200.000 tahun yang lalu. tapi selama 140.000 tahun manusia itu berjalan di bumi, nggak ada perkembangan teknologi & budaya yang berarti yang dilakukan manusia jaman itu.

    lalu 60.000 tahun yang lalu, “gunung” toba meletus (gunung meletus jadi danau..) abu dari letusan itu menutupi hampir seluruh bagian permukaan bumi, menyebabkan ice age..

    populasi manusia saat itu sudah cukup menyebar di seluruh belahan bumi.. namun karena toba, populasi manusia tiba2 turun drastis disaat itu.. dan populasi manusia di indo lenyap.

    tiba2, setelah letusan tsb.. perkembangan budaya dan teknologi manusia berkembang dengan cepat.. manusia mengubur mayat, melukis di goa, bikin pakaian, bikin perhiasan, barter, senjata yang lebih canggih.

    bayangin, selama 140.000 tahun mereka gak melakukan perubahan yang berarti, tapi dalam waktu singkat sejak 60.000 tahun yang lalu perkembangan budaya dan teknologi tumbuh pesat. apa yang terjadi?

    nah ada teori juga, dengan menganalisa DNA dan kromosom banyak manusia2 di seluruh belahan bumi, disimpulkan bahwa semua manusia berasal dari seorang ayah yang berumur 60.000 tahun..

    gini menurut gua.
    nabi adam memang bukan homo sapiens pertama, tapi ia dipilih untuk menjadi bapak dari semua manusia di masa depan. oleh karena itu allah memusnahkan manusia yang bukan adam dengan mletusnya toba..

    ———-

    pertanyaanya sekarang gimana adam turun dari surga?

    kalo menurut gua sih nabi adam juga punya orang tua.. gua gak percaya kalo tuhan menentang hukum alam (yang dia buat sendiri) untuk tujuan apapun..

  76. Baca karya Harun Yahya aja.

    disitu juga di jelasin knp teori evolusi itu gak bisa di pertanggung jawabkan.
    penjelasannya juga masuk akal, baik dari segi science maupun religinya.

  77. Nah memang benar, bisa saja Nabi Adam dan manusia purba hidup dalam masa yang sama, dan seluruh fosil yang ditemukan dan hingga saat ini dianggap moyang manusia itu sebenarnya adalah fosil hewan2 purba itu…jadi gak ada ceritanya manusia kok berasaldari monyet, logikanya kalau manusia emang dari hasil evolusi monyet, so kedapan manusia juga berevolusi lagi dunk, nah terus jadi species baru…wah-wah aneh2 ja..

    Di blog aku juga menuliskan artikel serupa dan lebih menitik beratkan pada alasan kenapa Darwin sapai nulis teori kayak gitu.

  78. so kedapan manusia juga berevolusi lagi dunk, nah terus jadi species baru.

    Bukannya tidak mungkin, kan? Karena evolusi adalah kebutuhan, bukan keharusan.

    Tapi kesalahan fatal Anda adalah mengatakan bahwa manusia berevolusi dari monyet. Bukan. Teori evolusi mengatakan bahwa manusia dan monyet punya nenek moyang yang sama.

    Sila cek link yang saya berikan di atas. ;)

  79. Tidak boleh disamakan teori secular dan teori agama. Keduanya beda. Kepercayaan itu, biarpun dalam segi agama ataupun teori zionist, sesuatu yang rumit dan jangan dianggap remeh.

  80. tolong donk…. baca lagi buku teori evolusinya darwin,,,,
    si mbah… nggak bilang bahwa manusia itu dari monkey tapi mbah.. bilang ada kesamaan fisiologis antara monkey ama kita – kita orang…. gitu loch…..

  81. Manusia itu evolusi dari monyet jutaan tahun yang lalu, yang juga evolusi dari ikan milyaran tahun yang lalu. Science sudah membuktikan. Bukti-bukti autentik sudah ditemukan dari fosil-fosil.

    Kenapa bertentangan dengan kitab suci? Ya karena kitab suci itu isinya dongeng aja. Hadapi kenyataaan: Tuhan itu tidak ada.

    Get over it.

  82. Tahukah anda??? sebenarnya Darwin itu dilahirkan oleh kera n bapaknya Manusia, makanya dia ngotot mengatakan manusia itu adalah kera.

  83. kalo memang mnusia purba itu evolusi dari kera….
    brarrti kera saat ini,,,, pasti akan berevolusi lagi jd mnusia…
    klo ndk brevolusi… brarrti teori itu salahhhhh

  84. Ping-balik: Teori Evolusi yang Baru « I`m reborn..

  85. Manusia itu bukan bola pingpong jika dipandang dari berbagai arah/sudut akan berbeda. Coba saja lihat manusia dari atas,dari samping,dari belakang, apalagi dari bawah jelas berbeda, lain halnya bola pingpong yang 100 % supersimitri.
    Perbedaan sudut pandang itu adalah wajar, jangan dipersengketakan melainkan dimanfaatkan untuk saling melengkapi.

  86. lha kok mbingungin ya????????????????????????
    sebenernya duluan mana to antara nabi adam sama kera(manusia purba)
    jika ada yang bilang nabi adam itu termasuk manusia purba,masa sih tingginya sampai 30m? padahal berdasarkan bukti fosil yang ada tinggi manusia purba tidak ada yang sampai 30m

  87. Saya dari dulu berada dalam keraguan dalam memahami Adam adalah manusia pertama di bumi ?
    Alquran :
    “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”(QS 2:30)

    khalifah apakah artinya manusia pertama ?

    kapan kah adam di turunkan di muka bumi ini?, mungkin ribuan tahun yang lalu. atau puluhan tahun yang lalu atau lebih …

    yang menjadi kebingungan saya adalah :
    1. kalau seandainya semua manusia adalah keturunan nabi adam,
    kenapa di seluruh pelosok pulau yang di pisahkan oleh lautan samudra ada penduduk asli. ada suku pedalaman..
    bukankah antara amerika dan eropa terbentang lautan yang luas ? bagaimana keturunan adam sampai merata berada di banyak pulau2 terpencil. kita mengetahui teknologi zaman dulu belum memungkinkan untuk manusia bermigrasi begitu hebatnya sep mengarungi lautan yang luas..

    2. kalau seandainya semua manusia adalah keturunan nabi adam,
    kenapa ada berbagai macam bangsa.
    Bangsa Afrika kulitnya hitam walaupun di bawa ke amerika atau eropa keturunannya tetap saja berkulit hitam
    bngsa cina bermata sipit walau di bawa ke afrka, amerika indonesia tetap saja matanya sipit..
    orang belanda kulitnya putih, walau setelah ratusan tahun tinggal di indonesia keturunannya tetap saja putih

    ahli kedokteran mengatakan karna itu adalah turunan kromosom orang tuanya…

    lalu kenapa sekarang ada bermcam2 suku bangsa, kalau tadinya adalah keturunan nabi adam as ..?

    3. Di dunia ini ada berbagai macam bahasa..
    bila semua manusia di dunia adalah keturunan nabi adam as kenapa ada ribuan bahasa di dunia ini..

    bukankah ketika manusia lahir, bahasa yang dia kenal adalah bahasa yang di pakai ibunya, dan begitu juga nanti dia berkomunikasi dnegan keturunanya.

    penyimpangan dan perobahan beberapa bahasa dapat di mngerti, tapi bagaimana mungkin bahasa nya menjadi banyak sekali…??

    Astaghfirullah mohon ampun jika pemahaman saya salah.

    midun

  88. Teori Darwin adalah benar, cuma pemahamannya sahaja yang salah…
    sebabnya…..
    - Jika dibandingkan beza umur nabi adam dan manusia purba, ia jauh berbeza.. Apakah sebelum nabi Adam ada manusia terdahulu..?? Ya, ada manusia sebelum nabi Adam.. TETAPI, renungi dahulu kata-kata saya ini..

    TEORI DARWIN ialah mengenai manusia yang asal dari monyet atau beruk dan berlaku revolusi lalu ia berubah menjadi manusia. Ia memang benar berlaku cuma “manusia” yang asal dari beruk seperti dakwaan Darwin itu bukanlah manusia seperti Nabi Adam atau lebih tepat lagi, Al-Insan mengikut Istilah dalam Quran. Yang dikatakan manusia oleh darwin itu sebenarnya tetap haiwan. Mana mungkin beruk yang melalui revolusi kemudian menjadi manusia. Jadi kesalahan dalam pemahaman Darwin ialah beliau mengatakan revolusi dari beruk itu adalah manusia sedangkan ia tetap beruk. Yang dikatakan manusia itu ialah seperti yang disebutkan dalam Quran mengenai Adam yang diciptakan dari tanah dan seterusnya keturunan manusia yang berasal dari adam.

    Konklusinya,
    1) Beruk yang melalui revolusi itu adalah tetap beruk cuma susuk fisikal dan ciri2 tubuh yang sama dngan manusia. Sebab itu kita pernah menmukan fosil manusia yang hidup sezaman dengan dinasour.
    2) setelah bumi mengalami bencana hebat ribuan atau jutaan tahun lalu maka hidupan di bumi telah lenyap. Kemudian itu baru lah Allah menciptakan manusia yang bermula dari Adam. didalam quran manusia disebut sebagai al-insan..
    3) “manusia” beruk dan al-insan(bermula dari adam) adalagh dua perkara berbeda…

  89. Teori Darwin adalah benar, cuma pemahamannya sahaja yang salah…
    sebabnya…..
    - Jika dibandingkan beza umur nabi adam dan manusia purba, ia jauh berbeza.. Apakah sebelum nabi Adam ada manusia terdahulu..?? Ya, ada manusia sebelum nabi Adam.. TETAPI, renungi dahulu kata-kata saya ini..

    TEORI DARWIN ialah mengenai manusia yang asal dari monyet atau beruk dan berlaku revolusi lalu ia berubah menjadi manusia. Ia memang benar berlaku cuma “manusia” yang asal dari beruk seperti dakwaan Darwin itu bukanlah manusia seperti Nabi Adam atau lebih tepat lagi, Al-Insan mengikut Istilah dalam Quran. Yang dikatakan manusia oleh darwin itu sebenarnya tetap haiwan. Mana mungkin beruk yang melalui revolusi kemudian menjadi manusia. Jadi kesalahan dalam pemahaman Darwin ialah beliau mengatakan revolusi dari beruk itu adalah manusia sedangkan ia tetap beruk. Yang dikatakan manusia itu ialah seperti yang disebutkan dalam Quran mengenai Adam yang diciptakan dari tanah dan seterusnya keturunan manusia yang berasal dari adam.

    Konklusinya,
    1) Beruk yang melalui revolusi itu adalah tetap beruk cuma susuk fisikal dan ciri2 tubuh yang sama dngan manusia. Sebab itu kita pernah menmukan fosil manusia yang hidup sezaman dengan dinasour.
    2) setelah bumi mengalami bencana hebat ribuan atau jutaan tahun lalu maka hidupan di bumi telah lenyap. Kemudian itu baru lah Allah menciptakan manusia yang bermula dari Adam. didalam quran manusia disebut sebagai al-insan..
    3) “manusia” beruk dan al-insan(bermula dari adam) adalagh dua perkara berbeda… Arey_6190@yahoo.com

  90. Darwin cuman melakukan penelitian Di 1 tempat yaitu di Mesir, Afrika. menurut perkiraan saya itu adalah FOSIL UMAT NABI MUSA YG DIKUTUK JDI KERA KARNA MELALAIKAN IBADAH.
    Klo memang Benar teori Darwin, Mengapa Masih Ad Keara di zaman sekarang, harusnya smuanya ber evolusi. contohnya saja Capung Purba Yg Diameter Sayapnya 1Meter Smuanya tidak ad lgi jaman skarang Yang ad capung kecil2 dan banyak lgi contoh2 lainnya.
    Hal diatas Membuktikan klo sajaKlo Kera BerEvolusi jadi Manusia harusnya Smuanya Tidak hanya Sebagian.

  91. Pandangan Religius Konseptual tentang Nabi Adam

    Telah menjadi pemahaman yang dapat dikatakan mutlak sifatnya, bahwa Nabi Adam diciptakan sebagai manusia pertama yang berasal dari tanah dan kemudian diturunkan ke bumi. Berbagai versi cerita kemudian berkembang, baik tentang bentuk tipu daya setan, asal muasal Hawa sebagai pendampingnya, hingga tentang tempat dimana mereka diturunkan. Namun, perbedaan versi cerita tersebut, tidak menggoyahkan pengakuan akan Adam sebagai cikal bakal manusia, sebagai ujud keimanan dari para penganut agama Samawi. Tuntutan iman, mewajibkan mereka mempercayai apa yang dikatakan oleh al kitab, apakah Torah bagi kaum Yahudi, Bible bagi kaum Nasrani atau Al Qur’an bagi umat Islam. Pemahaman berdasarkan skrip atau text alkitab, tentu merupakan pandangan yang diyakini kebenarannya. Tetapi apakah kejadian sebenarnya demikain adanya, tentu ini merupakan rahasia Sang Pencipta.
    Yang menjadi pertanyaan, apakah dimungkinan adanya pandangan berbeda tentang eksistensi Adam, yang secara religius dapat dibenarkan. Hal ini mengingat adanya tafsir berbeda, yang terungkap berdasarkan temuan dan kajian secara scientific, bahwa terdapat kemungkinan manusia dalam wujudnya seperti sekarang ini, merupakan produk sebuah evolusi. Walaupun masih terdapat missing link yang membuat kajian belum lengkap mengungkap rangkaian seutuhnya, paling tidak Charles Darwin dengan teorinya yang dituangkan dalam buku The Origin of Species, membuat nalar kita tergugah untuk menyimak.
    Haramkah kita menyimak sebuah pandangan yang menegasikan ketetapan alkitab ? Ternyata alkitab – paling tidak Al Qur’an – memberikan kemungkinan untuk memahaminnya dengan cara pandang yang bebeda, karena dari pernyataan beberapa firman, dapat disimpulkan ; Alqur’an diturunkan sebagai sejelas – jelasnya alkitab, berisi perumpamaan – perumpamaan, bagi orang – orang yang beriman dan berilmu !. Jadi, dimungkinkan kita memahami al kitab tidak sebagaimana skrip atau teks tertulis, namun dengan memahami apa sebenarnya makna yang terkandung dalam skrip atau teks tersebut. Bila pemahaman skrip atau teks dilakukan secara harafiah, atau yang kita kenal sebagai pandangan scriptural atau textual, maka pemahaman akan makna yang terkandung dalam skrip atau teks, perlu menggunakan cara pandang secara konseptual, yaitu pemahamanan berlandaskan apa yang dapat dibayangkan oleh pikiran seorang yang beriman dan berilmu, sehingga kita memperoleh gambaran atau abstraksi akan makna dari apa yang kita pahami.
    Secara konsepsional, evolusi adalah sebuah alternatif kemungkinan. Karena, Tuhan tentu mampu dan dapat berbuat menurut kehendakNya. Marilah membayangkan jagad raya ini sebagai komputer tiga dimensi Tuhan, yang terprogram sedemikan rupa, sehingga sesuatu terjadi secara alami berdasarkan hukum alam yang diciptakan. Dengan demikian terjadilah perkembangan – perkembangan yang kemudian kita kenal sebagai sebuah evolusi, seperti yang diamati oleh Darwin. Tetapi, tentu Tuhan dapat juga menginsert program “Penciptaan Manusia” dalam komputernya, dan seperti inilah yang digambarkan oleh alkitab tentang keberadaan Nabi Adam.
    Cara pandang yang berbeda ini rasanya tidak perlu dikompromikan, karena berlandaskan keyakinan yang berbeda. Manakah yang benar, rasanya tetap akan menjadi rahasia Sang Pencipta. Seperti tetap akan menjadi rahasia, mana yang lebih dahulu lahir di dunia ; telur atau ayam.
    Lalu, berlandaskan pandangan konseptual, bagaimana keberadaan Adam dan Hawa ? Konsepsi pandangan seperti ini akan menghadirkan cerita tentang “Penciptaan” sebagai sebuah Mitologi dan menempatkan Adam sebagai smbol makhluk berbudaya yang disebut manusia, yang dengan dengan demikian membutuhkan ajaran moral, dan saat itulah perlu dihadirkan agama.
    Semoga tulisan ini akan menjernihkan dan bukan meperkeruh suasana.

