Susu Dancow… Lactobacillus Protectus?

Iya, ini topik lama. Tapi saya jadi tergelitik untuk membahasnya ketika melihat iklan tentang susu ini di jalan raya sekitar 7 hari yang lalu (15 dikurang 7 hari, berarti tanggal 8-an).

Sebagian besar pasti sudah pernah dengar kan soal Lactobacillus Protectus? Kalau ngga salah iklannya berbunyi

DANCOW 1+ kini dengan formula baru Lactobacillus PROTECTUS, … Lactobacillus PROTECTUS, probiotik yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh

Kalau belum tahu, serj di internet juga bisa kok. Mudahnya, ketik Lactobacillus<spasi>Protectus, kirim ke server dengan menggerakan pointer pada monitor komputer ke arah button yang bertulisan Search pada Google.

Nah, apa yang mau dibahas kali ini?

Yang mau dibahas kali ini adalah.. benar-tidaknya keberadaan bakteri tersebut. Saya pribadi berpendapat, kalau bakteri itu perlu diragukan keberadaannya. Kenapa? Jawaban yang pertama kali terbesit di pikiran saya adalah karena saya belum pernah mendengar nama bakteri itu sebelumnya (saya memang bukan ahli biologi, tapi seenggaknya serj-serj juga lah di berbagai media). Setelah dipikir-pikir, kelihatannya ada jawaban lain selain jawaban yang sangat simpel bagi pertanyaan itu.

  1. Lactobacillus Protectus?
    Oke, entah ini salah ketik atau apa — kalau salah ketik berarti kesalahannya sangat fatal. Tapi perlu diingat, salah satu prinsip dasar penulisan dalam taksonomi adalah:

    Kata kedua tidak boleh berhuruf awal kapital.

    Jadi Lactobacillus Protectus seharusnya ditulis Lactobacillus protectus.

  2. Nama Protectus?
    Ya, genus Lactobacillus memang eksis dan contohnya banyak… Tapi protectus? Wah, kasarnya, mau dicari sampai ke ujung planet Mars juga ngga bakal ada. Lagipula, kalau mau diteliti, hampir semua nama latin dari makhluk-makhluk hidup ngga akan mengambil kata serapan sangat sederhana dari Bahasa Inggris, maknanya juga pasti tersirat.
    Nama Protectus mengingatkan saya pada acara Extravaganza , dimana waktu itu mengambil setting Yunani kuno dan nama-namanya diberi suffix -us. :lol:
  3. Bakteri tidak akan berefek.
    Untuk meminum segelas susu, secara manual, kita perlu menuangkannya ke dalam sebuah gelas, memberikannya air panas, menambahkan sedikit air, dan jika mau memberikan beberapa bongkah es — setidaknya itu cara saya. Nah, apakah bakteri bisa tetap hidup ketika dia diberikan air dengan suhu yang panas? Saya rasa tidak, jadi kalaupun bakteri protectus itu memang benar-benar eksis, dia tidak akan punya efek bagi peminumnya.

67 pemikiran pada “Susu Dancow… Lactobacillus Protectus?

  1. Waks, bagi Shan-in yang bukan penggila Biologi, Shan-in masih agak bingung. Tapi agak nyambung juga…

    Jawaban 1.
    Hooo… Lagi-lagi kesalahan tata bahasa ya~

    Jawaban 2.
    Lactobactillus memang banyak variannya(??)… Tapi benar, protectus tidak ada. – -a

    Jawaban 3.
    Ohohohoo…

    Kesimpulannya: Apa ini hanya akal-akalan?

  2. kalo Ma ga salah,, Lactobacillus protectus itu tuh kaya produknya Nestle ga sih,, abis di belakang namanya ada TM-nya,, (kalo Ma ga salah liat,,) jadi mungkin itu bakteri yang dikembangkan oleh NESTLE, atau itu nama zat yang dibikin bikin yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh,,

    dan kata kata “formula baru”,, bakteri pake formula?? heeeh!!!

    btw, yang no 1, kalo ampe salah tulis,, kelewatan,, itu kan signifikan banget,,

  3. Kalau masalah sala ketik sih memang sudah disadari. Tapi saya maklumi lah… mengingat kepopuleran di Indonesia agak dekat dengan “ketidaktahuan”
    Kalau Nestle mengembangkan bakteri…apa maksudnya? Apakah bakteri hasil mutasi? eh, berlebihan?