  92. Yang diatas itu tadi berkaitan penciptaan secara dogmatik dan Evolusi.
    Coba dengan konsep creationisme:
    Bagaimana kalo kita ini cloningan Alien?

  93. klo menurut saya yang namanya evolusi itu g bener, masak makhluk hidup bisa mengkontrol tumbuh kembang badannya sendiri itu kan mustahil, bener gak?
    n sekarang ada satu pertanyaan kenapa klo dulu manusia berasal dari kera kenapa sampai sekarang masih ada kera? n kalo bener teori evolusi itu ada kenapa kera-kera yang ada pada zaman sejarah tidak berubah atau berevolusi?

  94. Yang menentang teori darwin mengatakan tidak mungkin ada evoulsi kera ke manusia..

    tidak ada evolusi …

    lalu bagaimana menjelaskan evolusi keragaman manusia,
    jika orang kulit hitam akan melahirkan anak kulit hitam, kulit putih melahirkan kulit putih,
    ada macam2 suku bangsa yang berbda kulit dan bentuk posture, mata, hidung…

    kenapa bisa beda kalau tadi nya adalah satu yaitu dari adam dan hawa ?

    saya tidak dalam hal menyetujui teori darwin, saya hanya butuh penerangan bagaimana meyakini bahwa semua umat manusia yang ada di muka bumi adalah keturunan adam dan hawa

  95. memang didunia ini manusia pasti sangat bingung untuk membedakan agama-agama yang banyak ini.karna setan telah mencampuri pekerjaan SANG Pencipta bumi kita ini. supaya banyak manusia terseret dan mengikuti cara yang dia [setan] lakukan melawan SANG PANCIPTA tetepi secara jujur SANG PENCIPTA INGIN kita benar dan saleh dihadapan NYA coba kita lihat sajah dengang mata kepala kita sendiri sudah sangat bertambah-tambah koropsi.perampokan pencurian perselikuhan pembunuhan dan seterusnya ini menadakan bahwa dunia sudah tidak benar lagi untuk mengatakan bahwa agama saya yang benar dan yang lain salah akan tetapi adakah yang benar itu melakukan yang diatas

  96. cukup bikin gw ketawa …. yang gw baca semua diatas tentang mengapa MANUSIA dan mengapa KERA. yg bikin ketawa, adakah yg berpikir gimana LINGKUNGANNYA??? sori aja nih … 6 juta tahun yang lalu ga seperti sekarang men ….

  97. Dalam diskusi diatas tak pernah disinggung bahwa manusia itu bukan sekedar fisik (bio body) melainkan merupakan interaksi semi vitalistik antara bio body (fisik) dengan spirit (non fisik). Bio body berbeda dengan sekedar materi (clear body), sebab biobody merupakan interaksi mekanistik antara trans body dengan clear body (ini terbukti batu berbeda dengan fosil). Spirit merupakan interaksi antara trans body (gelombang electro magnetik, termasuk energi cahaya) dengan nyawa yang tak mungkin terakses oleh kemampuan manusia, karena merupakan rahasia Tuhan YME.
    Agama akan membawa manusia kekebahagian abadi,dan harus didekati dengan logika keyakinan yang irratonal.Ilmu pengetahuan dan budaya dapat memberikan kenikmatan hidup sementara dan harus didekati dengan logika fikir yang rational.
    Kenyataannya hidup manusia secara jenis (bukan individual)dapat berkesinambungan berkat adanya sistem informatika. Informatika dapat menjadi penghubung antar waktu dan ruang, inilah yang menyebabkan manusia semakin lama semakin cerdas karena dapat memanfaatkan warisan generasi sebelumnya baik fisik maupun non fisik.(termasuk informasi/ilmu pengetahuan). Agar sanggup mengikuti perkembangan/evolusi spirit maka bio body harus setiap kali didaur ulang hingga sanggup menyesuaikan diri dengan kebutuhan spirit yang latent dan semakin cerdas.
    Teori Darwin harus didekati dengan logika nyata karena mempelajari sesuatu yang nyata. Anehnya teori Darwin seakan tak peduli bahwa makluk hidup (termasuk manusia) bukanlah sekedar bio body (fosil) melainkan juga yang memanfaatkan bio body itu, yaitu spirit.Ini tak aneh karena teori Darwin termasuk saint yang monolistik, tak mengakui adanya komponen lain dalam living organism (live bio body).
    TM dan TP menginformasikan bahwa ciptaan Tuhan YME bukan sekedar materi, melainkan banyak yang jauh lebih hebat, diantaranya cahaya, informatika,fikiran, keyakian, hati nurani dan sesuatu yang tak mungkin terakses oleh kemampuan manusia (misalnya nothing dan nyawa/roh).
    Universe jauh lebih luas dari sekedar bumi, jadi perlu dipertanyakan: Apakah di planit dan galaksi lain ada living bio body dan makluk cerdas seperti manusia (misalnya Alien? Dibagian manakah pertama kali terjadi kehidupan dan dimana pula untuk pertama kali terjadi living organism?
    Ada galaksi yang usianya 5.4 billion tahun.Siapakah yang menciptakan galaksi yang sangat tua ini? Apakah di galaksi ini ada kehidupan dan living organism? Mengapa living organism dapat “tersebar” keseluruh Universe padahal umur living organisme (apa lagi manusia) sangat pendek dan rentan terhadap pengaruh lingkungan?
    Dibanding galaksi lain, Bima sakti termasuk muda, apalagi bumi.
    Dalam agama disebutkan Adam dan Hawa mula-mula menghuni sorga, kemudian atas godaan setan diturunkan kebumi. Dimanakah sorga itu? Saint tak mungkin menjawabnya, yang dapat menjawab adalah agama/keyakinan. Mengapa? Saint menuntut bukti sedangkan keyakinan tak butuh bukti. Itu sebabnya teori Darwin berusaha mengumpulkan bukti. Tak mudah mengumpulkan bukti masa lalu karena banyak faktor yang dapat menghilangkan bukti itu, diantaranya rekayasa manusia/penguasa, bencana alam, atas kehendak Tuhan YME dll. Jadi janganlah kita menyepelekan usaha para Ilmuwan, termasuk Darwin, yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk mengungkap rahasia Universe untuk diwariskan kepada generasi berikutnya. Namun……… memang tak menutup kemungkinan ada yang menggunakan cara-cara tak benar dengan memanipulasi bukti.
    Akan lebih baik kita mengkritisi suatu teori dari pada”melenyapkan atau meruntuhkan”. karena bertentangan dengan keyakinan kita.

  98. maap sebelumnya, ada miss-interpreting di sini. teori darwin bukanlah “Manusia adalah hasil evolusi kera” tapi “Manusia dan kera berasal dari evolusi mahluk yang sama” … tolong di bedakan. terima kasih

  99. Barangsiapa yg meyakini teori evolusi maka dia akan dihadapkan dengan seribu pertanyaan dan dia akan gelisah karena harus menjawab pertanyaan yg akan terus bermunculan.Dan barangsiapa yg meyakini teori penciptaan maka hatinya akan lapang dan tenang karena tidak akan ada pertanyaan yg akan muncul.

  100. #sirotolmustaqim… itu ada di al qur’an surat apa ayat berapa ya mas/pak/mbak/bu?

    Atau hadist shahih riwayat siapa ya?

    Manusia diberi akal oleh Allah, bodoh namanya kalau tidak mau mempergunakan akanya semaksimal mungkin.

  101. ada riwayat yang mengatakan bahwa 2000 thn sebelum nabi adam diciptakan , jin hidup di alam dunia ini. 40 tahun sebelum penciptaan nabi adam jin yang saleh yang di pimpin oleh Idajil diangkat ke surga. Idajil itu adalah yang akhirnya disebut IBLIS karena tdk patuh kpd Allah SWT. Nah mungkin …. mungkin fosil2 itu adalah fosil JIN. Wallahu a’lam…….

  102. Dah’lah sekarang percaya lik darwin po agomo sampeyan-sampeyan , klo alloh berkehendak tu ya tinggal kun fayakun manungso kan cuma mengira-ira , mengkhayalken ,saumpomonya seperti lik darwin ntu….!!yang paling penting sekarang : mbaca shyahadat ,sholat ,poso,zakat,naik haji lan rukun iman jangan dilupaken wiss ndang bubar

  103. Sudah jelas Al-Qur’an itu benar.. coba kita renungkan kembali dengan hukum islam Bahwa Allah yg menciptakan manusia dan juga mahluk2 yang lainya.Allah menciptakan semesta alam serta isinya, manakala Al-Qur’an yg diturunkan kepada nabi kita Muhammad SAW. “Kata Allah/Firman Allah “Manakala (Semesta Alam) langit dan bumi serta isinya kuciptakan dari pada kekasihKu Nur Muhammad dan kekasihKu Nur Muhammad diciptakan dari padaKu. Hadist Nabi “Ana Abul Arwah Wa Adam Abu Basar Artinya: Aku bapa sekalian Ruh dan Adam Bapa sekalian Manusia”. Dan dalam Kitab Suci AL-Qur’an Jelaslah Adam adalah Manusia yang Pertama Diciptakan,Adam serta manusia yang lainnya bukanlah dari kera. Adam sebelum diturunkan kebumi dia hidup disurga dan didampingi oleh Hawa,tapi Allah melarang mereka untuk memakan buah khuldi,karna iblis yg merayu dan membujuk mereka untuk memakan buah khuldi tersebut akhirnya mereka memakan buah tersebut dan akhirnya Allah menghukum mereka itu dengan menurunkan kebumi untuk menjadi penghuni bumi,setelah itu baru Allah menurunkan Makhluk hidup yang lainnya seperti binata.ng2,tumbuh2an dan lain2nya kebumi untuk memakmurkan bumi. Jadi sangat jelas manusia pertama itu adalah Adam SERTA MANUSIA ITU BUKAN BERASAL DARI KERA, Kera adalah ( binatang-binatang ) yang kemudian DITURUNKAN kebumi setelah Adam oleh Allah..

  104. teman-teman pahamilah alquran dan bacalah secara seksama…

    Di dalam alquran di sebutkan Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi
    tidak ada kata manusia pertama..

    bacalah dengan seksama, jangan jadi umat yang naif…

    mengenai sorga cobalah pelajari kata sorga untuk nabi adam dengan kata sorga untuk balasan bagi orang2 mukmin.. (jannah)..

    makna nya beda..

    kita banyak yang tertipu dengan image cerita, dongeng dalam memahami ajaran alquran..

  105. “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”(QS 2:30)

    mengapa engkau hendak …
    artinya malaikat bertanya sebelum nabi adam di ciptakan.

    menjadikan khalifah di bumi…
    Malaikat mengetahui bahwa tempat nabi adam adalah di bumi..

  106. ……..
    teori darwin bukanlah “Manusia adalah hasil evolusi kera” tapi “Manusia dan kera berasal dari evolusi mahluk yang sama” … tolong di bedakan. terima kasih
    ………

  107. nie statmen kuwq mirip statmen di buku kiamat tidak kekal ea…………
    tapi menurut aq si ……………
    ga’ mungkin lok evolusi ada ………….
    apa mungkin kera bisa tiba2 punah ………
    padahal jaman dulu kan juga ada makanan dll
    terus apa dun yang membuat punah?

  108. ada paling2 cuma mutasi tapi apa mungkin mutan bisa mengalah kan spesies yang normal bukannya gamet dominan selalu yang menang? jadi apa mungkin mutan yang biasanya steril mampu mengembangkan diri hingga mahluk yang normal kalah peradabannya………….

  109. klu menurut saya,,teori darwin banyak kejanggalan klu dia berpikir nenek moyang manusia itu kera berarti secara tidak langsung semua umat manusia adalah kera,,dan homo sapien dengan manusia modern seperti sekarang ini berbeda jauh sekali homo sapien yan kita kenal tidak seperti manusa modern tetapi homo sapien yang dikenal adalah sebangsa kera yang fosilnya/kerangkannya ditemukan dan disatukan dan banyak peneliti yang menyimpulkan bahwa homo sapien itu sama dengan manusia modern
    nabi adam yah nabi adam bukan homo sapien atau manusia purba,,itu dah jelas ada dalam AL-QURAN dan tdk bisa di ganggu gugat.banyak kesalah yang dibuat orang-orang non muslim untuk menghancurkan sejarah dan agar negara-negara bkn islambisa berkuasa dengan hal yang dia anggap benar

  110. beda pendapat sah sah saja,, namun jika agama dikaitkan dengan logika orang awam bisa jadi salah arti dan dikhawatirkan akan kfur,, maka sebelum mengkaji suati masalah yang berkaitan dengan penciptaan allah secara publik ajaklah para ulama untuk bersama membahasnya agar tidak terjadi yang namanya kufur

  111. masih ramai yang belum paham. ringkasnya begini ya. kita rungkai dahulu kebenaran teori darwin. Jutaan tahun dahulu telah wujud hidupan selain manusia (kecuali jin dan malaikat) iaitu binatang-binatang purba seperti dinasour, garuda dan sebagainya. namun kerana iklim, cuaca, kondisi dan berbagai perubahan yang berlaku di bumi telah mengakibatkan berlakunya perubahan dan membuatkan perubahan pada fizikal. Contohnya sekarang ini ada buaya, saiznya jauh amat kecil jika dibanding dengan buaya zaman jutaan tahun dahulu yang besar seperti dinasour. Ini lah yang dinamakan EVOLUSI. Jadi darwin menggunakan teori ini untuk me”konklusi”kan bahawa manusia adal evolusi dari kera. Baiklah, memang teori ini benar.. Kera pada jutaan tahun dahulu, telah berlaku perubahan pada genetik, sistem tubuh dan pelbagai lagi sehingga menyebabbkan ia terEVOLUSI dan susuk fizikal kera telah menjadi seperti manusia. Sebenarnya, ia bukanlah manusia tetapi susuk fizikal nya sahaja yangb sama seperti manusia (manusia ada bahasa, akal, tamadun dsb). Darwin telah tersalah di sini. DIa mengatakan Kera yang terEVOLUSI itulah yang merupakan asal-usul keturunan manusia. sedangkan ia tetap haiwan. Lalu timbul persoalan, bagaimana dengan manusia purba???