  4. Lactobacillus memang sejenis bakteri yang sering digunakan untuk membuat yoghurt, bir, keju, dan lain sebagainya yang memerlukan fermentasi…..

    dan betul memang gak ada yang namanya Lactobacillus protectus, mungkin ini hasil pengembangan nestle dalam membuat susu, namun entah efeknya betul atau tidak seperti di iklan..????

  5. @divineangel & AroE: Kalau bakteri hasil pengembangan atau mutasi saya agak kurang setuju ya :P
    Soalnya ngga ada di Wikipedia, dan sudah saya serj sepertinya ngga ada dimana-mana :mrgreen:
    Dan lagi, nama spesiesnya kelihatannya terlalu simpel untuk jadi nama :P
    Protectus..? (satir)

  6. WAW
    mulut menganga karena kekurangan Lactobacillus Protectus….

    kaget pas baca, ternyata ada baiknya kita tidak langsung percaya akan iklan ditivi…
    btw, udah coba di yahoo??? :P

    heheheh….

  7. hahahah…

    mungkin ‘Lactobacillus Protectus’ bahasa yunani dari ‘Lactobacillus that can protect us’:P

    lol

    heheheheh….

  8. Cukup kaget meskipun rada-rada nggak pernah memperhatikan iklan…

    Berarti parah juga dong kalo Lactobacillus protectus itu sebenernya nggak ada, berarti produk(atau iklannya) telah menipu konsumen dong?
    Terlepas dari konsumennya yang gak tau apa-apa, apa baik2 aja tuh kalau menipu konsumen begitu?

  9. Ping-balik: Wiki itu bukan Wikipedia! « Deathlock

  10. selama gue kuliah sampe sekarang yang setiap hari berteman dengan bakteri dan gerombolannya,ngintip bakteri, bahkan ternak bakteri dan membunuh bakteri secara massal, belum pernah ada nama Lactobacillus Protectus.
    Nulis namanya saja salah…….ntar dimarahin sama Carolus Linnaeus loh…..(tau gak siapa itu Carolus Linnaeus ?….)
    Kebiasaan orang kita kan “nipu2 dikit yang penting produk laku…….”
    Atau mau nebeng2 nama seperti
    Dengkulus wedus = kikil kambing
    Ceker pitikus = kaki ayam
    Endas segawonus = pala anjing
    Curutus pitus = 7 ekor tikus
    gitu kali yeeeeeee…………

  11. Kalau Bapak Taksonomi masih hidup, mungkin bisa kena protes ya. :)

    Hehe. Prinsipnya:
    “Nipus gapapus”
    “Suksesa sendirius”
    dan
    “Dapatus fulus” :lol:
    Makanya ini benar2 mengingatkan pada Extravaganza.

  12. *ikutan*
    Kalau tidak salah simak di bungkusnya, Protectus tampil dengan trademark ™. Dari sana saya menyimpulkan bahwa protectus ini bukan spesies, tapi formulasi. Kumpulan bakteri, mungkin, yang komposisinya dipatenkan oleh pihak Nestle. Seperti yang Nutricia lakukan juga pada produk susu formula lainnya: Immunofortis ™

    Salam kenal :)

  13. Gini lho mas, untuk menanggapi soal Dancow ini mas perlu lihat langsung bungkusnya. Saya ngga punya, anak saya ngga minum susu formula, tapi saya pernah lihat dan baca, jadi mari saya bantu sedikit :)

    1. IMHO apa yang dilakukan oleh Dancow memang mengesankan ada ‘spesies baru’, itu kalau hanya lihat iklan. Tapi kalau lihat produknya akan terlihat lebih jelas si trademark, yang berarti itu hanyalah formula. Seperti yang dikatakan mas Hariadhi, Protectus itu gabungan dari beberapa bakteri.

    Jadi tidak ada usaha ‘pembohongan’ kecuali jika Dancow tidak mencantumkan trademark. Iklan tidak mengatakan semuanya. Itu kita semua sudah paham :)

    2. Dancow menjelaskan cara pembuatan susunya, bahwa bubuk susu TIDAK BOLEH dicampur dengan air panas (apalagi mendidih). Ada temperatur maksimum sekian, dan dikatakan bahwa itu demi menjaga ‘kehidupan’ si Protectus. Kalau lebih dari sekian, bakteri akan mati.

    Apakah formula Protectus benar-benar memberi manfaat, itu masalah bagi Dancow untuk membuktikannya. Tapi kita tidak bisa klaim ‘tidak efek’ jika kita tidak mengikuti ‘aturan main’ yang dijelaskan oleh produknya dulu. Kita tidak bisa mengatakan ‘ngga ngaruh’ kalau kita memakai produk dengan aturan main kita sendiri.

    Sekian :) *lah kok saya jadi kaya PR-nya Dancow sih*

  14. Hayo.. ada yang mau sukarela terjemahin ke Wikipedia Bahasa Indonesia?

    http://en.wikipedia.org/wiki/Lactobacillus

    Genus Lactobacillus dipakai dalam produk susu. Manfaatnya karena menghasilkan asam laktat dari gula dan gula susu. Bakteri lain kesulitan untuk hidup karena kondisi asam ini.

    Lucunya bakteri dari genus ini tidak perlu repot2 diminum dari susu. Anak-anak mungkin sudah mendapatkannya ibu saat melewati vagina.

    Bad effectnya diyakini berperan dalam pembentukan lubang gigi.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Bifidobacterium

    Genus Bifidobacterium adalah baktaeri anaerob yang sering ditemukan di kolon. Diduga mengurangi reaksi alergi dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

    Kembali ke rumus awal:
    Lactobacillus paracasei + Bifidobacterium longum = Lactobacillus Protectus.

    Secara hukum sah (BACA:belum ada larangan). Tapi ini ga etis sama sekali. Sama kaya iklan obat menampilkan dokter berjas putih sebagai bintang iklan. Pemakaian nama Lactobacillus membingungkan masyarakat awam. Seolah itu memang nama ilmiah dan spesies bakteri yang khusus dibuat untuk memerangi bakteri patogen. Yang ga ngerti merasa membeli bakteri, bukan produk susu.

  15. Kepada Yth :
    kompasanak-dancow@kompas.co.id

    Berikut kami kirimkan jawaban dari :

    Tanda tanda anak bergizi baik:
    1. Bertambah umur, bertambah berat,bertambah tinggi.
    2. Tidak pernah terserang penyakit Kronis / Jarang terserang penyakit.
    3. Memiliki selera makan yang baik.
    4. Memiliki kecerdasan sesuai dengan perkembangan usia, mudah diberikan pengertian.
    5. Memiliki keseimbangan tubuh.
    6. Memiliki pola Tidur / Istirahat yang cukup
    7. Mudah menyesuaikan Diri / bersosialisasi dengan lingkungan (misal: lingkungan sekolah, tempat tinggal,dll)
    8. Tahan terhadap perubahan iklim/musim.
    9. Mempunyai pertumbuhan tulang dan gigi yang baik.
    10. Gemar beraktifitas didalam dan diluar rumah (misal:belajar, bermain, berolah raga, dll)

    Nama : Gatot Sulis wardoyo
    Alamat : Jl Janti V / 46, RT/RW 08/06 Kel.Bandungrejosari. Kec Sukun
    Kota Malang (kode pos : 65148)
    No KTP : 12.52.04.180370.0002