    Manusia purba itulah manusia yang berasal dari kera tadi. buktinya, kita dapat lihat melalui pembuktian sejarah. manusia purba tidak pandai berbahasa, tiada tamadun dan memakan hewan mentah. Betul atau tidak??? benar….. Manusia yang sebenar adalah AL-INSAN yang dicipta oleh Allah yang punya akal, bahasa, tamadun dan agama dan MANUSIA AL-INSAN itu adalah yang bermula dari nabi ADAM. Sebab itu walaupun Adam manusia pertama dicipta tetapi dia tahu berbahasa. Buktinya, Adam mengucapkan kalimah Alhamdulillah saat dia dihidupkan Allah. sedangkan manusia purba langsung tidak tahu berbahasa.

    Jadi, ada dua perkara berbeza

    1) TEORI DARWIN benar tetap[i kita bukan lah dari kera. Yang dari kera itu adalah manusia purba(yang sebenarnya tetap haiwan)
    2) MANUSIA yang sebenarnya adalah AL-INSAN yang disebut dalam Al-quran yang bermula dari ADAM sampailah kita hari ini.

  112. sa bodo amat, dari kera kek,dari monyet kek,dari gorila kek,yang penting kita jangan bersifat seprti kera atau hewan…..tul ga bro…….!!!!!!

  113. Sory ya TEORI DARWIN tu dah GUGUR ….!kolo bener manusia pertama itu KERA kenapa sampai saat ini masih ada kera dan ga penah berevolusi jadi MANUSIA..!

  114. teori darwin bukanlah mengatakan manusia berasal dari kera……

    anda salah n suka ngawur suka mendramatisir tapi gak pernah belajar, gak pernah baca sok tau…

    teori darwin mengatakan manusia dan kera berasal dari evolusi mahkluk yang sama…

    begitu…
    maka nya belajar dulu men baca n baru berkoar222..

  115. Sebelumnya sorry kalo

    Adam Bukan Manusia Pertama Menurut al-Qur’an

    Di dalam redaksi kitab suci, baik Weda, Alkitab dan khususnya al-Qur’an tidak ada satu kalimatpun yang secara eksplisit menyebutkan bahwa Adam adalah manusia pertama. Artinya, Adam bukanlah khalifah yang pertama dan bukan pula manusia pertama yang diciptakan Allah. Khalifah sebelum Adam adalah khalifah dari golongan manusia juga.

    Ada banyak “Adam-Adam” lain yang sebelumnya diciptakan Allah dengan fungsi yang sama, tetapi dengan sifat yang berbeda, yaitu perusak (destruktif). Allah mengganti khalifah perusak yang tanpa tatanan hukum Allah itu dengan khalifah baru yang bernama Adam dan anak keturunannya yang berlandaskan tatanan hukum Allah.

    Selanjutnya, proses pembelajaran untuk khalifah baru ini segera dilakukan. Dengan apa? Dengan perangkat nalar rasional dan spiritual. Dengan kata lain, Adam-lah manusia rasional sekaligus spiritual yang pertama.

    Dalam teori evolusi dinyatakan bahwa manusia digolongkan ke dalam ordo primata, hominidae (manusia kera; kera berjalan tegak). Para pendukung teori ini menyatakan bahwa yang dianggap sebagai moyang manusia adalah yang termasuk ke dalam genus Australopithecus, yang lebih cocok disebut “manusia kera” daripada “manusia” pada umumnya. Kemudian genus ini berturut-turut mengalami evolusi pada Australopithecus Afarensis, dan berkembang menjadi Australopithecus Africanus yang pada giliran selanjutnya berkembang menjadi Australopithecus Robustus.

    Transisi dari genus ini adalah Homo Habilis dan Homo Erectus yang menandai munculnya “manusia sebenarnya” atau genus Homo. Menjelang munculnya manusia modern atau genus Homo Sapiens, para ahli menemukan satu “makhluk” yang disebut Homo Neanderthalensis. Diperkirakan mereka berkembang sekitar 110.000 tahun dari sekarang sampai munculnya manusia modern atau manusia kontemporer yang disebut sebagai Homo Sapiens sekitar 35.000 tahun sebelum sekarang.

    Di dalam Al-Qur’an manusia pertama memang tidak diungkap secara eksplisit. Tampaknya, mengurai asal-usul manusia pertama bukanlah tema substantif al-Qur’an. Penulis sendiri tidak hendak menguraikan proses penciptaan manusia dari sudut pandang biologis yang terdiri dari rangkaian ekstrak atau saripati dan beragam unsur-unsurnya, tetapi dalam tulisan ini yang dibahas adalah substansi penciptaan Adam sebagai seorang khalifah dan kaitannya dengan peradaban manusia.

    [SIZE="3"]Adam sebagai Khalifah

    Substansi dari dialog dengan malaikat (Q.s. al-Baqarah: 30-31 ) adalah penegasan bahwa sesungguhnya Allah sebagai Pencipta atau Penjadi khalifah di muka bumi ini. Kata “jaa`ilun” sebagai konstruksi isim fa`il yang berarti subyek pelaku dalam frasa Innii jaa’ilun fi al-ardhi khaliifah tidak harus diartikan “hendak menjadikan khalifah di muka bumi”. Seandainya arti ini yang dipahami, maka tidak ada khalifah sebelum Adam. Konseksuensi logisnya, Adam adalah manusia pertama.

    Seandainya frasa tersebut dikembalikan pada makna asalnya sebagai isim fa‘il, maka hal itu mengisyaratkan bahwa Allah—sebelum atau sesudah terjadinya dialog dengan malaikat sebagaimana yang termaktub dalam ayat tersebut—selalu menjadikan khalifah di muka bumi. Dengan demikian, Adam bukanlah khalifah yang pertama dan bukan pula manusia yang pertama yang diciptakan Allah.

    Kemudian, ayat-ayat tersebut memunculkan wacana bahwa seolah-olah malaikat mempunyai pengalaman mengamat-amati sepak terjang sang khalifah. Tampaknya malaikat khawatir akan masa depan khalifah baru yang bernama Adam itu, seandainya perilaku destruktif akan menghancurkan tatanan taqdis dan tasbih malaikat. Kita hanya bisa menduga-duga kategori khalifah yang seperti apakah yang telah (dan akan) melakukan perbuatan tercela itu. Tidak ada keterangan yang jelas perihal khalifah versi malaikat yang dimaksud. Al-Qur’an dalam Q.s. Shaad: 67-73 dengan tegas menyatakan untuk tidak memperpanjang bantah-bantahan ini.

    Ada riwayat yang mengasumsikan bahwa iblis atau jin sebagai khalifah sebelum Adam. Qatadah, Ibnu Umar dan Ibnu Abbas menduga, bahwa khalifah yang dimaksud adalah khalifah dari golongan jin yang diduga berbuat kerusakan. Asumsi ini berdasarkan analisis ayat yang menerangkan bahwa jauh sebelum manusia diciptakan, Allah telah menciptakan jin (Ibn-Katsir, Qishashul Anbiya’, hlm. 2).

    Benar bahwa jin (dan malaikat) diciptakan sebelum Adam berdasarkan Q.s. al-Hijr: 26-27, namun apakah mereka—khususnya para jin—berperan sebagai khalifah di muka bumi? Pendapat para sahabat tersebut tampaknya hanyalah praduga saja. Lagi pula tidaklah mungkin bumi yang kasat mata ini diwariskan kepada para jin yang tidak kasat mata. Bentuk pengelolaan semacam apakah seandainya para jin yang berfungsi sebagai khalifah di muka bumi ini.

    Khalifah sebelum Adam dan khalifah yang hendak diciptakan Allah ini adalah khalifah yang benar-benar berasal dari golongan manusia. Perhatikan ayat berikut ini: Dan Dialah yang telah menjadikan kamu khalifah-khalifah di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian yang lain beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu Amat cepat ‘iqab-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun dan Maha Penyayang. (Q.s. al-An’am: 165).

    Ayat tersebut kembali menegaskan bahwa sesungguhnya Allah adalah pencipta para khalifah di muka bumi ini. Kata ganti orang kedua (dhamir mukhatab) pada ja’alakum merujuk pada seluruh umat manusia. Menilik pada keumuman lafadz ini, apabila dikaitkan dengan pertanyaan malaikat tentang penciptaan khalifah, maka khalifah sebelum Adam adalah khalifah dari golongan manusia juga. Ada banyak “Adam-Adam” lain yang sebelumnya diciptakan Allah dengan fungsi yang sama namun dengan karakter yang berbeda; destruktif.

    Bersambung ke bawah…

    [/SIZE]
    View bbcode
    Fluffy Bunny – 30/11/2009 05:34 AM
    #2

    Sambungan di atas…

    [SIZE="3"]Adam dan Instalasi al-Asma’

    Dengan mengorelasikan fakta-fakta arkeologis tentang ragam manusia sebelum Homo Sapiens, tampaknya selaras dengan karakter “destruktif” sebagai yang digambarkan malaikat. Namun, bukankah karakter hominid memang demikian? Manusia-manusia tersebut mempunyai struktur fisik yang hampir mirip manusia (kalau tidak ingin dikatakan hampir mirip kera). Mereka tercipta dengan volume otak yang kecil yang dengan sendirinya perilakunya pun cenderung tanpa tatanan manusiawi atau bersifat kebinatangan. Mereka tidak layak disebut sebagai khalifah. Sementara itu, khalifah mempunyai kedudukan yang terhormat sebagai “duta” Allah untuk mengelola bumi ini.

    Di sinilah letak diskontinuitas itu. Ternyata, kita tidak bisa mengorelasikan fakta sejarah manusia (asal mula manusia menurut para penganut evolusionisme) dengan asal-usul Adam. Ada banyak keterserakan, sebagaimana yang dideskripsikan Michel Foucault, diskontinuitas dipahami sebagai terserak dan berkecambahnya sejarah ide-ide dan munculnya periode-periode yang begitu panjang dalam sejarah itu sendiri. Dalam pengertian tradisional, sejarah semata-mata selalu tertuju pada keinginan untuk menentukan relasi-relasi kausalitas, determinasi sirkular, antagonisme dan relasi ekspresi antara berbagai fakta dan kejadian yang terekam oleh manusia (The Archeology of Knowledge, hlm. 10).

    Keterserakan ini yang menyangkut relasi-relasi kausalitas, determinasi sirkular, antagonisme dan relasi ekspresi antara berbagai fakta dan kejadian yang terekam oleh manusia. Celakanya, kita menganggap bahwa data-data historis tentang bapak manusia itu dirasa cukup hanya dengan ditafsirkan oleh data-data hadits yang sangat dipengaruhi oleh kisah-kisah israiliyat (Bible). Seandainya kita hendak meneliti sejarah penciptaan ini, meminimalisasi diskontinuitas dengan “comot sana comot sini” dari data-data Biblikal bukanlah semangat Qur’anik. Bukankah sejak awal al-Qur’an diturunkan untuk menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya?

    Dengan meneliti ayat “Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya, Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang (Q.s. al-Baqarah: 37), suksesi khalifah yang tidak berdasarkan kalimah Allah ke yang berdasarkan kalimah Allah barangkali yang paling mendekati untuk mereka-reka praduga ini. Allah hendak mengganti khalifah yang berperilaku destruktif yang tidak berdasarkan pada hukum-hukum Allah dengan khalifah berperadaban yang berdasarkan pada hukum-hukum Allah. Jadi, tegaslah bahwa para hominid itu bukan khalifah.

    Namun yang pasti, Adam bukanlah manusia pertama. Tampaknya Q.s. al-Baqarah: 30 menghendaki bahwa penciptaan khalifah berikutnya adalah untuk mereformasi dan merehabilitasi “Adam-Adam” sebelumnya. Dengan kata lain, Allah hendak mengganti khalifah perusak yang tanpa tatanan hukum Allah itu dengan khalifah baru yang bernama Adam dan anak keturunannya kelak yang berlandaskan tatanan hukum Allah.

    Selanjutnya, proses pembelajaran untuk khalifah baru ini segera dilakukan. Instalasi ini adalah pembekalan pada diri Adam yang berupa persiapan diri untuk menerima seluruh identifikasi nama-nama, al-asma’ kullaha. Kalimat kullaha adalah penguatan (taukid) bahwa pengajaran al-asma meliputi seluruh nama-nama atau identitas (al-musammiyaat) benda-benda (Tafsir Zamakhsyari, Juz I, hlm. 30).

    Sementara itu, Imam al-Qurthuby menitikberatkan bahwa proses pengajaran al-asma’ adalah pengajaran dalam bentuk dasar-dasar ilmu pengetahuan (Tafsir al-Qurthuby, Juz I, hlm. 279). Hal ini mengandung makna yang lebih dalam, bahwa Adam sudah diperlengkapi dengan perangkat nalar yang siap untuk menerima seluruh identifikasi nama-nama. Pengajaran bukanlah dengan mengajarkan penyebutan benda-benda satu-persatu belaka, namun lebih pada pengidentifikasian yang selanjutnya dikembangkan sendiri oleh Adam. Adam-lah manusia rasional yang pertama.

    Proses instalasi ini dijadikan bekal Adam untuk diwariskan kepada anak cucunya dalam rangka mengelola dunianya kelak. Instalasi al-asma’ adalah instalasi sendi-sendi pengetahuan sehingga Adam mampu mengidentifikasi nama-nama seluruhnya (al-asma’ kullaha). Faktor inilah yang mendorong manusia untuk menjadi makhluk pembelajar—homo academicus. Adam mampu mengidentifikasi dan mengembangkan daya nalarnya sampai pada tahap yang mengagumkan malaikat. Sementara, malaikat tidak mempunyai pengetahuan sedikit pun kecuali apa yang telah diinformasikan Allah kepada mereka, subhaanaka laa ‘ilma lanaa illaa maa ‘allamtanaa. Inilah yang membuat malaikat jatuh tersungkur karena ta’dzim kepada Adam akan pencapaian kemajuan ilmiahnya.