    Terima Kasih Dancau
    Salam

  16. Menurut Ibu, tanda-tanda Anak Bergizi Baik adalah sebagai berikut :
    1. Berwajah ceria dan gembira.
    2. Beraktifitas dengan senang hati.
    3. Stamina tubuh bagus, tidak mudah lelah,
    Daya tahan tubuh baik, tidak mudah sakit.
    4. Komunikatif, dan terbuka bisa mengemukakan perasaan
    dengan baik.
    5. Dapat bersosialisasi dengan teman dengan baik.
    5. Energik dan aktif menghadapi suatu kegiatan.
    6. Perhatian dan konsentrasi tinggi.
    7. Kemauan belajar tinggi dan dilakukan dengan senang.
    8. Memiliki dorongan ingin tahu yang tinggi.
    9. Prestasi yang dicapai prima
    10.Perilaku secara umum menunjuk ke hal-hal yang baik.

    NAMA : IMMACULATA SRIUNON KM.
    ALAMAT : PERUMAHAN GUNUNG BATU PERMAI/ BA-12 JEMBER
    68121
    NO. TELP: 0331 – 333648
    NO. KTP : 3509216208650002

  17. @Lita:
    Hmm. Iya juga, mbak.
    Tapi untuk kebanyakan orang bisa “menipu”, kan? Seperti yang dikatakan mas hariadhi dan mbak sendiri. ;)

    @hariadhi: :)
    Makasih penjelasannya, mas. :D

    @Gatot Sulis Wardhoyo & Immaculata Sriunon KM:
    Lho, ada apa ini? :?
    Saya tak ada hubungan dengan pihak Dancow maupun Kompas kok.

  18. tanda-tanda anak bergizi baik:
    1. Bertambah umur, bertambah berat, bertambah tinggi
    2. Bicara lancar, tidak cadel
    3. Berani dan lincah dalam bermain
    4. Sehat, cerdas dan mudah menghafal
    5. Pertumbuhan rambutnya lebat
    6. Kulitnya mulus da sehat
    7. Tidak cengeng/mudah menangis
    8. Nafsu makan tinggi dan suka minum susu
    9. Selalu ceria dan pandai bernyanyi
    10. Perkembangan bebicara dan berjalan dalam waktu yang cepat.

    Nama : Etty Kurniati
    Alamat : Jl. Kayumanis II baru 012/02 no.5, jakarta 13130
    No. Telp : 021-8565103
    No. KTP : 0954015609670092

  19. Tanda – tanda anak bergizi baik adalah :

    1. Bertambah umur otomatis bertambah berat badan dan bertambah tingginya
    2. Tampak selalu gembira
    3. Mempunyai selera makan yang baik
    4. Berkembangnya gigi dan tulang yang baik
    5. Cepat bicara
    6. Mudah berinteraksi
    7. Memiliki kulit yang cerah dan bersih
    8. Tidak mudah sakit
    9. Memiliki mata yang cerah
    10. Kecerdasan yang tinggi

    Nama : Nia Dwiasri Listiorini
    Alamat : Komp. Pertambangan No. 5 Duren Tiga Jakarta Selatan 17260
    No. Hp : 0818831012
    No. KTP : 09.5308.541074.0307

  20. 1. bertambah umur , bertambah berat , bertambah tinggi
    2. kreatif
    3. cerdas dan cepat tanggap
    4. sehat tidak mudah terserang penyakit
    5. selalu ceria dalam melakukan aktivitasnya
    6. tidak cengeng
    7. aktif dan cekatan
    8. tangkas
    9. mudah memahami bila diajak komunikasi
    10. selalu ingin tahu dan ingin bisa melakukannya

  21. Tanda – tanda anak bergizi baik adalah :
    1.bertambah umur , bertambah berat , bertambah tinggi
    2. kreatif
    3. cerdas dan cepat tanggap
    4. sehat tidak mudah terserang penyakit
    5. selalu ceria dalam melakukan aktivitasnya
    6. tidak cengeng
    7. aktif dan cekatan
    8. tangkas
    9. mudah memahami bila diajak komunikasi
    10. selalu ingin tahu dan ingin bisa melakukannya