    Tampaknya, diskontinuitas sejarah penciptaan Adam memang demikian adanya. Al-Qur’an—justru—hendak menggerakkan hikmah di balik penciptaan itu untuk selalu terus menerus berpikir dan menggunakan daya nalar manusia di bawah bimbingan hukum Allah (kalimaatin) sebagaimana Adam meletakkan dasar-dasar budaya dan peradaban di bawah bimbingan-Nya. Sementara itu, membicarakan Adam sebagai tokoh sejarah (manusia pertama atau bukan) tidaklah substansial dan tidak memberikan dampak apa-apa bagi peradaban itu sendiri.

    Sumber: Diskontinuitas Tafsir Penciptaan Adam (Suara Muhammadiyah, 12 Februari 2009).

  116. Setuju banget dengan pendapat hamba Allah

    Memang kalau di baca dalam Al quran tidak ada satu ayatpun yang menerangkan dan menidentifikasikan adam adalah manusia pertama di bumi..

    ini baru analis yang bagus..
    saya juga seorang moslem tapi tidak mau menganalisa dengan kemarahan dengan notot gak jelas..

    hamba Allah benar
    i agree with you

  117. ati222,,,kadang2 sesuatu benda bisa saja direkayasa,demi popularitas ataupun demi sesuatu,si prof darwin bisa aja cuma jd alat propagandanya mr.x

  118. ini ayat yang mengunci tentang pejelasan teorithogut yang di buat oleh DARWIN

    Wahai sekalian manusia! Bertaqwalah kepada Tuhan kamu yang telah menjadikan kamu (bermula) dari diri yang satu (Adam), dan yang menjadikan daripada (Adam) itu pasangannya (isterinya – Hawa), dan juga yang membiakkan dari keduanya – zuriat keturunan – lelaki dan perempuan yang ramai. (Al-Nisaa’ 4: 1)

  119. Kalau saya sih gini, ini kan masalah PERCAYA atau NGGAK PERCAYA yang bermula karena nggak tahu, saya tahu karena ada TEORI dan KITAB SUCI tapi bisa dipercaya dan juga bisa nggak dipercaya, TEORI lama bisa nggak dipercaya karena ada TEORI baru yang lebih mendekati kebenarannya, KITAB bisa dipercaya karena disampaikan oleh orang yang SHIDIQ, AMANAH, FATHONAH, TABLIGH. Jadi tergantung siapa orangnya. Kalau orang AHLI TEORI sudah barang tentu percaya pada TEORI walaupun teori tersebut pada suatu saat nggak berlaku lagi, kalau AHLI AGAMA pasti percaya kalau KITAB SUCI itu benar karena disampaikan oleh orang yang punya sifat SHIDIQ, AMANAH, FATHONAH dan TABLIGH. Wallahu a’lam bishshowab.

  120. kalo menurut saya:teory darwin itu memang salah,,yang menyatakan manusia berasal dari kera,sebab kalo memang manusia berasal dari kera,kenapa sampai sekarang kera masih ada dan tidak berubah jadi manusia aja gitu……???????

  121. ehmm, mas/mbak bunbun bun..
    saya menyangkal mengenai tanggapan anda.. pertama, saya mau mengatakan untuk berdebat agama dengan kenyataan tolong jangan diteguhkan x agamanya.. soalnya yang atheis” ini (termasuk saya) jadi kelimpungan menjelaskan kalau dihadangkan dengan tembok keangkuhan agama menolak selain dari agamanya..

    balik ke tanggapan ente, ada ibu yang melahirkan anak sama persis (100% tanpa beda)? tak disangka dianyal kita adalah apa yang kita makan.. kalau lah ada 100% mirip fisik (saya rasa tidak mungkin) pasti secara pemikiran berbeda, dari pemikiran berbeda saja sudah bisa dibedakan.. misalnya anak 1 lebih nakal (saya lebih suka menyebut cerdik) karena mungkin ibunya lebih sayang ke anak yang satu lagi (makin cerdik lah anak itu)..

    lalu, kenapa ada orang yang berbeda didunia ini, misalnya orang amerika berbadan lebih tegap dari orang indonesia? karena proses seleksi alam.. orang eropa hidup dialam bermusim dingin yang MEMAKSA mereka lebih giat mencari makan.. lain halnya dengan orang indonesia yang berlimpah ruah makanan..

    ke pokok pertanyaan, kalo dari kera.. kenapa skrg ada juga kera dan dah ada yang jadi manusia..
    jawabannya, kera anaknya kera1,kera2,kera3 dst.. berpisahlah mereka sisodara” ini.. sebagian ketempat yang susah dan sebagian ketempat yang mudah.. (coba anda sendiri mau merasa lapar?) ya begitu juga kera yang di tempat susah.. dengan sangat lambat” kualitas otak itu mulai diasah.. lalu itu cuma masalah makanan utk kelangsungan hidup doank.. belum lagi seiring perkembangan pikiran kera, muncul masalah lain misalnya eksistensi kera terhadap kera lain (politik”) dalam hal memperebutkan wanita kekuasaan gitu.. makin lama makin komplek terus masalah yang dihadapi kera ditmpt susah makin terus pula berkembang otak mereka.. berbeda dengan kelompok kera di tmpt mudah.. mungkin cuma dipohon” makani kutu” kawannya.. sedangkan kera ditmpt susah sudah mulai berpikir buat rumah diatas pohon.. Dansebagainya.. dan dengan teori asal mula NEGARA bahwa manusia” berkumpul mendirikan kumpulan karena menghindari sergapan binatang buas.. beda dengan daerah yang tidak berbinatang buas (mereka pasti tidak tahu bagaimana buat kumpulan diatas gunung menghindari sergapan binatang buas) jikalau sampai tahap itu juga mereka sudah kalah jalan sama yang duluan tadi.. gitu loch^^..

  122. menurut ane sih nabi adam dan manusia purba itu, hidupnya sama-sama eranya, jadi klo dibilang manusia purba dulu baru nabi adam turun kebumi itu salah banget, manusia purba itu juga manusia dong bro, klo dari artikel diatas cendrung ente nulis manusia purba itu manusia yang belum sempurna dan manusia yang sempurna itu nabi adam, ente buat artikel engga ada landasan teorinya bro. artikel apaan tuh. coba loh browsing fosil2 manusia-manusia purba rata2 ditemukan jauh lokasinya dari turunnya nabi adam. perkembangan manusia yang benar pada saat itu masih disekitar dunia arab serta mesir. jadi sentralisasi kehidupan manusia yang benar pada jaman dulu masih disekitar itu aja. sedangkan manusia purba ditemukan ada yang di cina, bahwkan ada yang di indonesia. jadi menurut ane manusia purba itu bukannlah manusia, mereka itu sejenis kera. bingung bingung loh! he he he

  123. menurut saya.lebih baik berpegang teguh ma kepercayaaan kita masing2.untukku agamaku dan untukmu agamamu.yakini low memang itu kalian anggap benar,gak perlu diperdebatkan.kita semua kan hanya menunggu datangnya kematian

  124. ada perbedaan antara “al-insan” (manusia secara fisik dan akal) dan “al-basyar” (manusia secara fisik saja). Adam dikenal sebagai “abul insan” (bapak manusia) bukan “abul basyar”. basyar diciptakan oleh Allah sebelum Adam yang berupa manusia purba. mereka berbentuk dan berfikir seperti kera yang lama kelamaan berefolusi menjadi manusia yang berjalan tegak. setelah itu ditiupkanlah “ruh” (akal bukan nyawa) oleh Allah kepada orang yang berjalan tegak tersebut yang selajutnya disebut sebagai Adam.
    jadi adam diciptakan di “jannah” (kebun yang rindang di bumi ini), bukan “jannah” yang berarti surga di akhirat kelak.

  125. Fakta yg membuktikan bahwa teori darwin salah yaitu ketika akhir hayat Charles Darwin mengatakan bahwa semua teori yg telah ia kemukakan masih ia ragukan sendiri yg berbunyi “Hal Missillin” artinya hal ragu-ragu….

    Itu menunjukkan bahwa teori yg ia telah kemukakan ia pun masih meragukannya..

  126. PTD : Jadi anda sependapat manusia dan kera berasal dari moyang yang sama?
    PPP : Iya
    PTD : Hmm… berarti anda saudaranya kera dong?
    PPP : Kalo begitu anda mengaku saudaranya tanah lumpur donk ?
    PTD : Wah, rugi saya.. mending ikutan dukung teori Darwin deh….

    Hehehe….

  127. Masalah teori Darwin jangan terlalu diributkan. yang penting kita pahami bersama. yang maha tahu hanyalah Tuhan semata. lagipula buat apa diributkan. yang penting kita menyadari bahwa kita ini keturunan Adam, sebagai cikal bakal nenek moyang kita. kita pelajari dan pahami kitab suci agama kita masing-masing. beribadahlah sesuai dengan yang telah digariskan dalam kitab suci agama kita. sebagai orang yang beragama kita jangan hanya mengenal dan mengenai sesuatu berdasarkan ” KONON”.tanpa kita mempelajari dan mempelajari lebih mendalam dari sumber ilahi yang mutlak yang up to date bukan hasil karangan dan khayalan manusia. tapi kita pahami dan pelajari kitab suci kita masing-masing. Kita boleh dikatakan umat yang beragama tapi kenyataannya perbuatan kita jauh dari ajaran agama kita….. damai itu indah Lho.

  128. ikut nimbrung lagi nich. pada awalnya Tuhan sebelumnya menciptakan dan manempatkan terlebih dahulu di muka bumi manusia purba dan binatang-binatang purba sebelum Adam diturunkan ke bumi. dan awal diturunkannya Adam ke bumi. manusia dan binatang purba tadi sudah musnah akibat ada meletusnya gunung es sehingga mahkluk tadi tertimbun tanah termasuk pohon-pohon purba dan yang akhir perkembangannya berbentuk fosil. jadi jelaslah manusia purba yang berdasarkan teori Darwin bukanlah Adam sebagai manusia pertama kita…. . Kalo saya mengalami awal kejadian bumi mungkin tahu pasti yang sebenarnya…..hanya tuhanlah yang maha tahu.

  129. AGAMA KRISTEN BUKAN AJARAN YESUS
    Oleh : Julius Agustinus

    Salam sejahtera , semoga kita mendapat kasih Allah.
    Shalom,
    Penulis sengaja membuat pernyataan ini yang ditujukan kepada sesama kita sebagai umat kristiani, agar dapat merenungkan kembali prilaku, perbuatan kita dalam kehidupan sehari-hari supaya tidak menyimpang dari ajaran yang dibawa Yesus Kristus yang sebenarnya.
    Penulisan tulisan ini tidak bermaksud merendahkan, menghina ataupun menyepelekan agama kita Kristen (umat kristiani), akan tetapi merupakan sebagai bahan pencerahan untuk “menguak tabir Kebenaran” yang sebenarnya , bagaimanakah konsekuensi ajaran Kristiani yang kita anut sekarang dengan Al-Kitab yang dibawa Yesus Kristus.
    Kita sebagai manusia harus menyadari, bahwa hidup kita di dunia ini tidak akan lama ,tentu akan mengalami kematian. Kematian kita kelak nanti, apakah kita akan masuk ke surga atau ke neraka? Pertanyaan itu harus kita jawab dari sekarang, selagi kita masih hidup.
    Sebagai seorang kristiani yang mengimani Yesus Kristus sebagai juru selamat, yang patut kita anut ajarannya yang menuju kerajaan Allah di Surga nanti. Namun yang perlu kita perhatikan dan kita cermati. Apakah ajaran agama kita sakarang (agama Kristiani/Kristen) telah sesuai atau tidak sesuai dengan ajaran yang dibawa oleh Sang Juru selamat kita Yesus Kristus dahulu ?
    Untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah kita harus berpijak pada ayat-ayat yang tercantum dan tersirat dalam Al Kitab yang harus kita pelajari dan pahami secara seksama.
    Pada agama Kita (Kristen) menganggap bahwa Yesus Kristus itu sebagai tuhan yang harus kita sembah. Ternyata kalau kita perhatikan Seperti dalam Ulangan 6 ayat 4 berbunyi :
    4“ Dengarlah, hai orang Israil : Tuhan Allah Kita, TUHAN itu esa.
    Kemudian Yesaya 45 : 5 – 6 berbunyi :
    5 Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain :
    Kecuali Aku tidak ada Allah.
    Aku telah mempersenjatai engkau,
    Sekalipun engkau tidak mengenal Aku,
    6 Supaya orang tahu demi terbitnya
    Matahari.
    Sampai terbenamkanya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku.
    Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain,

    Kemudian menurut Injil Matius pasal 12 ayat 28 s.d 29 berbunyi :
    Sewaktu orang Saduki bertanya kepada Yesus. “Hukum mana yang paling utama……….. dengarkanlah hai orang Israel bahwasannya tuhan Allah kita tuhan itu esa……
    Kasihanilah tuhan Allahmu dengan segenap… Kasihanilah sauadaramu seperti dirimu sendiri “tepat sekali perkataannmu itu guru “ (dari kalimat ini tidak menyebut Tuhan, tapi Guru, dan tidak mengatakan tuhan Allah saya itu esa. Tapi mengatakan tuhan Allah kita itu esa, ( kata kita berarti yang ditanya dan yang bertanya sama –sama sebagai manusia, bukan yang ditanya sebagai tuhan).
    Dari untaian ayat-ayat tersebut jelaslah tidak ada pernyataan Yesus yang menyatakan dirinya Tuhan, atau ketuhanan Yesus. Tidak ada satu pernyataan /ayat pernyataan yesus yang menyatakan : “ Sembahlah Aku kata Yesus, sama sekali tidak ada. Coba kita cari di AlKitab manapun tidak ada, apakah Matius, Yohanes, Lukas maupun yang lain. Yang ada hanyalah ketuhanan kepada Allah semata . jadi jelas lah bahwa ajaran yang kita laksanakan sekarang dalam kehidupan sehari-hari sangatlah tidak sesuai dengan yang tersirat di Al- Kitab kita.
    Kemudian kalau kita perhatikan dikalangan orang kita sebagai umat kristiani. Khitan (Sunat) untuk laki-laki tidaklah dilakukan oleh umat kita kristiani. hal ini bertentangan dengan Alkitab. Perhatian kitab Kejadian 17 : 1 dan 14 yang berbunyi sebagai berikut :
    1“ ketika Abram berumur Sembilan puluh
    Sembilan tahun, maka TUHAN
    menampakkan diri kepada Abram
    dan berkata kepadanya : “ Akulah Allah
    yang maha kuasa, hiduplah dihadapan-Ku
    dengan tidak bercela-cela Aku akan mengadakan
    perjanjian antara Aku dan engkau,
    dan Aku membuat engkau lebih banyak…….

    14 dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki
    yang tidak dikerat kulit khitannya, maka
    orang itu harus dilenyapkan dari antara
    orang-orang sebangsanya :
    ia telah mengingkari perjanjian-Ku.