  22. 10 tanda – tanda anak bergizi baik adalah :

    1. bertambah umur , bertambah berat , bertambah tinggi
    2. cerdas dan tanggap
    3. kreatif
    4. sehat tidak mudah terserang penyakit
    5. selalu ceria dalam melakukan aktivitasnya
    6. tidak cengeng
    7. mudah memahami bila diajak komunikasi
    8. aktif dan cekatan
    9. tangkas
    10.selalu ingin tahu dan ingin bisa melakukannya

  23. Halu…salam kenal…ikutan yach. Menarik nih pembahasannya. Coz q skrg lage mendalami minuman probiotik. Aq kuliah di jurusan food technology nih. Ehm, mungkin q ga sempet baca slrh comment-nya. Tp Lactobacillus Protectus cuma merk dagang Dancow aja untuk menarik minat masyarakat. Dgn harapan nama ini tidak ditiru oleh produk – produk laen sejenisnya. Bakteri2 itu bener – bener ditambahin koq, yg pasti juga penambahannya ga sembarangan. Mereka bener – bener mempertimbangkan suhu (terutama), waktu, dan metode penambahannya supaya bakteri – bakteri itu tetap hidup hingga dikonsumsi.
    Oy, bakteri yg ada di saluran pencernaan emang dah ada sejak qta lahir. Tp sm kyk kalsium,dll, dirasa bakteri – bakteri baek itu masih kurang untuk menunjuang kesehatan tubuh. Makanya disediakan scara instan, langsung masuk usus. Hehe..
    Pa lage yach.. Uhm segitu dolo deh. Mudah2an bermanfaat…

  24. yg pakar nutrisi, biologi, danyg berkompeten lainnya nimbrung dong… soalnya anak guwa minum dancow dua-duanya…
    bener ndak nih…
    ada ndak hubungannya dgn enterobacter yg lagi marak sekarang ini..
    thanx

  25. kalo mau protes seharusnya baca yag teliti di kemasannya
    di bagian per sajian mengandung Lactobacillus paracasei dan Bifidobacterium longum
    jadi,,maksud nya Protectus itu adalah kombinasi dari kedua bakteri ini dan dibuat hanya utk sekedar nama promosi.
    kebetulan saya juga sedang meneliti minuman probiotik,,
    hanya sekedar info,,bakteri probiotik yg selama ini kita konsumsi seperti di yoghurt tidak pernah memberikan efek karena mati oleh kondisi asam lambung.padahal probiotik harus mencapai usus agar dapat memberi efek.

    yang sebenarnya ingin saya protes dr Dancow adalah cara membuat yang ada di kemasan:
    Masukkan 3 sendok makan Dancow ke dalam air matang hanagt (jangan lebih dari 45 oC karena dapat mengurangi manfaat probiotik hidup)
    yang ingin saya tanyakan,,,apakah smua ibu rumah tangga di Indonesia memiliki termometer utk mengukur temperatur air susu utk anaknya…
    ckckck…

  26. konsumen di indonesia bukannya tidak tahu dan tidak mau tahu mengenai ada apa di balik produk susunya tapi yang jelas mereka lebih tertarik dengan tayangan iklan yang meyakinkan akan produk susunya dan dancow sangat berhasil.bagaimanapun mereka sudah merasakan sendiri manfaatnya dengan cara pembuatan yang benar dan minum susu secara teratur maka akan ada hasilnya contohnya dua keponakan saya yang dari kecil minum dancow s/d kuliah dan postur tubuh mereka sangat bagus begitu juga kepintaran mereka,nazwa (15 bulan)pun saya coba kasih dancow walaupun dia belum begitu suka kerena masih asi!!
    wah udah ya kok jadi curhat sich…….