    Disamping ayat tersebut di atas . kalau kita perhatikan juga dalam Al Kitab : Ishaq, Zakaria setelah 8 hari dilahirkan disunat, begitu juga Yesus di sunat. Kenapa kita sebagai umatnya tidak disunat. Sungguh ironis sekali. Hal ini pun bertentangan dengan Galiat ayat 2 dan 6, yang berbunyi :
    2“ Sesungguhnya aku, paulus, berkata kepadamu, jikalau kamu menyunatkan dirimu, kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu “.

    6“Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai suatu arti,hanya iman yang bekerja untuk kasih.

    Ini jelas sekali bahwa ajaran yang dipakai di gereja saat ini, bukanlah merupakan ajaran Yesus dahulu, tetapi merupakan ajaran Paulus yang kita laksanakan sebagai umat kristiani sekarang. Gimana kita akan sampai ke kerajaan Allah (Surga) yang dibawa Yesus kita? sementara ajaran yang kita laksanakannya adalah bukan ajarannya (ajaran Yesus), melainkan ajaran Paulus yang kita pakai.
    Perhatikan lagi oleh kita pula Yesus, sebagai contoh atau parameter kita baik sikapnya, perilakunya, kesehariannya dan juga karakternya perlu ditiru dan dicontoh oleh kita terutama para bapak Pendeta kita, missal : Yesus wajahnya berjambang dan berjanggut sementara kita lihat dan perhatikan Para Pendeta kita jarang yang berjanggut , tidak meniru juru selamat Yesus kita. Sungguh ironis, aneh sekali bukan?
    Kemudian ketika ceramah atau berkhotbah, kalimat-kalimat yang dilontarkannya banyak tidak disertai bunyi ayat-ayat yang ada dalam Al-Kitab, tetapi hanya yang dilontarkan dan yang dibahas seputar kasih Allah dan kasih Allah dan penuh kasih dan kasih. sungguh membosankan.

    Kemudian kita perhatikan lagi, Saudara kita umat Kristen Katolik di tempat ibadahnya (gereja) banyak sekali dijumpai patung/ berhala seperti patung bunda Maria, Patung Yesus atau patung salib yesus di gereja-gereja yang lain. Sesekali kita bersujud pada patung Yesus atau patung Bunda Maria dalam hal permohonan/pengampunan penghapusan dosa. Dan Penebusan dosapun dilakukan dan diwakilkan kepada manusia (Pendeta). Jangankan bersujud kepada patung, membuat patung saja sudah benar-benar dilarang oleh tuhan. Hal ini pun sangat bertentangan dengan Al-kitab. Kita lihat Kitab Keluaran 20 ayat 4 dan 5 sebagai berikut :
    4” Jangan membuat patung yang, menyerupai
    apa pun yang ada di langit di atas, atau
    apa yang ada di bumi di bawah, atau
    yang ada di dalam air dibawah bumi”.

    5” Jangan sujud menyembah kepadanya
    Atau beribadah kepadanya, sebab Aku,
    TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cem-
    buru, yang membalas kesalahan bapa
    kepada anak-anaknya, kepada keturunan
    yang ketiga dan keempat dari
    orang-orang yang membenci Aku”.

    Kemudian kalau kita perhatikan juga ibadah kita di gereja ,arah menghadap gereja-gereja kita tidak mempunyai arah , ataupun kerabat kita yang meninggal disemayamkan tidak punya arah/ bait (Baithel) yang semestinya dan berbeda arah alias tidak sama . hal ini pun sangat bertentangan dengan Alkitab. Coba perhatikan lagi Mazmur 5 ayat 8 yang berbunyi sebagai berikut :
    8” Tetapi Aku, berkat kasih setia-Mu yang besar,
    Aku akan masuk ke dalam rumah-Mu
    Sujud menyembah ke arah bait-Mu
    Yang kudus

    Kemudian Mazmur 138 ayat 2 :
    2” Aku hendak sujud kea rah bait-Mu
    Yang kudus.
    Kitapun sebagai umat kristiani dibingungkan juga dengan ajaran agama kita, yang menyatakan perihal keselamatan, bahwa keselamatan mutlak diperlukan oleh setiap orang dengan cara penebusan dosa oleh Yesus Kristus di tiang salib, menurut dokrin Kristen (Gereja) satu-satunya keselamatan adalah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat Penebus dosa, yang diartikan bahwa apapun segala perbuatan kita, betapapun besarnya dosa yang kita perbuat sesuai dengan keinginan kita. Tetap kita ini akan selamat karena dosa kita sudah ditebus oleh juru selamat kita Yesus Kristus di tiang salib.kita berbuat seperti binatangpun, memperkosa sekalipun, kita sering membunuh baik ke sesama kita sendiri, lebih lagi kepada yang lain (umat agama lain) menurut gereja diperkenankan dan diperbolehkan karena sudah ada jaminan masuk surga dari Yesus Kristus sebagai Juru selamat.

    Ibadah kita cukup saja melantunkan pujian pada tuhan digereja sesuai dengan keinginanan kita tanpa adanya tuntunan yang seharusnya dalam AlKitab.. Hal ini sangatlah bertentangan dengan ibadah/berdoa yang dilakukan Yesus Kristus. Coba kita perhatikan Matius 26 : 39) . dalam berdoa, tak jarang Yesus melakukannya dalam posisi bersujud “ maka yesus maju sedikit, lalu sujud dan berdoa. Katanya : “ Ya Bapaku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari padaku, tetapi janganlah seperti yang kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki “.

    Tetapi kenyataannya sangatlah ironis sekali, dalam iman Kristiani, menurut Paulus, seseorang dibenarkan hanya karena iman kepada Yesus Kristus saja. Sedangkan melakukan amal dan hukum Taurat (masa itu) tidak dibenarkan. Jadi cukup dengan iman saja. “ Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh kepada iman dalam Kristus Yesus, sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat”. (Galatia 2 : 16). Cukup dengan mengimani Yesus sebagai tuhan, apapun segala perbuatan dosa yang kita lakukan, kita tetap sebagai penghuni surga tidak akan mengalami masuk neraka. Sungguh aneh bukan. Apa sih fungsi dari agama kita?, kalau toh perilaku kita sebebas yang kita lakukan. Sungguh membingingkan bukan?
    Jika ajaran kita umat kristiani yang mengatakan bahwa doa dan amal shalih tidak bisa mendatangkan ampunan tuhan, kenapa Yesus dan para nabi sebelumnya beramal shalih, bersujud dan berdoa minta ampun kepada tuhan? Kenyataan ini membuktikan bahwa dokrin agama kita (Kristen) itu sangat bertentangan dengan kitab suci kita (AlKitab), terlebih lagi, dalam Yakobus 2 : 20 disebutkan, bahwa “iman tanpa perbuatan (amal shalih) adalah iman yang kosong “.

    Kita sebagai bangsa-bangsa di dunia. Seperti halnya kita sebagai bangsa Indonesia, Malaysia, Philipina, Cina. apakah ajaran kristiani yang dibawa oleh Yesus Kristus yang kita anut ini. Apakah diperuntukkan untuk kita atau bukan ?
    Coba kita perhatikan Matius 10 ayat 5 dan 6
    5” kedua belas murid itu diutus oleh
    Yesus dan ia berpesan kepada mereka :
    “ janganlah kamu menyimpang ke jalan
    Bangsa lain atau masuk ke dalam kota
    Orang Samaria,
    6 melainkan pergilah ke
    Pada domba-domba yang
    hilang dari umat Israel.

    Perhatikan lagi Matius 15 ayat 24
    24” Jawab Yesus : “ Aku diutus hanya kepada domba-domba
    yang hilang dari umat Israel”.

    Kemudian Kisah para Rasul 13 ayat 23 menyatakan :
    23 Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikannnya, Allah telah membangkitkan juru selamat bagi orang Israel, yaitu Yesus.

    Dari bunyi ayat-ayat tersebut di atas jelaslah bahwa sebenarnya kita sebagai bangsa/umat selain Israel tidak tersentuh atau dengan kata lain ajaran kristiani yang dibawa Yesus kristus bukanlah diperuntukkan untuk kita sebagai bangsa Indonesia, Cina atau bangsa lain, tetapi ajaran Yesus dala hal ini agama Kristiani hanya diperuntukkan untuk bangsa Israel saja.
    Kitapun sebagai umat kristiani juga dibingungkan dengan hari peribadatan kita/ hari kebaktian di gereja yang selalu dilaksanakan pada hari Minggu, padahal tidak ada satu ayatpun dalam AlKitab (Bible) yang menyatakan ibadah kita hari Minggu, yang ada hanyalah hari sabbat (Sabtu). Ini juga menjadi polemic bagi kita sebagai umat kristiani. Selain itu pula ketika Yesus meninggal, demikian juga dengan murid-muridnya dalam pengurusan jenazahnya ketika meninggal, memakai kain kaffan dan tidak memakai peti mati (peti jenazah). Tapi kenyataannya kalau kita perhatikan sekarang, kenapa kita umat kristiani sewaktu umat kita meninggal, pengurusan jenazahnya memakai pakaian pesta, Jas, sepatu dll dan memakai peti mati. Apakah ini juga sesuai dengan ajaran Yesus? Tentu tidak.
    Demikian juga menyangkut masalah babi/babi hutan dan minuman keras yang berdasarkan Al kitab diharamkan (tidak boleh dimakan) oleh umat kita. Tetapi kenyataannya babi/babi hutan ataupun minuman keras yang sangat memabukkan, selalu dihidangkan setiap ada acara keagamaan baik itu Misa, ataupun Natal, bahkan dijadikan santapan dalam kehidupan sehari-hari oleh umat kita. Coba kita perhatikan salah satu ayat yang menyangkut daging babi yang diharamkan dimakan perhatikan Imamat 11 ayat 7 :
    7” Demikian juga babi *(babi hutan)*, karena memang
    berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang tetapi
    tidak memamah biak, haram itu bagimu”.

    Ket :*sebagian Alkitab yang diterbitkan Lembaga Al Kitab Indonesia (LAI) ada yang memberikan terjemahan kata “ daging babi” (terbitan tahun 1960 dan 1994) dan sebagian lagi ada yang memberikan terjemahan dengan kata” babi hutan” (tahun 1976). Isi Al-kitabpun selalau berubaha-ubah setiap adanya penerbitan yang baru.
    Kemudian muncul lagi pertanyaan lagi bagi kita sebagai umat kristiani yang konon mempercayai yesus kristus sebagai tuhan. Timbul suatau Pertanyaan :
    Sejak Kapan Yesus Kristus menjadi tuhan?
    Sejak lahir beliau tidak jadi tuhan, sewaktu kanak-kanak, sejak remaja, dewasa bahkan sekalipun menjelang wafatpun tidak menjadi tuhan, murid-muridnyapun tidak menyebut tuhan. Dan ketika hidupnya beliau tidak menyatakan dirinya tuhan. Tetapi kenapa setelah beliau (Yesus) meninggal. Seketika itu pula Paulus dan kawan-kawan menyebut Yesus sebagai tuhan dan mendaulat Yesus sebagai TUHAN, sungguh aneh kan?. Bahkan yesus dikategorikan sebagai bagian dari Trinitas, Tri Tunggal diantara sederetan tuhan yang lain : Tuhan Bapak, dan Tuhan Roh Quddus.
    Sederetan pertanyaan sering kita lontarkan kepada para pendeta kita, baik ketika khotbah dalam acara Kebaktian tiap hari Minggu ataupun kegiatan keagamaan yang lain. Para Pendeta kita memberikan alasan yesus dianggap sebagai tuhan, jawaban/alasan yang dikemukakannya sebagai berikut :
    1. Lahirnya Yesus tidak punya ayah
    2. Yesus bisa menghidupkan orang mati.

    Kalau toh jawabannya seperti itu? Kenapa Nabi Adam tidak dijadikan tuhan saja oleh pihak gereja saja seperti halnya Yesus. Apalagi Nabi Adam lebih dari Yesus yaitu, beliau tidak punya ayah dan juga tidak punya ibu. Atau bila perlu Nabi Elisa pihak gereja jadikan tuhan karena sesuai dengan Kitab dua Raja-raja ayat 20-21, yang menyatakan bahwa nabi Elisa bisa menghidupkan orang mati, padahal nabi Elisa sendiri sudah menjadi tulang-belulang alias sudah meninggal. Coba kita simak ayatnya :

    20 “Sesungguhnya itu masalah Elisa,
    lalu ia dikuburkan. Adapun gerombolan Moab
    sering memasuki negeri itu pada pergantian tahun.
    21 pada suatu kali orang sedang
    mengubur mayat. Ketika mereka
    melihat gerombolan datang dicampakkan
    merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu
    mereka pergi. Dan demi mayat itu kena
    kepada tulang-tulang Elisa, maka
    hiduplah ia kembali dan bangun sendiri.
    Jawaban yang lain yang sering dijawab oleh Bapak Pendeta kita mengenai ketuhanan yesus yaitu selalu berpedoman pada Injil Yohanes (injil Al Kitab yang memuat banyak ungkapan Paulus) pasal 1 ayat 1 yang berbunyi :
    1“ Pada mulanya adalah firman; firman itu bersama-
    sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah”.

    Kemudian Yohanes pasal 10 ayat 30
    “ Yesus berkata : Aku dan Bapa adalah satu.
    Berdasarkan ayat tersebut bahwa yesus sebelum lahirpun sudah berbentuk firman dan Yesus adalah tuhan yang berbentuk berwujud manusia kata pendeta kita.
    Dilihat dari konteks kalimat Yohanes pasal 1 ayat 1 pun konstruksi ayatnya pun rancu/janggal. Pada mulanya berpisah, kemudian bersama-sama dan akhirnya bersatu. Apakah mungkin seperti itu? Diibaratkan pada mulanya adalah Yesus , Yesus itu bersama-sama dengan Allah dan Yesus itu adalah Allah. Atau dengan kata lain. Pada mulanya adalah sendok; sendok itu bersama-sama dengan saya, dan sendok itu adalah saya.Gak masuk akal kah ?(tidak rasional).
    Kalau toh memang sudah menyatu diri Yesus dengan tuhannya. Kenapa pada waktu yesus berada di kayu salib Ibrani 5:7 ; “ Eloi-eloi lak tabak sani “. menunjuk secara khusus pada doa Yesus ketika berada di kayu salib. Dia berkata: “Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” (Markus 15:34)
    Pada waktu memanggil : “ tuhanku-tuhanku “ saat itu, ketuhanan Yesusnya sedang ke mana?, malah memanggil-manggil tuhan yang lain. Sungguh tak dapat dimengerti.
    Yesus pun kalau toh memang beliau sebagai tuhan, tentunya akan mengetahui kapan terjadinya hari Qiamat. Ternyata Yesus tidak tahu kapan Qiamat itu terjadi. Coba kita perhatikan Injil Matius 24, 25 ayat 36
    36 “Tetapi tentang hari Qiamat dan saat itu
    tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di
    Surga tidak, dan anak pun tidak. Hanya Bapa Sendiri”.

    Kemudian perhatikan lagi Yohanes 5 ayat 30
    30 “Aku Tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendiri; aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus aku”.

    Jadi jelaslah Yesus itu bukanlah tuhan yang selama ini kita anggap sebagai Tuhan. Tetapi Yesus adalah hanya sebagai utusan (Rasul) Allah. Yang tidak berkehendak sendiri (berkehendak = sifat tuhan) melainkan kehendak Allah
    Berdasarkan uraian tersebut kita pun sebagai umat kristiani perlu mengkaji dan memahami AlKitab kita dengan sepenuh hati. Jangan sampai kita terjebak dalam melakukan atau melaksanakan ajaran agama kita, dalam peribadatan kita tidak sesuai dengan yang telah digariskan dalam AlKitab yang dibawa oleh juru selamat Yesus Kristus, malahan ajaran yang kita laksanakan adalah ajaran Paulus yang berdasarkan kemauan paulus sendiri setelah Yesus meninggal, dan setiap kali pergantian paulus pasti ganti juga ajarannya & aturan2nya.. (Sungguh membingungkan!!!!)
    Dan perlu diketahui oleh kita, bahwa dalam perkembangannya setelah terjadinya penyaliban Yesus. Muncul salah satunya kaum yang bukan bangsa Israel dan mereka juga tidak menganut agama Yahudi. Mereka ini disebut dengan Goyyin/Gentile. Umumnya kaum ini berasal dari Romawi dan daerah lain. Mereka memuja berhala atau banyak tuhan, salah satunya penyembahan terhadap anak dewa matahari yang biasanya dilakukan upacara penyembahannya setiap hari Minggu (Sunday, Sun = matahari, day = hari). Dan kaum ini biasa disebut kaum Pagan.
    Dalam perkembangannya muncul seorang bernama Paulus. Dialah yang mengubah keyakinan yang dibawa Yesus dengan wajah baru yang sama sekali berbeda dengan keyakinan aslinya. Ironisnya keyakinan inilah yang diikuti hingga detik ini oleh umat Kristen sekarang. Inipun dapat kita perhatikan di Bethlehem Timur Tengah sebagai tempat Yesus dilahirkan dan awal perkembangan ajaran Yesus , tapi kenapa Vatikan(Roma) menjadi Pusatnya. Kemudian Pohon Natal (pohon Pinus) dijadikan sebagai symbol keagamaan Kristiani. tidak tanaman lain yang hidup di timur tengah misalnya tanaman Kurma dan tanaman lain. ( Pohon pinus tidak dapat hidup di daerah panas (Timur tengah) tapi dapat hidup di daerah sejuk).
    Paulus nama aslinya adalah Saul, lahir di Tarsus (Turki) dan kra-kira 2 tahun sebelum Masehi, karena Yesus lahir kira-kira tahun 6 sebelum Masehi, maka Paulus kira-kira berusia 8 tahun lebih muda daripada Yesus. Ayah Paulus berasal dari Suku Benyamin salah satu suku dari 12 suku Bani Israel. Saat itu di kota Tarsus terdapat sebuah perguruan Yunani, sejumlah kuil dewa-dewi, gedung komedi, dan tempat-tempat hiburan lainnya yang sangat digemari oleh orang-orang Yunani. Sejak muda Paulus sangat tertarik pada kebudayaan Yunani terutama filsafatnya. Pada dirinya terkumpul dua pengaruh, hokum Taurat dan filsafat Yunani.
    Secara formal Paulus juga berguru pada Gamalil, seorang pendeta Yahudi yang amat terkenal di Yerusalem. Persinggungan pengaruh filsafat Yunani terhadap agama Yahudi di masa itu adalah hal yang umum. Aliran filsafat Yunani yang amat berpengaruh ketika itu adalah aliran Stoa yang pantheistic menganggap Tuhan dan mahluk merupaka suatu kesatuan yang sama dzatnya dan dan hanya berbeda dalam penglihatan bentuk. Pencampuran antara ajaran filsafat Stoa dengan ajaran agama Yahudi terdapat pada Filosof Yahudi ; Philo. Ia menganggap logos dari Stoa sebagai semacam malaikat yang tertinggi alias Roh Kudus. Philo hidup semasa dengan kehidupan Yesus dan Paulus.
    Paulus bukanlah orang Betlehem (Kota kelahiran Yesus) atau orang sekte Nazarene/Nazorite dan bukan pula orang Yerusalem. Ia tidak pernah berhubungan dengan lingkungan Yesus. Dia bukanlah murid Yesus, juga bukan pula pengikutnya.
    Malah Al Kitab/Bible sendiri mencatat Paulus merupakan musuh pengikut-pengikut Yesus dan ia bertindak sangat kejam sekali kepada mereka. Paulus matinya tidak pernah menikah karena kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan.hal inipun dijadikan ukuran para pendeta Kristen untuk tidak menikah alias bujangan.
    Paulus menyatakan diri sebagai Rasul Yesus. Dia menemui para murid Yesus, mengetahui kelebihan, kelemahan dan kekuatan pengaruhnya. Dia memulai rencananya dengan menyebarkan ajarannya kepada orang-orang non Yahudi. Karena merasa mendapat kemajuan , dia mencurahkan seluruh kemampuannya dan berhasil mendapatkan pengikut dalam jumlah besar. Ia memasukkan ide-ide filsafat Yunani ke dalam ajaran Yesus yang didapatkannya dari murid Yesus
    Marilah kita semua sebagai umat kristiani, untuk lebih memahami AlKitab kita, laksanakan ajaran Yesus sang juru Selamat kita dengan sepenuh hati.
    jangan sampai kita menjadi umat kristiani abangan atau sebagai umat kristiani turunan yang hanya sebagai umat kristiani ikut-ikutan, tidak mempelajari dan memahami dan juga melaksanakan ajaran AlKitab yang dibawa Yesus Kristus yang sebenarnya. amin
    Inilah sebagai bahan renungan kita semua sebagai umat kristiani amin haleluya. *******

  130. dijelaskan dalam surat al-baqarah ayat 65 yang berbunyi

    وَ لَقَدْ عَلِمْتُمُ الَّذِيْنَ اعْتَدَوْا مِنْكُمْ فِي السَّبْتِ فَقُلْنَا لَهُمْ كُوْنُوْا قِرَدَةً خَاسِئِيْنَ
    Dan sesungguhnya telah Kami ketahui orang-orang yang me¬langgar perintah pada hari Sabtu, maka Kami firmankan : Jadilah kamu kera-kera yang dibenci !

    dan dalam surat al-mai’dah ayat 60

    قُلْ هَلْ أُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِنْ ذَلِكَ مَثُوبَةً عِنْدَ اللَّهِ مَنْ لَعَنَهُ اللَّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ أُولَئِكَ شَرٌّ مَكَانًا وَأَضَلُّ عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ
    Katakanlah: “Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu di sisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?” Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus

    jadi jelas bahwa teori darwin itu salah… apa situ mau klo dibilang keturunan kera???

  131. Salam

    ijin menuangkan pikiran…

    Peratama-tama kita harus mendefinisikan dulu arti kata SEMPURNA, maksudnya sempurna menurut sapa? sempurna pada kondisi apa? sempurna pada saat kapan?

    contoh :
    ketika manusia berada di dalam air, apakah bisa manusia dikatakan sempurna? untuk bernafas aja gk bisa, berarti lebih sempurna IKAN dong ketika di air.

    Menurut pemikiran “dangkal”:
    manusia sempurna adalah, memiliki tangan, kaki kepala badan yg lengkap, organ tubuh yg lengkap, kulit halus + mulus (tidak berbulu seperti kera).

    logika saya :
    1. megantropus tingginya sekitar 3m, berikut phitecanthropus lebih pendek lagi kemudian homo lebih pendek lagi. sedangkan nabi Adam As. tingginya puluhan meter < kesimpulannya nabi adam jauh sudah ada sebelum megantropus.
    2. kaitannya dengan alam…secara alami, mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya. seperti yg kita ketahui semua, keadaan bumi jutaan tahun yg lalu itu tidak sama dengan sekarang ini…baik dari suhu, kelembaban, cara hidup dll. maka dari itu bentuk dr masing2 mahluk hidup dalam hal ini manusia purba berkembang sesuai dengan alam sekitarnya. Begitu pula Nabi ADAM yang hidup di bumi pada saat itu bahkan sebelum meganthropus.
    3. tidak mungkin dalam suhu bumi yang sangat panas pada saat itu atau sangat dingin, tuhan menciptakan manusia dengan kulit yang tipis seperti manusia saat ini.. emangnya Tuhan bodoh apa??? Tuhan tau apa yg ia ciptakan tau kebutuhan mahluknya. maka dia menciptakan Adam sebagai manusia yang SEMPURNA pada ZAMAN ITU…!!!
    4. bukan berarti berbentuk serupa dengan kera itu tidak disebut sempurna. memiliki kulit yg tebal, badan yang tinggi besar, berbulu lebat. itu MEMANG DIBUTUHKAN PADA ZAMAN ITU…

    Kesimpulannya : menurut saya…Nabi Adam memang manusia yang sempurna, tapi tidak berbentuk seperti manusia sekarang, mungkin juga "MENYERUPAI" kera, tapi "BUKAN KERA".

    Lanjut Gan!!

  132. Boleh-boleh saja mereka itu MENGAKUI bahwa sesungguhnya mereka-mereka KETURUNAN ASLI KERA,, jadi wajar kalau sifat mereka mendekati/sama dengan sifatnya KERA.

  133. Aku dah baca Kitab2 Agama Samawi dan kesimpulanku dari Kitab Suci tsb jelas bhw Manusia adalah ciptaan yg terakhir yg diciptakan dari tanah dan manusia pertama itu adalah ADAM. Sebelum menciptakan Manusia, Tuhan sdh menciptakan tumbuh2an dan hewan termasuk kera. Jadi menurut Kitab Suci bhw Manusia bukan berasal dari kera.

    Sayangnya apa yg tertulis dlm Kitab Suci tsb hrs dipercayai sbg yg paling benar tanpa perlu dibuktikan secara ilmiah. akibatnya bila ada penemuan ilmiah yg tdk sesuai dgn Kitab Suci maka penemu tsb dicap sbg org kafir. Umat beragama menginginkan semua hsl penelitian ilmiah hrs sesuai dgn Kitab Suci. Menurut saya hal itu akn mengekang ilmu pengetahuan. Saya pribadi tetap mengnginkan para Ilmuan terus melakukan penelitian secara ilmian thd teori Darwin.

  134. trus apa untungnya kalau kita tahu nabi adam kayak kera atau tidak…………………………………………….

    toh pada jaman nabo musa aja bani israil ada yang di laknat jadi kera kan….

    yang jadi pertanyaan nya sekarang
    “kok manusia tidak mengalami evolusi lagi… padahal kan harusnya mengalami lagi dong…”

    juga mahluk lain ngga mengalami evolusi?????

    coba yang profesor jawab tuh

  135. Assalamua’alaikum Wr. Wb
    sebelumny saya minta maaf kl pendapat saya ini salah..
    saya seorang islam yg msh hrs banyak belajar jauh lbh dalam tentang agama saya.
    intiny, untuk diskusi mengenai teori darwin kalian bz baca buku Harun Yahya yg berjudul “RUNTUHNY TEORI EVOLUSI DALAM 20 PERTANYAAN”

    Dan semuanya kembali kepada iman seseorang..
    jika kita menyakini islam sebagai agama kita, mk pedoman hidup kita adalah Al-Qur’an yg isi Al-Qur’an tdk akan berubah smp akhr jaman.. di dlm AlQur’an tidak pernah ditulis kl manusia pertama Nabi Adam A.S terbentuk krn evolusi.

    Mohon maaf kl pernyataan saya ini salah..
    semoga Allah mengampunin kekhilafan saya..

  136. Nabi Adam adalah Nabi pertma dmika bumi ini, banyak dalil yang menjelaskan tentang itu, dan itu tidak bisa disanggah lagi, adapun masalah teori darwin itu sebenarnya benar,yang mereka teliti itu juga benar, permasalahannya begini, ketika pada zaman Nabi ada kaum Nabi yang dikutuk oleh Allah menjadi kera karena kedurhakaannya kepada Nabi, mereka tidak mau beriman kepada Nabi, lalu Allah menurunkan balanya menjadikan kaum Nabi tersebut menjadi kera. setelah beberapa abad selanjutnya darwin menemukan fosil manusia yang sudah lama terkubur, ketika diteliti ternyata umur fosil itu sudah sekian abad lalu, dan dari situlah ia berpendapat bahwa manusia itu berasal dari kera, karena yang di temukan darwin adalah seorang manusia yang dikutuk Allah menjadi kera di zaman seorang Nabi. Namun dilain kesempatanpun ada para peneliti menemukan tengkorak manusia yang berukuran sangat besar. etelah diteliti ternyata itu benaran seorang manusia yang hidup pada abad silam.

  137. Teori darwin sudah pasti disalahkan…
    saya seorang santri yang mungkin mengetahui tentang teori dan sejarah islam sedikitnya…
    tapi, Allah sudah berfirman didalam Al-qur’an:
    ” laqod khalaknal insana fi ahsani taqwim “

  138. Setelah membaca saya tertarik untuk memberikan komentar tentang teori Darwin diatas. Saya seorang Muslim namun demikian karena ini tentang teori maka saya tidak akan mengait ngaitkannya dengan agama.

    Begini.. katakanlah wujud asli kera yang dalam kurun waktu yang cukup lama perlahan lahan berubah, berubah dan berubah hingga akhirnya berevolusi menjadi manusia, nah yang menjadi pertanyaan saya adalah kalau memang kera berevolusi kenapa berhenti sampai di manusia? kemudian kalau memang kera sudah menjadi manusia kenapa di zaman yang sudah modern ini masih aja ada kera ? ha ha ha….

  139. kita tak perlu berdebat.kita semua bersaudara.tak seorangpun yang tau siapa manusia pertama di dunia ini.hanya TUHAN yang tau.sebelum semua agama muncul di dunia ini manusia sudah menjadi manusia.marilah kita saling tolong-menolong antar sesama.TUHAN ada di hati setiap orang.

  140. Dari yang pernah saya pelajari di sebuah pondok pesantren, memang ada makhluk lain sebelum manusia yang pernah ada di bumi, namanya “banul jan” karena makhluk ini membuat kerusakan di muka bumi maka di musnahkan oleh Yang maha Pencipta….jadi manusia pertama tetep nabi Adam….dan tdk ada kesalahan sedikitpun dalam AlQuran.. gini aja…yang merasa keturunan kera silahkan…yang merasa keturunan nabi adam itulah manusia….