  27. Hallo, saya ikut nimbrung yachh,…..tambahan u/ kreteria anak yang tumbuh dan bergizi baik :
    1. tumbuh dan berkembang dengan baik
    2. kreative dan penuh imaginasi
    3. wajah, kulit, mata,bersinar, bersih
    4. srlalu punya pikiran ingin mengetahui sesuatu
    5. jarang sakit, dan ceria
    6. sudah memiliki mental yang tidak rapuh (cengeng)
    7. memiliki ketajaman dalam besosialisasi
    8. suka mencari perhatian orang tua atau orang lain
    9. sikap keras hati u/ menyelesaikan sesuatu
    10.teratur dan memahami bahasa yang disampaikan o/ orang tua

  28. gabung ah….
    lactobacilus protectus bener2 ngefek ditubuh apa gak aku juga ga tau, yang jelas erin sejak umur 1 thn smpe sekarang 19 bln minum dancow, tubuhnya jadi gendut, sehat dan lincah.

  29. ikutan juga ahk…………..
    bagi saya sich yang penting susunya menyehatkan untuk anak,,buat apa capek2 untuk mengartikan lactobacilus protectus,,anak saya fine2 aja tuch minum dancow.

  30. paling marketing nestle kebakaran jenggot lihat tulisan lu ini, hahahaha.

    Sebenarnya apa susahnya yak, mereka email ke lu tentang Lacto-Lactoan ini. :lol:

  31. Saya mempunyai 1 anak yang sekaran baru 1 tahun, sebelumnya anak saya minum susu nutrilon trus rencananya mau ganti susu dancow 1+. masalahnya anak saya kalau minum gak bisa satu kali habis, sedikit-sedikit kadang batu 2 sampai 3 jam baru habis apalagi kalau tidur lebih senang sama minum(ngempeng). yang saya tanyakan berapa lama susu dancow yang sudah diseduh bisa bertahan. 1 hari yang baik minum berapa cc susu, soalnya anak saya kalau minum susu banyak sekali. Thx

  32. “Lactobacillus Protectus” wah kurang tahu tuh, susunya bagus ga di kasih bat si anak, karena anak saya baru 1 minggu di kasih minum susu dancow 1+ sebelumnya pake bebelac, karena susah BAB saya ganti pake dancow, tapi belum ada pengaruhnya.

  33. Mau nanya neh…
    anakku kan sekarang FAbbiyan udah masuk 6 bulan,sebelum umur 6 bulanpun kadang kalau saya pergi neneknya suka kasih susu dancow sachet untuk umur setahun ke atas.anaknya gak mencret seh.yang ingin saya tanyakan dampaknya apa tu? mks

  34. jujur saya baru belajar soal bakteri(aklum anak kl 1) tapi setahu saya susu kan bisa membantu pertumbuhan anak, mengandung kalsium tinggi dan kalsium kan baik untuk pertumbuhan tulang si anak dan pertumbuhan juga pemberian nutrisa bagi perkembangan otak makasih…..hehehheehehhe……kalo masalah efek samping kagak tahutuh…..

  35. Ping-balik: Evaluasi dan Resolusi untuk… Revolusi? « Deathlock

  36. Anak gua minum dancow. Puji Tuhan anak gua sehat, tidak ada gangguan BAB maupun sakit-sakitan, tidur nyenyak dan Puji Tuhan juga dia punya prestasi di sekolah dan olah raga, sehari minum 2 kali (pagi dan sore/malam).
    Mengenai bakteri, gua yakin banget pasti ada manfaatnya seperti yg anak gua rasakan.

  37. Ping-balik: Jawaban UTS MK Komputer 1 | halsyaaa

  38. moga aja pihak dancow ada yang mau kasih comment, biar lebih jelas apa tuh lactobacillus protectus, biar gk simpang siur..

  39. nayaku minum dancow dr usia 1thn..bkn kmakan iklan tapi memang dancow bagus ko nayaku tambah tinggi dan daya tahan tubuhnya bagus.mungkin bacteri protectusnya ngefek atau mungkin anakku memang daya tahan tubuhnya bagus ?yg jelas dr dia blum minum susu dancow dia badannya kecil dan sakit2an aja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s