  141. Ping-balik: Balada [Mencoba] Blogging Kembali « Deathlock

  142. Beda sebenarnya, pak/mas ^^; Rasialisme yang ada di Darwinisme itu berbeda dengan teori evolusi. Itu gagasannya Herbert Spencer, bukan Charles Darwin.

    Teori evolusi itu teori biologi, ilmu alam, gagasan Charles Darwin. Sementara Darwinisme adalah filsafat sosial, bukan gagasan Darwin tapi orang lain. Jadi itu dua hal yang berbeda. :)

  143. saya setuju evolusi..tapi tidak setuju kalau nenek moyang manusia dan nenek moyang kera sama. setiap makhluk hidup di jagad raya ini punya nenek moyang sendiri2. Semuanya berawal dari makhluk satu sel yang berevolusi mengarah pada tujuanya masing2. Dan yang berevolusi kearah manusia tidak hanya satu tapi beberapa. Beberapa inilah yang menjadikan adanya ras manusia.Pemahaman ini atas dasar gabungan dari ayat -ayat yang ada dalam alquran :surat ali-imran ayat 59 dan ar-rum ayat 11, al-hujarat ayat 13 dan ai-insan ayat 2, an-nisa ayat 1, ar-rum 20 dan al-anbiya 30 dan al-hijr 26 dan nuh 17 dan yang terus berkembang kearah manusia. Manusia pertama adalah Adam dan yang kedua adalah hawa. Adam dan hawa adalah saudara kembar fraternal yang deterangkan dalam surat al-qiyamah ayat 36,37,38 dan 39. menurut sumpah Tuhan di surat at-tin 1,2,3,dan 4 juga at-tur 1,2,3 dan 4 Adam dan hawa terlahir di semenanjung sinai.

  144. kita fikir secara senang aja…klau mengikut teori lain Darwin spt mobil(kereta) asalnya adalah mobil kuda…mana bisa kereta kuda akhirnya jdi mobil mewah…logikkah ya??? klau gitu gemana kera mau bercakap klau IA SEMOYANG DGN KITa…..jdi kamu adik beradik nya kera.. huahuahuahua

  145. Lho, mbak atinah, mobil emang asalnya dari kereta kuda lho.. Mungkin bukan evolusi secara genetik seperti postingan diatas, tapi kan dulu orang menggunakan kereta kuda sebagai alat transportasi utama, dan setelah ada mobil, kereta kuda sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan.

    Lagipula, evolusi industri dan evolousi genetik itu dua hal yang beda jauh lho. Apa mbak mau disamakan dengan mesin?

  146. sekedar info buat yang berminat menambah wawasan silakan di copy judul ini di you tube, semoga bermanfaat.
    KERUNTUHAN TEORI EVOLUSI (Harun Yahya Indonesia).

  147. wah seru sekali disini sekalian aja nimbrung, sesuai dengan kekinian , nikan membahas asal usul manusia, menurut agan agan setuju nggak ada misingling di teori dawin dan ketemunya saat nabi adam dan kenapa nabi adam ada katanya sih ada bangsa Anunaki yang di rekayasa genetikkan dengan manusia gua, nah jadilah manusia sempurna pertama , namun masih dengan keterbatasan di antara keduanya , lebih baik dari manusia gua, namun tidak lebih dari anunaki, bangsa penghuni laner X, wah ini ter lalu jauh ya agan , ya sekedar mengasah otak aja gan.

  148. wah seru sekali disini sekalian aja nimbrung, sesuai dengan kekinian , nikan membahas asal usul manusia, menurut agan agan setuju nggak ada misingling di teori dawin dan ketemunya saat nabi adam dan kenapa nabi adam ada katanya sih ada bangsa Anunaki yang di rekayasa genetikkan dengan manusia gua, nah jadilah manusia sempurna pertama , namun masih dengan keterbatasan di antara keduanya , lebih baik dari manusia gua, namun tidak lebih dari anunaki, bangsa penghuni planet X, wah ini ter lalu jauh ya agan , ya sekedar mengasah otak aja gan.

  149. berarti yg percaya teori ini termasuk penulis artikel ini adalah anak turunnya kera..yg telah berevolusi menjadi darwin2 sekarang..OK. gitu aja kok repot

  150. pada hakekatnya kita gak tahu pasti asal usul kita dari mna…siapa kita..! sama seperti kita mengatakan bumi ini tua,…besar kecilnya jagat raya ini,….kalau sebesar , setua itu manusia belum mempunyai parameter untuk mengukurnya……tapi kalau menurut agama kita harus percaya,..jika kalau menurut ilmu pengetahuan segala sesuatu harus ada pembuktian………gini ja mungkin anak cucukita yg bisa membuktikan teori darwin dan agama…..menurut darwin kita tunggu aja sampai kapan lagi kita berevolusi kalau menurut agama tunggu aja hari kiamat….kalau sekarang menurut saya lebih baik kita sekarang percaya pada agama…..

  151. ngapain sih ngurusi masa lalu…kera kek manusia kek ,jin kek.genderuwo kek semua wes pokoke,,,,g bakalan tahu persis bagaimana jaman purba saat itu, karena toh g da yang tau persis kejadian asal mula…yach hanya berteori sih boleh2 saja….asal jangan bersikukuh pada satu teori saja kawan…..PIKIRKANLAH SEKARAN DAN MASA DEPANMU….APAKAH KAMU bisa dianggap MANUSIA SEMPURNA,SEJATI(seutuhnya)… ATO MANUSIA JADI2AN….ALIAS MONYET BERWAJAH SETAN!!!!!HAHAHAHAHAHAH

  152. saya ya begini entah itu dari kera atau apa aja ,saya ya saya dan anda adalah anda,ga perlu diperdebatkan.tapi aku suka pemikiran yang kritis dari PPP,pemikirannya luas,toh apa sih dasar yang di gunakan oleh kaum penentang teori darwin,apakah dasar mereka bisa di jadikan referensi yang akurat sesuai fakta,siapa yang berani menjaminnya,jangan hanya kata2nya saja.anda perlu fakta,bukan berdasar cerita aja,lalu apakah keyakinan yang anda dapat sekarang karena ikut2an,atau karena terlahir dari ortu,lalu secara otomatis mengikuti keyakinannya,pemikiran yang kritis itu baik,semua yang hidup punya kekuatan dan kelemahannya masing2.

  153. bagi DIRI saya ,saya tahu betul siapa saya….aku adalah manusia…manusia yang tetap manusia..karena aku berasal dari manusia…(karena orang tua dan kakek nenek dan moyangku pastinya manusia dong,,heheheh) yang memang diciptakan dan dikodaratkan sebagai manusia…dan bukan yang lain…tapi tidak masalah juga kok bagi teman2 yang merasa bukan keturunan manusia?…tpi teman2 setuju tidak dg “TEORI IMAM JAZULI” bahwa TINGKAH MANUSIA CENDERUNG BEREVOLUSI menjadi MONYET/KERA (HEWAN)….suka berdebat
    berebut..tapi gak mau kalah….dan maunya menang sendiri….kukuh pada sesuatu yang belum tentu benar….yach…istilahnya sekarang ini banyak…MONYET-MONYET berotak pintar…wkakakakakaakak…..wah omong2 saya ini juga mulai ketularan dan ikut ikutan BEREBUT KEBenaran…kayak monyet nich!!!!!!!

  154. saya masih ingin meneliti tentang teori ini yang menyatakan bahwa manusia berasal dari nenek moyong yang sma, baik kera atau semcamnya, namun sebenernya tu, bisa di bilang itu kera atau manusia ada yang tau ga standartnya seperti apa ? dari segi struktur,, atau psikologinya,, dan kira-kira ada yang tahu lebih detailnya kenapa pada zaman nazi , adolf hitler begitu percaya dengan teori ini dan di terapkan kepada ras2 arya ? jikalau selain dari ras tersebut atau ukuran tersebut maka akan di eutanasi atau wfat paksa,,,

  155. @ameliaavanti:
    Untuk buku, paling mendasar sih ya bukunya Darwin sendiri: On The Origin of Species. :)

    Kalo antara kera modern dan manusia modern, saya pikir perbedaannya cukup mencolok, ‘kan? :? Jarang ada yang kebingungan membedakan antara manusia dengan simpanse (yang gennya paling mirip dengan manusia). Tapi mungkin ini bisa jadi bacaan singkat: http://www.cs.unc.edu/~plaisted/ce/apes.html

    Nah soal Adolf Hitler.

    “Euthanasia” yang diterapkan oleh Jerman NAZI pada masa itu sebetulnya bukan teori evolusi (atau “teori Darwin”, seperti yang disebut sebagian orang) yang dibahas di sini. Teori evolusi adalah teori ilmu alam. Yang diadaptasi NAZI pada masa itu adalah “tafsiran” tentang teori evolusi, yang disebut social Darwinism. Pada kala itu (abad ke-19-awal abad ke-20) memang sedang ngetren mengadaptasi ilmu alam menjadi ilmu sosial, karena saat itu ilmu sosial memang masih pada tahap balita.

    Social Darwinism menganggap bahwa organisme sosial (masyarakat atau peradaban) juga bersikap seperti organisme biologis (makhluk hidup), maka di antara masyarakat akan ada proses survival of the fittest. Misalnya Thomas Malthus yang melihat bahwa seiring dengan semakin meningkatnya populasi manusia, maka akan ada sekelompok orang kuat yang bertahan (yang memiliki akses ke sumber daya) dan sekelompok orang lemah yang mati (yang tidak memiliki akses sumber daya). Ada juga yang beranggapan bahwa peradaban akan berevolusi ke arah yang sama, dan memang ada sebagian peradaban yang masih belum mencapai tahap yang sudah dicapai oleh Eropa. Ini beriringan dengan perkembangan antropologi di masa itu yang sangat Eropa-sentris.

    Ketika penafsiran tersebut dijadikan kebijakan oleh Jerman NAZI, yang terjadi adalah diskriminasi besar-besaran.

  156. @reinhart: lha yang pasti IMAM JAZULIE itu ya manusia bang bro!!!!…reinhart sendri siapa?…manusia ato sejenis manusia yang berevolusi wakakakakakaakakakakakak (just kidding)….salam kenal mas bro

  157. ehmm…asyik juga nimbrung…sebagian ngeyel teori ini benar…sebagian lagi ngotot..teori itu yang benar…omong2 ada yang tau gak…kuda zebra itu warnanya HITAM BERGARIS PUTIH ato PUTIH BERGARIS HITAM? hayo….pasti kebanyakan bilang Relativ….yach memang hidup itu relativ dan relativitas itu blablablalalalalalalaalalal….au ah!!!!!!!

  158. @all my freind & my brother: Obyektivitas itu sebenarnya Subyektivitas yang telah di sepakati….jadi terserah Sang Subyek sendiri….terserah Diri masing2…mau menyepakati yang mana…..toh ujung2nya penilaian tentang kebenaran tetap hakikatnya subyektiv…kebenaran untuk masing2 DIRI…wassalam

  159. gimana kalau saya mengatakn begini…

    yang dikatakan manusia itu kan makhluk yang bisa menggunakan akal pikirannya….

    sedangkan manusia purba itu kan belum bisa menggunakan akal pikirannya… jadi belum bisa di katakan manusia donk…

    jadi Nabi adam itu kan dibilang Manusia Pertama kali… karna sudah diberikan akal pikiran dan pengetahuan olah allah… kalau ga salah di alquran ada ayat yg artinya begini :

    pada saat malaikat debat sama allah gara’ adam mau di jadikan kkhalifah di bumi… trus allah bilang sama malaikat “Sebutkan lah nama Benda2 ini” terus malaikat ga bisa jawab… ditanyalah adam .. dan adam menjawab semuanya…. berarti kan adam sudah di berikan pengetahuan ….

    Kira” intinya seperti yg diatas itu lah…

    Maaf ya kalau salah >_<

  160. kalo memang berasal dari satu keturunan seharusnya ditemukan dong fosil nenek moyang manusia dan kera

    sekali manusia semacam home erectus dll,itu sudah dikategorikan sebagai manusia meskipun belum modern,jadi nabi adam adalah manusia pertama yang modern dan sudah berakal melebihi manusia purba

  161. Diriwayatkan dari Al-Hasan berkata, “Ada sebuah pohon yang disembah manusia selain Allah. Maka seseorang mendatangi pohon tersebut dan berkata, ‘Saya akan tebang pohon itu.’ Maka ia mendekati pohon tersebut untuk menebangnya sebagai bentuk marahnya karena Allah. Maka syetan menemuinya dalam bentuk manusia dan berkata, ‘Engkau mau apa?’ Orang itu berkata, ‘Saya hendak menebang pohon ini karena disembah selain Allah.’ Syetan berkata, ‘Jika engkau tidak menyembahnya, maka bukankah orang lain yang menyembahnya tidak membahayakanmu?’ Berkata lelaki itu, “Saya tetap akan menebangnya.’

    Berkata syetan, ‘Maukah aku tunjukkan sesuatu yang lebih baik bagimu? Engkau tidak menebangnya dan engkau akan mendapatkan dua dinar setiap hari. Jika engkau bangun pagi, engkau akan dapatkan di bawah bantalmu.’ Berkata si lelaki itu, ‘Mungkinkah itu terjadi?’ Berkata syetan, ‘Saya yang menjaminnya.’

    Maka kembalilah lelaki itu, dan setiap pagi mendapatkan dua dinar di bawah bantalnya. Pada suatu pagi ia tidak mendapatkan dua dinar di bawah bantalnya, sehingga marah dan akan kembali menebang pohon. Syetan menghadangnya dalam wujud aslinya dan berkata, ‘Engkau mau apa?’

    Berkata lelaki itu, ‘Saya akan menebang pohon ini karena disembah selain Allah.’ Berkata syetan, ‘Engkau berdusta, engkau akan melakukan ini karena diputus jalan rezekimu.’ Tetapi lelaki itu memaksa akan menebangnya, syetan memukulnya, mencekik dan hampir mati, kemudian berkata, ‘Tahukah kau siapa saya?’ Maka ia memberitahukan bahwa dirinya adalah syetan.

    Syetan berkata, ‘Engkau datang pada saat pertama, marah karena Allah. Sehingga saya tidak mampu melawanmu. Oleh karena itu saya menipumu dengan dua dinar. Dan engkau tertipu dan meninggalkannya. Dan pada saat engkau tidak mendapatkan dua dinar, engkau datang dan marah karena dua dinar tersebut, sehingga saya mampu mengalahkanmu.’”

    Sumber: http://www.dakwatuna.com/2008/05/593/buah-keikhlasan/#ixzz1cAoOcf6F

    …hati2 dengan permainan logika syaitan …. termasuk penyesatan2 itu …meskipun TS bilang ini masalah pemahaman darwin mengenai asal mula manusia …atau pendapat bahwa ada makhluk pintar sebelum nabi Adam … tetep saja tidak mengubah fakta …kalau monyet tetaplah monyet … hewan ya hewan …manusia ya manusia ….yang bilang bahwa hewan itu bisa berjalan menyerupai manusia dll …tetap saja itu hewan …DAN TOLONG JANGAN DIKAITKAN DENGAN NABI ADAM … beliau adalah sempurna dan mulia ….. teori darwin itu penyesatan …mau dibawa logika kemana juga … dan untuk komentar BEBEG Berjamur … ANDA BOLEH BILANG APA AJA SILAHKAN MENGENAI AL-QURAN …KALAU ITU ADALAH HASIL PERJALANAN RASULLULLOH , BISA ANDA JELASKAN MENGAPA TEORI KEJADIAN MANUSIA DARI SETETES CAIRAN BISA ADA DI DALAM ALQURAN JAUH SEBELUM BARAT MENYADRi HAL ITU DIJAMAN SEKARANG …. AL-QURAN itu FIRMAN ALLAH YANG ESA DAN MAHA BESAR …TERBUKTI DIDALAMNYA ADALAH BENAR DAN LOGIKA MANUSIA TIDAK AKAN BISA MENYAINGINYA …ALLAHU’AKBAR …ASSALAMUALLIKUM

  162. mau menambahkan lagi, ini artikel yang jadi sumber penulisan kk ya …kk kasih nie link http://sora9n.wordpress.com/2008/06/13/beberapa-faq-tentang-evolusi/ disitu disebutkan :

    6. Menurut Teori Evolusi, nenek moyang manusia adalah monyet. Benarkah?

    Salah. Teori Evolusi tidak menyatakan monyet sebagai nenek moyang manusia. Yang dinyatakan oleh Teori Evolusi adalah bahwa “manusia, monyet, dan primata lainnya diturunkan dari nenek moyang yang sama”. Spesies nenek moyang ini dihipotesiskan sebagai sebentuk primata purba (Great Apes).

    Lihat juga: [prinsip common descent]

    liat kesimpulannya …. Spesies nenek moyang ini dihipotesiskan sebagai sebentuk primata purba (Great Apes). ….apa ini……. intinya sama juga asalmula mnusia dari APES alias kera alias monyet …. semua intinya sama …cuma diperhalus dengan logika ……bukannya lebih arif dan bijak kalau judulnya di ganti …”Teori darwin dan kera modern” karena inti tulisan nya kera ya kera …manusia ya manusia … ada kera sebelum nabi Adam turun ..perlu diuji …tapi MOHON jangan dikaitkan dengan NABI ADAM karena ini penyesatan logika apalagi nenek moyang manusia adalah great apes…duh….ampun dah … apa sie motif teeori ini kok ngotot bener …apa karena darwin terobsesi dengan kera kali ya

  163. HOIIIII!!!JANGAN KALIAN SEPERTI IBLIS…..YANG BISANYA CUMA MELIHAT AIR DAN LUMPUR KETIKA MELIHAT ADAM!!!!!!BUKALAH MATA HATI DAN PIKARANMU UNTUK MELIHAT DIBALIK LUMPUR…..HAHAHAHAAHAHAH KUJAMIN KALIAN TERKEJUT,TAKJUB,,,LALU TOBAAAATTTTTTTTTTTTTTTT!!!!!!!BERJUTA JUTA KEINDAHAN & KEBENARAN YANG TAK DAPAT KALIAN LIHAT!!!! DASAR DUNGU…MENCARINYA JANGAN HANYA LEWAT KENAMPAKAN & LOGIKA SAJA….HEHEHHHEHHHEHHEHEHEHEH HUAGHHHH…AUGHHHH AGHHHH EGHSTTTTT…UENAKKKK TENANN REKKK!!!!!!!!

  164. @Arie:

    sedangkan manusia purba itu kan belum bisa menggunakan akal pikirannya… jadi belum bisa di katakan manusia donk…

    jadi Nabi adam itu kan dibilang Manusia Pertama kali… karna sudah diberikan akal pikiran dan pengetahuan olah allah…

    Beberapa evolusionis relijius memang menafsir seperti itu. :D

    @f**k:

    kalo memang berasal dari satu keturunan seharusnya ditemukan dong fosil nenek moyang manusia dan kera

    Silakan lihat di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_transitional_fossils#Human_evolution :)

    @PUTU:

    BISA ANDA JELASKAN MENGAPA TEORI KEJADIAN MANUSIA DARI SETETES CAIRAN BISA ADA DI DALAM ALQURAN JAUH SEBELUM BARAT MENYADRi HAL ITU

    Maksud anda ayat ini ya?

    “Sungguh, Kami ciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur, lalu Kami beri dia (anugerah) pendengaran dan penglihatan.” (QS: 76:2)

    Asal tahu saja, sperma sebagai bagian penting dari reproduksi manusia sudah dikenal paling tidak sejak zaman Sumeria (3500 SM), 4000 tahun sebelum Islam lahir. Dan saya kira bisa lebih tua lagi. Mungkin bisa melampau ke zaman manusia purba. :)

    Kalo tidak begitu, bagaimana manusia bisa tahu cara untuk melanjutkan keturunan?

    intinya sama juga asalmula mnusia dari APES alias kera alias monyet …. semua intinya sama …cuma diperhalus dengan logika [...] tapi MOHON jangan dikaitkan dengan NABI ADAM karena ini penyesatan logika apalagi nenek moyang manusia adalah great apes…

    Maksudnya gimana? :-? Jadi Nabi Adam bukan manusia, gitu?

  165. satu saja apakah anda rela kalau nenek moyang anda adalah monyet/kera????
    klo saya sihcc nda rela,,,,,,
    jadi teori darwin tidak benar,,,

  166. ADAM itu SPECIES….. saya setuju…….
    bg temn yg bawa2 agama jgn mengedepan emosi bro….. seharusnya ayo donk kita cari hubungn antara fenomena n tekstual . krn sy muslim yah tentu donk QLQURAn landasanya…….
    adam itu sebenarnya nabi or bukan sih ? ayatny mana ? trusz??? yg saya tahu masa kenabian tu bukan pada saat nabi adam… tp nabi…. ayo buka lagi alquranya…
    trusz…… ap ya…??? bukankah alam diciptakn melalui proses…. begitu juga manusia…. buka lagi donk alquranya hehheheh
    krn ilmu sy masih cetek…. saya mok buka quran lg ah…….hehehe

  167. teori evolusi itu cuma tipuan belaka
    dalam kata lain kita cuma di tipu secara besar besaran

    menurut hasil penelitian HARUN YAHYA dengan karya nya KERUNTUHAN TEORI EVOLUSI

  168. kita memang tidak tau ,seperti apa jaman dulua. dan saperti apa juga prasejarah terjadi ribuan tahun yang lalua. tapi kita hanya belum tau pasti ,apa kah manusia itu ,pada awalnya dari bentuk seperti hewan kera.memang banyak yg mengatakan bahwa teori darwin ada yg benar dan ,ada juga yg,mengatakan tidak benar. manusia memang pada jaman dulu ,terbentuk dari seperi hewan kera ,menurut teori darwina.

  169. teori darwin itu berinsipirasi dgn komunisme = tak percaya ada ya tuhan…
    teori ini hanya fiktif belaka.. w pengen nanya nie buat pecinta teori darwin knp air asin dan air tawar saling berdekatan ,,,,//// ???? dan mengapa zaman ckrng ko,k kera jaman ckrng gak da yg jdi manusia?? …tolong jwb donk uat pecinta teori darwin ?????

  170. and satu hal lagi pengen nanya nie uat pecinta teori darwin >>> siapakah yg menciptakan bumi ini >>>??? teori darwin itu didoktrin oleh komunisme : org yg tak percaya ada ya tuhan … ingat kalao tak ada agama manusia bagaikan binatang buas,, jdi intinya dgn adaya agama kita dpt mengetahui mana yg baik dan mana yg jelek.. kalo manusia itu asal mula ya kera ,, mengapa agama diturunkan ??? saya mw nanya nie uat pecinta teori darwin ….. and satu hal lagi nie kira2x setan itu ada apa gak sie>>>???… manusia ,, setan ,, malaikat and tuhan ?? tolong jelaskan uat pecinta teori darwin…heheheh ayooo anda bisa jwb or tdk >>???? kalo anda isa wb waoooo hebat bgt otak anda heheh melebihi idiologi dlm otak anda…

  171. Jadi pingin nanggepin nih xal, gapapa ya? :mrgreen:

    @ Rokib saidani

    teori darwin itu berinsipirasi dgn komunisme = tak percaya ada ya tuhan…

    Ada dua hal yang membuat saya ngakak dari kalimat ini. Yang pertama berinspirasi dan kedua komunisme adalah tidak percaya adanya Tuhan.

    Mas, setau saya yang tidak percaya adanya tuhan itu atheisme deh. Komunisme itu paham yang menyatakan bahwa sesuatu adalah milik bersama.

    siapakah yg menciptakan bumi ini
    …kira2x setan itu ada apa gak sie>>>???… manusia ,, setan ,, malaikat and tuhan

    Mas, Teori Darwin itu cuman ngurusin evolusi. Ngapain pakai bawa-bawa makhluk langit segala? =))

    tolong jelaskan uat pecinta teori darwin…heheheh ayooo anda bisa jwb or tdk

    Hwehehe.. sebelum minta dijawab, bolehkah saya minta Anda untuk belajar apa sebenarnya inti dari Teori Darwin itu? Sekalian juga perbaiki bahasa alay Anda dong, sakit nih bacanya :mrgreen:

  172. Ping-balik: curcolan update bulan februari « red date addict

  173. saya seorang Kristen! setelah saya membaca dari semua tanggapan yang ada, saya terdorong untuk memberikan sebuah tanggapan mengenai teori evolusi. menurut saya, semuanya itu benar! tetapi kita harus melihat, bagaimana cara kita memahami hal tersebut. kalau dibilang manusia berasal dari kera atau manusia pertama itu adalah Adam, kita harus memikirkan secara menyeluruh bagaimana proses itu terjadi. oleh sebab itu coba perhatikan perumpamaan berikut:
    misalkan saya adalah seorang Pengusaha yang sering menghadap komputer dan hanya itulah yang saya kerjakan setiap hari. hal ini membuat tubuhku tidak kekar dan tanganku sangat lembut karena saya hanya memegang barang yang lunak. berbeda bila saya menjadi seorang petani yang setiap hari memegang cangkul dan selalu terkena terik panas matahari. hal ini membuat tubuhku kekar dan telapak tanganku kasar. demikianlah tubuh kita akan mengalami perubahan bentuk sesuai dengan kondisi alam yang kita hadapi.
    saat manusia diciptakan oleh Allah menurut gambar dan rupa-Nya, Dia menciptakan-Nya laki-laki dan perempuan yakni Adam dan Hawa penuh kemuliaan (Kejadian 1:27). Allah menempatkan mereka di taman Eden yang begitu indah dan mulia.saat itu pekerjaan manusia tidaklah susah karena semuanya telah disediakan oleh Allah. Adam tidak perlu menanam atau mencangkul ladang tetapi pekerjaan mereka menjaga dan melestarikannya (Kejadian 1:28-29) setelah manusia jatuh ke dalam dosa, manusia diusir dari taman Eden (Kejadian 3:22-23)dan membuat manusia harus bersusah payah dalam menjalani hidup mereka, Hawa harus bersusah payah saat melahirkan anak dan Adam harus bersusah payah bertani untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka sehari-hari dan ular harus bersusah payah menjalar (kejadian 3:14-18), kemuliaan Allah pun hilang dari mereka dan menempuh hidup yang sangat pahit.
    nah, karena itu, manusia mengalami perubahan sedikit demi sedikit, oleh karena harus bekerja keras, tubuh dan posisi tulang mereka mulai berubah. dan menjadi manusia purba seperti yang telah teman-teman ketahui.
    tetapi oleh karena manusia mempunyai akal yang diberikan oleh Tuhan sehingga mereka menjadi pintar dan dapat menciptakan alat-alat baru bagi mereka untuk membantu mereka dalam pekerjaannya sehingga manusia kembali berubah bentuk secara berlahan-lahan tetapi Kemuliaan Allah tidak ada pada mereka. bagaimana cara manusia memperoleh kemuliaan Allah yang mereka dapat sebelumnya di taman Eden? saya dapat menjelaskannya di lain waktu.

    oh ia! mengenai, pendapat Julius Agustinus mengenai Tuhan Yesus Kristus saya mempunyai sebuah ayat untuk dia dalam Kejadian 1:26 yang berbunyi : “baiklah, kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa KITA, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas binatang melata yang merayap di bumi” kata kita dalam nats ini merupakan terjemahan asli dari kitab bahasa ibrani. saya dapat menjelaskannya dan saya dapat menjelaskannya mengapa Yesus menjadi Tuhan, tetapi saya tidak bisa menjelaskannya sekarang. Trims. Tuhan Yesus Memberkati.

  174. saya mau komentar comennya si herzon ataupah,
    sekarang pake nalar aja teori darwin bilang kan manusia berevolusi dari kera menjadi manusia seutuhnya ya, berarti itu menyangkut nabi adam as dong.
    emangnya ada makhluk lain di bumi selain nabi adam diturunkan kebumi, ” itu menurut saya yang beragama ISLAM “.

  175. APAKAH DI AL~QURAN ADA MANUSIA PURBA?
    JWB :YAH GAK ADA LAH.. PDA MIKIR SEDIKT NAPAH!!!!!!!!!
    NABI ADAM DITURUNKAN ALLAH DI SYURGA.. WAALLAHHUALLAM…

    NGAPAIN PERCAYA KAYA GITU…
    NENEK MOYANG KITA: SITI HAWA
    KAKEK MOYANG KITA: NABI ADAM

  176. ALLAH MENURUNKAN NABI ISA A.S (SEBELUM NABI MUHAMMAD SAW)
    MELALUI SITI MARYAM… (POKOKNYA CERITANYA PANJANG)..
    DIANTARA SALAH SATU KAUM HAWARIYUN.. ADA YG MENGKHIAANATI NABI ISA YAITU yudas iskariot, wajahnya hampir mirip dengan nabi ISA ..
    yudas iskariot hampir mencelakai nabi isa.. di situ ada pertempuran.:BAHWA SIAPA YANG MENEMUKAN NABI ISA AKAN DIBERI UPAH/UANG YANG SANGAT BANYAK, disitu yudaas iskariot mengkhianati nabi isa dengan memberi tahukan tempat persembunyiannya…
    TAPI ALLAH SWT MENYELAMATKAN NABI ISA ,DENGAN MENGANGKATNYA KE LANGIT..
    (JADI BUKAN NABI ISA YANG DISALIB TAPI SLH SATU KAUM HAWARRIYUNNYA YAITU YUDA ISKARIOT)..

    #maaf menyinggung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s